contoh peristiwa difusi
Fisika Pengetahuan Alam

Contoh Peristiwa Difusi dalam Kehidupan Sehari-hari


Difusi adalah peristiwa perpindahan molekul zat terlarut dari bagian berkonsentrasi tinggi ke bagian berkonsentrasi rendah. Difusi akan terus terjadi sampai seluruh partikel tersebar secara merata atau mencapai kondisi setimbang. Cukup banyak contoh peristiwa difusi dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut adalah beberapa contoh peristiwa difusi dalam kehidupan sehari-hari:

  1. Menuangkan sirup ke air putih. Ketika sirup dituangkan ke dalam air putih, partikel-partikel pada sirup akan berpindah ke air putih sampai partikel-partikelnya tersebar merata. Partikel berpindah dari bagian berkonsentrasi tinggi (sirup) ke bagian berkonsentrasi rendah (air putih).
  2. Menyeduh teh celup. Zat-zat yang ada pada teh celup berpindah ke air putih sampai mencapai kesetimbangan.
  3. Menyemprotkan parfum ke ruangan. Ketika kita menyemprotkan parfum, kita bisa merasakan bau harum yang kuat, tetapi lama kelamaan bau harum tersebut akan melemah karena tersebar merata ke udara bebas.
  4. Uap dari kopi panas. Ketika kita membuat kopi panas, uap akan keluar dari kopi dan naik ke udara bebas. Kita awalnya bisa melihat uap dengan jelas tetapi lama kelamaan uap tersebut tidak terlihat lagi karena partikel uap air tersebar di udara bebas.
  5. Menuangkan softener atau pewangi ke air bilasan mencuci. Softener atau pewangi pakaian yang berkonsetrasi tinggi akan berpindah dan tersebar ke air bilasan mencuci yang berkonsentrasi rendah.
  6. Menabur garam ke sup saat memasak. Partikel-partikel garam yang kita tabur akan tersebar merata ke dalam kuah masakan dan membuat kuah tersebut asin.
  7. Pencemaran atau polusi. Pencemaran atau polusi baik itu polusi air atau polusi udara merupakan contoh peristiwa difusi. Kebakaran hutan misalnya akan membuat udara sekitar berasap. Asap dari kebakaran akan berdifusi ke udara di sekitarnya. Pencemaran air oleh limbah cair juga merupakan contoh difusi, air yang tadinya jernih menjadi berwarna karena partikel-partikel limbah berpindah ke air dan membuat air tersebut tercemar. Namun jika minyak yang mencemari air, itu tidak bisa berdifusi karena air dan minyak sama-sama zat pelarut. Ingat! Yang berpindah adalah molekul zat terlarut bukan zat pelarut.
  8. Kentut. Mungkin ini contoh yang agak jorok tetapi kentut merupakan salah satu contoh peristiwa difusi karena kentut akan berdifusi ke udara bebas sehingga baunya semakin lama semakin melemah dan tidak tercium lagi.
  9. Konduksi atau penghantaran panas. Konduksi adalah contoh difusi yang terjadi pada zat padat.

Demikianlah beberapa contoh difusi dalam kehidupan sehari-hari baik itu difusi pada zat gas, zat cair, dan zat padat. Sebenarnya masih banyak contoh lainnya seperti menambahkan gula pada teh, mewarnai makanan, difusi yang terjadi di dalam tubuh, dan lain sebagainya. Namun cukup sampai di sini saja pembahasan kali ini.


Referensi



Subscribe
Notifikasi
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar