contoh perpindahan panas secara konduksi
Pengetahuan Alam

Contoh Perpindahan Panas Secara Konduksi


Konduksi adalah perpindahan panas melalui zat perantara tanpa adanya perpindahan bagian-bagian zat perantara tersebut. Contoh perpindahan panas secara konduksi biasanya terjadi melalui benda padat. Konduksi akan lebih mudah dan cepat jika merambat melalui benda konduktor.

Panas berpindah dari yang lebih tinggi ke yang lebih rendah. Jadi panas akan mengalir dari benda yang panas ke bagian benda yang yang lebih dingin. Contohnya jika kita memanaskan wajan melalui kompor. Kompor yang panas akan memindahkan panas tersebut ke wajan yang tadinya dingin sehingga wajan pun menjadi panas.

Baca Juga: Contoh Perpindahan Panas Secara Konveksi

Contoh Perpindahan Panas Secara Konduksi

Ada banyak contoh perpindahan panas secara konduksi dalam kehidupan sehari-hari. Berikut adalah beberapa contoh peristiwa konduksi.

  • Di siang hari yang terik, jika Anda berjalan kaki di atas aspal tanpa alas kaki, tentu kaki Anda akan kepanasan karena panas berpindah dari aspal ke kaki Anda.
  • Jika Anda menggenggam es batu, es batu tersebut lama kelamaan akan mencair karena panas merambat dari tangan Anda ke es batu
  • Ketika menyetrika pakaian, pakaian yang baru saja terkena setrika akan terasa panas karena panas mengalir dari setrika ke pakaian yang Anda setrika.
  • Saat Anda membuat kopi panas maka gelas atau cangkir Anda pun akan akan terasa panas karena panas mengalir dari air kopi ke cangkir. Bila Anda menaruh sendok di dalamnya maka sendok tersebut juga akan terasa panas karena panas akan mengalir ke sendok Anda juga.
  • Ketika Anda mencairkan margarin atau mentega. Panas mengalir dari kompor ke wajan dan panas mengalir dari wajan ke mentega sehingga mentega tersebut cair.
  • Saat Anda memasak, jika Anda menggunakan sendok yang terbuat dari bahan konduktor maka tanaman bisa merasa panas. Untuk itu, biasanya sendok yang digunakan untuk memasak terbuat dari kayu. Atau gagangnya terbuat dari bahan isolator. panas merambat dari makanan di panci atau wajan ke sendok yang Anda gunakan. Bahan isolator akan menghambat menghantarnya panas.
  • Jika Anda menyalakan api menggunakan korek gas dan memegang pemicu api tersebut terlalu lama. Maka tangan Anda bisa kepanasan karena panas menghantar dari korek api ke tangan Anda.
  • Ketika Anda berendam di air dingin, lama kelamaan Anda akan kedinginan. Karena Anda kehilangan panas pada tubuh Anda. Panas tubuh Anda mengalir dari tubuh Anda ke air dingin.
  • Knalpot motor akan panas jika motor dihidupkan dan digunakan terlalu lama. Untuk itulah motor sekarang biasanya sudah dilapisi bahan isolator agar tidak mencelakai kaki Anda.
  • Jika Anda menggunakan smartphone Anda terlalu lama mungkin Anda akan menjadi panas dan tangan Anda pun juga akan panas karena panas merambat dari smartphone ke tangan Anda.

Subscribe
Notifikasi
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar