contoh peristiwa mengembun

Contoh Peristiwa Mengembun dalam Kehidupan Sehari-hari

Mengembun adalah perubahan wujud zat dari bentuk gas menjadi bentuk cair. Pengembunan terjadi ketika uap didinginkan menjadi cairan atau bisa juga terjadi ketika uap dikompresi (tekanan ditingkatkan) menjadi cairan, dan bisa juga terjadi ketika mengalami kombinasi antara pendinginan dan kompresi. Peristiwa mengembun adalah kebalikan dari peristiwa menguap dan merupakan proses eksotermik atau melepas panas. Contoh peristiwa mengembun sangat sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Peristiwa mengembun yang sering kita jumpai adalah pengembunan pada uap air atau H2O. Uap air hanya akan mengembun ke suatu permukaan apabila permukaan tersebut lebih dingin dari titik embunnya atau uap air telah mencapai kesetimbangan di udara seperti kelembaban jenuh.

Berikut adalah beberapa contoh peristiwa mengembun dalam kehidupan sehari-hari:

  1. Permukaan wadah yang seperti berkeringat. Ketika kita meminum es, uap air yang ada di udara bebas menyentuh permukaan wadah air es yang kita minum seperti botol gelas atau kaleng. Suhu, permukaan wadah es tersebut lebih dingin daripada suhu uap air sehingga uap air tersebut mengembun menjadi butiran-butiran air yang menempel pada permukaan wadah.
  2. Embun di rumput dan dedaunan pada pagi hari. Air embun yang ada di rerumputan dan dedaunan pada pagi hari berasal dari uap air yang ada di udara bebas. Suhu udara yang mengandung uap air lebih hangat sedangkan suhu rumput dan dedaunan lebih dingin. Hal itu menyebabkan uap air yang ada di udara bebas mengembun ketika menyentuh daun dan rumput.
  3. Awan terbentuk melalui proses pengembunan, udara yang lebih hangat bersentuhan dengan partikel debu yang lebih dingin sehingga menyebabkan uap air mengembun menjadi cairan dan mengendap pada partikel yang membentuk awan.
  4. Air buangan pada AC. Air yang dikumpulkan AC berasal dari udara di sekitarnya yang mengembun.
  5. Gas LPG. LPG singkatan dari liquid petroleum gas yang artinya gas minyak bumi cair. Gas tersebut pada awalnya berbentuk gas lalu diembunkan menjadi benda cair. Pengembunan pada produksi gas elpiji bukanlah pengembunan air (H2O) melainkan pengembunan gas minyak bumi.
  6. Bernafas ke kaca. Ketika kita membuang nafas ke kaca jendela dengan jarak dekat, kita bisa melihat nafas kita mengembun dan menempel pada kaca yang bisa kita lihat dengan jelas. Hal ini disebabkan karena suhu udara di paru-paru kita lebih hangat daripada suhu permukaan kaca.
  7. Bernafas di tempat dingin. Nafas kita menghasilkan asap berwarna putih ketika kita bernafas di tempat yang sangat dingin seperti dataran tinggi atau pegunungan bersalju. Itu karena suhu udara di paru-paru lebih hangat daripada suhu udara di sekitar.
  8. Butir-butir air yang menempel pada tutup wadah ketika kita memasak. Butir-butir air tersebut berasal dari uap air yang mengembun. Uap air tersebut berasal dari air yang kita rebus.

Demikianlah beberapa contoh peristiwa mengembun dalam kehidupan sehari-hari. Ternyata lumayan banyak juga peristiwa mengembun yang sering kita lihat. Peristiwa pengembunan yang sering kita lihat tersebut adalah pengembunan uap air menjadi air.


Referensi
Kondensasi, id.wikipedia.org, diakses tanggal 6 Juni 2020 Condensation Examples, www.softschools.com, diakses tanggal 6 Juni 2020 Condensation: Examples of Condensation In Daily Life, physicsabout.com, diakses tanggal 6 Juni 2020

Berlangganan via Email

Subscribe
Notifikasi
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Hosting Unlimited Indonesia