contoh tindakan sebagai makhluk sosial

Contoh Tindakan Manusia Sebagai Makhluk Sosial

Secara alamiah, manusia cenderung hidup bersama orang lain. Manusia tidak bisa hidup sendiri tanpa membutuhkan orang lain sedikit pun. Memang ada manusia yang suka menyendiri atau individualis. Manusia juga makhluk individu sehingga berhak atas milik pribadinya sendiri yang kemudian disesuaikan dengan kondisi lingkungan sekitarnya. Namun seberapa sering pun manusia menyendiri, manusia tetaplah membutuhkan orang lain agar tetap hidup secara normal. Karena manusia mempunyai naluri untuk bersosialisasi dan berinteraksi dengan orang lain. Untuk itu artikel ini akan membahas beberapa contoh tindakan manusia sebagai makhluk sosial.

Banyak sekali contoh tindakan manusia dalam kehidupan sehari-hari yang mencerminkan dirinya sebagai makhluk sosial. Termasuk kamu, kamu tentunya juga melakukan tindakan-tindakan sebagai makhluk sosial dalam kehidupan sehari-hari. Apapun kepribadian kamu, karakter kamu, sifat kamu, kamu tetap makhluk sosial yang hidup membutuhkan orang lain.

Berteman dengan orang lain

Di sekolah kamu berteman dengan orang lain. Di lingkungan rumah kamu juga berteman dengan orang lain. Itu termasuk contoh tindakan sebagai makhluk sosial

Bermain bersama

Kegiatan bermain lebih sering dilakukan pada saat usia anak-anak. Sudah dewasa pun orang tetap bisa bermain tetapi tidak sebebas ketika masih anak-anak karena orang dewasa sudah disibukkan dengan pekerjaan dan urusan lainnya. Kegiatan bermain bersama adalah salah satu tindakan sebagai makhluk sosial karena kita berinteraksi dengan teman-teman dan mendapatkan kepuasan secara psikis.

Bercakap-cakap/Ngobrol

Ngobrol adalah contoh tindakan manusia sebagai makhluk sosial. Ketika kita ngobrol, kita melakukannya bersama orang lain.

Kerja bakti

Kegiatan kerja bakti seperti membersihkan lingkungan, menghiasi lingkungan di bulan agustus, atau yang lainnya merupakan contoh tindakan sebagai makhluk sosial.

Musyawarah

Untuk membuat keputusan yang bisa diterima semua pihak biasanya persoalan dibahas dengan cara musyawarah. Dengan musyawarah kerukunan dan kekeluargaan bisa terjaga. Coba kalau keputusan dibuat secara sepihak dan merugikan orang banyak, itu bisa menimbulkan ketegangan sosial atau konflik.

Menjenguk orang sakit

Sebagai makhluk sosial, kita akan merasa turut prihatin jika ada teman yang sakit. Orang yang sakit pun membutuhkan dukungan dari orang lain supaya sembuh.

Berlangganan via Email

Subscribe
Notifikasi
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar