contoh peristiwa menguap

Contoh Peristiwa Menguap dalam Kehidupan Sehari-hari

Harap diingat bahwa peristiwa menguap yang akan kita bicarakan kali ini bukanlah menguap dengan mengangakan mulut dan mengeluarkan napas karena mengantuk, tetapi peristiwa menguap yang akan kita bicarakan adalah perubahan wujud benda dari bentuk cair menjadi bentuk gas. Peristiwa menguap disebut juga dengan evaporasi. Peristiwa menguap adalah kebalikan dari peristiwa mengembun. Cukup banyak contoh peristiwa menguap yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Sadar atau tidak sadar, peristiwa penguapan terjadi di sekitar Anda setiap saat. Ketika tangan Anda basah lalu mengering dengan sendirinya, itu terjadi karena air pada tangan Anda menguap. Ketika Anda berkeringat, keringat membasahi tubuh dan pakaian Anda lalu mengering, itu karena keringat tersebut menguap. Masih banyak contoh-contoh lain peristiwa menguap yang terjadi di sekitar kita. Berikut beberapa contoh peristiwa menguap dalam kehidupan sehari-hari:

Baca Juga: Contoh Peristiwa Mengembun dalam Kehidupan Sehari-hari

  1. Uap muncul ketika Anda merebus air atau memasak. Kita bisa melihat dengan jelas munculnya uap yang mengebul dari air yang kita masak. Apabila kita memanaskan air tersebut terus menerus, maka air pun akan habis. Itu terjadi karena air yang kita rebus menguap menjadi uap air.
  2. Menjemur pakaian untuk mengeringkannya. Ketika kita menjemur pakaian, pakaian yang tadinya basah akan mengering. Itu karena air pada pakaian menguap ke udara bebas.
  3. Penguapan air laut. Penguapan air laut adalah penguapan yang terjadi di laut atau samudra yang luas. Penguapan air laut merupakan penguapan skala besar karena air menguap dalam jumlah banyak dan merupakan proses penting dalam siklus air. Penguapan yang terjadi di daratan sangatlah kecil jika dibandingkan dengan penguapan yang terjadi di laut.
  4. Pembuatan garam. Pembuatan garam dilakukan dengan menguapkan air laut. Air laut terasa asin karena mengandung garam. Untu mendapatkan garam tersebut, air laut perlu diuapkan. Ketika air laut semuanya menguap maka akan menyisakan butiran-butiran garam.
  5. Penguapan pada lantai yang dipel. Lantai akan menjadi basah ketika kita mengepelnya, lalu lantai tersebut akan mengering dengan sendirinya karena airnya menguap. Kita bisa saja mempercepat pengeringan lantai dengan mengelapnya menggunakan kain kering. Namun air yang ada pada kain lap tersebut akan menguap juga.
  6. Uap muncul dari tubuh kita ketika kita sedang kehujanan. Itu terjadi ketika cuaca di sekitar dingin dan kita kehujanan. Uap tersebut berasal dari air yang menguap karena terkena panas suhu tubuh kita.
  7. Menguapnya bensin di tangki kendaraan ketika cuaca terik di jalan raya. Pernahkah kamu melihat udara yang bergerak-gerak di atas tangki kendaraan bermotor. Itu terjadi karena bensin atau solar menguap menjadi gas. Mungkin kita tidak melihatnya karena tidak berwarna, tetapi kita merasakannya dengan mencium baunya.
  8. Uap muncul dari pakaian ketika kita menyetrika. Uap tersebut berasal dari air terpanaskan oleh setrika. Kita bisa melihat dengan jelas ketika kita menyetrika pakaian yang agak basah.
  9. Kekeringan yang terjadi saat musim kemarau. Panasnya sinar matahari yang tinggi dan terus menerus menyebabkan penguapan air yang terus menerus pula. Itu akan menyebabkan danau atau sungai mengering karena airnya semakin habis.
  10. Mengeringkan rambut dengan hair dryer. Rambut akan lebih cepat kering jika kita menggunakan hair dryer untuk menguapkan air pada rambut.

Baca Juga: Contoh Peristiwa Menyublim (Benda Padat Menjadi Gas)

Sebenarnya masih banyak contoh peristiwa menguap yang lainnya seperti penguapan pada secangkir kopi, penguapan pada parfum dan lain sebagainya. Namun cukup sampai di sini saja pembahasan kita kali ini.

Berlangganan via Email

Subscribe
Notifikasi
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Hosting Unlimited Indonesia