contoh listrik statis

Listrik Statis dan Contoh Penerapannya

Sebelum memahami listrik statis dan menyebutkan contoh penerapannya, kita perlu memahami dasar-dasar atom dan magnet. Sebuah benda fisik terdiri atas atom. Di dalam atom ada proton, elektron, dan neutron. Proton bermuatan positif, elektron bermuatan negatif, dan neutron netral. Muatan yang berlawanan akan saling saling tarik-menarik sedangkan muatan yang sama akan saling tolak menolak. Akan tetapi biasanya muatan positif dan negatif dalam keadaan seimbang pada suatu objek sehingga objek tersebut netral.

Baca Juga: Bagaimana Cara Menghemat Listrik di Rumah?

Listrik statis adalah hasil dari ketidakseimbangan antara muatan negatif dan muatan positif pada suatu objek. Muatan listrik tersebut dapat menumpuk di permukaan suatu objek sampai akhirnya bisa dilepaskan atau dibuang. Menggosok-gosokkan dua benda bisa mentransfer muatan negatif atau elektron.

Contoh peristiwa listrik statis yaitu ketika Anda menyisir rambut lalu mendekatkan sisir tersebut ke sobekan-sobekan kecil kertas, yang akan terjadi adalah kertas-kertas kecil tersebut akan tertarik oleh sisir. Contoh ini biasanya digunakan untuk percobaan di sekolahan atau untuk mainan anak-anak. Peristiwa listrik statis yang alami juga bisa terjadi misalnya ketika anda menyisir rambut terlalu lama dan rambut anda tertarik oleh sisir yang Anda gunakan. Contoh peristiwa listrik statis alami yang paling dramatis adalah terjadinya petir.

Contoh Penerapan Listrik Statis

Listrik statis dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut adalah beberapa contoh teknologi yang menerapkan listrik statis:

  • Menghilangkan polusi udara. Polusi udara dapat dihilangkan menggunakan alat yang cara kerjanya didasarkan pada listrik statis dimana muatan dilepaskan ke partikel yang tercemar di atmosfer. Dengan begitu partikel-partikel tercemar tersebut dapat ditarik ke piring atau pengumpul muatan anti-listrik.
  • Cerobong asap. Asap yang keluar dari cerobong pabrik dapat menyebabkan pencemaran udara. Maka dari itu pabrik menggunakan listrik statis untuk menghilangkan polusi yang dihasilkan dari cerobong asap mereka sebelum dilepaskan ke atmosfer. Caranya partikel asap diberi muatan listrik dan ketika melewati kutub dari muatan yang sesuai partikel-partikel ini akan tertarik ke elektroda dan mencegah partikel asap berbahaya masuk ke atmosfer.
  • Pembersih udara. Pembersih udara juga menggunakan konsep tentang listrik statis. pembersih udara adalah alat yang digunakan untuk menghilangkan polutan dari udara di sebuah ruangan untuk meningkatkan kualitas udara dalam ruangan. Cara kerja alat pembersih udara sama seperti cerobong asap, yakni polutan di ruangan diisi dengan muatan artikel yang tercemar akan tertarik ke ionizer.
  • Xerografi atau teknik fotokopi kering. Xerografi merupakan mesin yang menggunakan listrik statis yang digunakan dalam pencetakan. Tinta yang digunakan akan tertarik ke lokasi yang ditentukan yang sudah diisi dengan muatan yang sesuai.
  • Pengecatan mobil. Listrik statis dapat digunakan dalam proses pengecatan mobil. Caranya jadi istri dengan muatan listrik lalu cat tersebut disemprotkan ke mobil. Hal itu akan menyebabkan partikel cat tertarik pada muatan yang sesuai pada mobil. Dengan begitu proses pengecatan dilakukan dengan sangat baik.

h

Referensi
الكهرباء الساكنة, www.arageek.com, diakses tanggal 1 Juni 2020
How does static electricity work?, www.loc.gov, diakses tanggal 1 Juni 2020

Berlangganan via Email

Subscribe
Notifikasi
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Hosting Unlimited Indonesia