Contoh Paragraf Persuasi, Baca Yuk Supaya Tahu!

Sebelum mempelajari contoh paragraf persuasi, mari kita pahami terlebih dahulu apa itu paragraf persuasi agar tidak terjadi salah pengertian. Paragraf persuasi adalah paragraf yang berisi ajakan. Tujuan dari paragraf persuasi adalah untuk mengajak atau membujuk para pembacanya untuk melakukan hal atau sesuatu yang diinginkan oleh penulis.

Jadi, paragraf persuasi berbentuk paragraf, bukan kalimat atau teks. Penting untuk membedakan antara kalimat, paragraf, dan teks. Kalimat persuasif tidak sama dengan paragraf persuasif dan juga tidak sama dengan teks persuasif.

Baca juga: Jenis-jenis Paragraf Berdasarkan Isinya

Pada artikel ini, kita akan mempelajari paragraf persuasi. Paragraf adalah rangkaian kalimat yang terhubung satu sama lain dan memiliki satu gagasan utama. Dalam paragraf, kalimat utama dapat ditempatkan di awal, di akhir, atau di awal dan akhir. Biasanya, paragraf ditandai dengan baris pertama yang sedikit menjorok ke dalam.

Contoh Paragraf Persuasi

Setelah kita memahami penjelasan tentang paragraf, mari kita lanjutkan dengan mempelajari contoh paragraf persuasi. Tahukah kamu, paragraf yang sedang kamu baca ini juga termasuk dalam kategori paragraf persuasi, karena tujuannya adalah mengajak para pembaca untuk mempelajari contoh-contoh paragraf persuasi.

Contoh Paragraf Persuasi 1

Jerawat adalah masalah umum pada remaja. Jerawat dapat mengganggu kepercayaan diri karena merusak penampilan wajah. Untuk mengatasi masalah ini, kami merekomendasikan penggunaan Facial Wash Cap Telur yang dapat membersihkan dan menghilangkan jerawat, sehingga wajah jadi sehat dan bebas masalah. Dengan menggunakan produk kami, Anda dapat kembali percaya diri dengan penampilan wajah yang bersih dan segar.

Contoh Paragraf Persuasi 2

Gunakan lampu hemat energi sekarang! Meskipun harganya sedikit lebih mahal, ada banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan. Lampu hemat energi mengurangi penggunaan listrik dan menghemat tagihan. Selain itu, lampu ini juga lebih tahan lama daripada lampu pijar konvensional. Jangan khawatir tentang panas berlebih, karena lampu hemat energi tidak akan membuat ruangan terasa panas. Jadi, segera beralih ke lampu hemat energi dan nikmati manfaatnya sekarang!

Baca Juga:  Contoh Paragraf Deskripsi, Pengertian dan Ciri-cirinya

Contoh Paragraf Persuasi 3

Hai bunda, ayo ajarkan anak-anak kita untuk rutin menggosok gigi sebelum tidur! Kebiasaan ini penting dan akan membawa manfaat jangka panjang bagi kesehatan gigi. Mengajarkan kebiasaan ini sejak dini akan membantu menjaga kesehatan gigi anak-anak kita dengan baik. Jadi sebelum terlambat, yuk ajarkan mereka kebiasaan ini sekarang juga!

Contoh 4

Mari kita bergerak bersama dan memberikan bantuan kepada saudara-saudara kita yang terkena musibah gempa bumi. Mereka sangat membutuhkan dukungan kita. Baik dengan memberikan harta benda atau menyumbangkan tenaga, setiap kontribusi yang kita berikan memiliki nilai yang tak ternilai bagi mereka. Ayo, mari bersatu tangan dan memberikan bantuan kepada mereka yang sedang membutuhkan!

Contoh 5

Mari kita hentikan penyebaran berita hoaks! Jangan sampai kita ikut menyebarkan berita palsu. Kita sebaiknya tidak langsung percaya pada berita yang belum terverifikasi kebenarannya. Kita perlu melakukan cek dan ricek pada berita yang kita terima. Saat ini aliran informasi sangat besar dan deras, kita sebagai warganet harus cerdas dan bisa menyaring informasi.

Subscribe
Notifikasi

0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar