Contoh Paragraf Persuasi, Baca Yuk Supaya Tahu!

EDUTORIAL.ID

Sebelum mempelajari contoh paragraf persuasi, kita pelajari dulu apa itu paragraf persuasi agar tidak terjadi salah pengertian. Paragraf persuasi adalah paragraf yang berisi ajakan. Tujuan dari paragraf persuasi adalah untuk mengajak atau membujuk para pembacanya untuk melakukan hal atau sesuatu yang diinginkan oleh penulis.

Jadi paragraf persuasi berbentuk paragraf bukan kalimat dan bukan teks. Perlu dibedakan antara kalimat, paragraf, dan teks. kalimat persuasif tidak sama dengan paragraf persuasif dan juga tidak sama dengan teks persuasif.

Yang akan kita pelajari pada artikel kali ini adalah paragraf persuasif. Paragraf adalah kumpulan beberapa kalimat yang saling berhubungan dan memiliki sebuah gagasan. sebuah paragraf mempunyai kalimat utama yang letaknya bisa di depan, di akhir, atau di depan dan diakhir. Paragraf biasanya ditulis dengan baris pertama yang agak menjorok ke dalam.

Contoh Paragraf Persuasi

Setelah memahami pembahasan tentang paragraf di atas, sekarang ayo kita pelajari contoh paragraf persuasi. Sebenarnya paragraf ini pun juga termasuk paragraf persuasi karena bersifat mengajak yaitu mengajak kalian para pembaca untuk mempelajari contoh paragraf persuasi.

Contoh Paragraf Persuasi 1

Jerawat adalah masalah kulit yang kerap dialami oleh anak muda. Terutama bagi mereka yang baru beranjak remaja, jerawat seringkali menjadi masalah yang cukup mengganggu. Penderita jerawat seringkali merasa tidak percaya diri akibat jerawat yang merusak keindahan wajahnya. Untuk itu gunakanlah produk kami facial wash cap telur bangau yang bisa membuat wajah anda sehat secara alami dan bebas dari jerawat.

Contoh Paragraf Persuasi 2

Ayo gunakan lampu hemat energi! Meskipun harganya lebih mahal tetapi ada banyak keuntungan jika kita menggunakan lampu hemat energi. Dengan menggunakan lampu hemat energi, listrik yang kita gunakan lebih sedikit dan tentunya bisa mengurangi tagihan. Lampu hemat energi juga lebih tahan lama daripada lampu pijar. Kita juga tidak akan kepanasan jika menggunakan lampu hemat energi. Jadi tunggu apa lagi? Gunakan lampu hemat energi mulai sekarang juga!

Contoh Paragraf Persuasi 3

Hai bunda, ayo ajarkan anak kita menggosok gigi sebelum tidur! Kebiasaan baik yang bunda ajarkan kepada anak, kebiasaan itu akan berlanjut hingga anak dewasa lho. Selain itu, kebiasaan menggosok gigi sebelum tidur akan membuat gigi anak kita sehat terawat. Jika kita tidak mengajarkan kebiasaan menggosok gigi saat anak masih kecil, kita akan kesulitan mengajarkannya jika anak sudah besar. Jadi sebelum terlambat, ayo ajarkan anak kita menggosok gigi sebelum tidur.

Contoh 4

Ayo bantu saudara-saudara kita yang yang sedang tertimpa musibah gempa bumi. Mereka butuh pertolongan kita. Kita bisa membantu mereka dengan harta atau tenaga. Berapapun nilai harta yang kita berikan, itu akan sangat berarti bagi mereka.

Contoh 5

Ayo kita hentikan penyebaran berita hoaks! Jangan sampai kita ikut menyebarkan berita palsu. Kita sebaiknya tidak langsung percaya pada berita yang belum tentu kebenarannya. Kita perlu melakukan cek dan ricek pada berita yang kita terima. Saat ini aliran informasi sangat besar dan deras, kita sebagai warganet harus cerdas dan bisa menyaring informasi.


Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Next Post

Beberapa Contoh Bentuk Interaksi dalam Lingkungan yang Terdiri Atas Lingkungan Makhluk Hidup dan Benda Mati

Postingan kali ini akan menjelaskan salah satu contoh bentuk interaksi dalam lingkungan yang terdiri atas lingkungan makhluk hidup dan benda mati. Langsung saja, ayo kita bahas! Beberapa Contoh Bentuk Interaksi dalam Lingkungan yang Terdiri Atas Lingkungan Makhluk Hidup dan Benda Mati Beberapa Contoh Bentuk Interaksi dalam Lingkungan yang Terdiri Atas […]
jelaskan salah contoh bentuk interaksi dalam lingkungan yang terdiri atas lingkungan makhluk hidup dan benda mati