Dampak Apakah yang Ditimbulkan dari Penggunaan AC dan Lemari Es

EDUTORIAL.ID
dampak apakah yang ditimbulkan dari penggunaan AC dan lemari es
sumber gambar: pixabay.com

Sebenarnya AC atau pendingin udara dan lemari es yang kita gunakan sehari-hari mempunyai dampak yang buruk terhadap lingkungan. Lalu, dampak apakah yang ditimbulkan dari penggunaan AC dan lemari es tersebut? Jawabannya yaitu dapat merusak lapisan ozon dan menyebabkan pemanasan global.

Penggunaan AC dan lemari es bisa menghasilkan gas yang disebut dengan CFC atau chlorofluorocarbon. Gas CFC inilah yang yang nantinya bisa merusak lapisan ozon di atmosfer. Selain itu gas CFC juga bisa menyebabkan pemanasan global karena gas CFC merupakan salah satu gas yang bisa menimbulkan efek rumah kaca.

Merusak Lapisan Ozon

Gas ozon sebenarnya berbahaya dan dapat menjadi racun apabila berada di permukaan bumi. Beruntunglah lapisan ozon ada di stratosfer. Lapisan ozon yang ada di stratosfer berguna melindungi bumi dari radiasi sinar ultraviolet. sinar ultraviolet ini berbahaya bagi manusia karena dapat menimbulkan kanker kulit. selain itu sinar ultraviolet juga bisa menyebabkan katarak dan permasalahan-permasalahan lainnya bagi kehidupan di bumi.

Apa jadinya jika lapisan ozon semakin menipis dan muncul lubang-lubang di lapisan ozon sehingga radiasi UltraViolet dapat masuk ke dalam bumi melalui lubang-lubang tersebut dan sampai di permukaan bumi? Tentunya itu sangat berbahaya karena bisa meningkatkan jumlah penderita kanker kulit dan katarak dan permasalahan-permasalahan lainnya. Gas CFC adalah salah satu gas yang dapat merusak dan menyebabkan menipisnya lapisan ozon. Penggunaan alat pendingin seperti AC dan lemari es menghasilkan gas CFC yang dapat merusak lapisan ozon dan menyebabkan menipisnya lapisan ozon.

Menyebabkan Pemanasan Global

Selain dapat merusak lapisan ozon, gas CFC yang dihasilkan dari penggunaan AC dan lemari es juga bisa menyebabkan pemanasan global. Kenapa? Karena CFC juga merupakan salah satu gas yang dapat menyebabkan efek rumah kaca. Efek rumah kaca adalah terperangkapnya panas di dalam atmosfer, panas tersebut tertahan oleh atmosfer dan tidak bisa keluar, akibatnya suhu bumi akan semakin meningkat secara global dan inilah yang disebut dengan pemanasan global.

Pemanasan global cukup berbahaya bagi bumi karena dapat mencairkan es yang ada di kutub. Jika es yang ada di kutub mencair, permukaan air laut pun akan naik dan menyebabkan beberapa pulau tenggelam.

Menipisnya lapisan ozon dan pemanasan global sebenarnya dua hal yang berbeda. Keduanya dapat disebabkan salah satunya oleh gas CFC yang dihasilkan oleh penggunaan kulkas dan pendingin udara. Namun menipisnya lapisan ozon dan pemanasan global keduanya dapat saling berhubungan. Lebih lengkapnya Anda bisa membaca artikel ini.

Demikianlah penjelasan tentang dampak apakah yang ditimbulkan dari penggunaan AC dan lemari es terhadap lingkungan. Kesimpulannya dampak negatif dari penggunaan AC dan lemari es adalah dapat menyebabkan rusaknya lapisan ozon serta menyebabkan pemanasan global. Sebenarnya selain itu penggunaan AC juga membutuhkan daya listrik yang besar. Jika listrik yang digunakan adalah dari pembangkit listrik yang menggunakan batubara, contoh itu juga dapat merusak lingkungan.


Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Next Post

Apa yang Menjadi Objek Pengamatan IPA?

Saat di SD atau SMP kamu pastinya belajar IPA kan? Lalu apa yang dipelajari di pelajaran IPA? Apa yang menjadi objek pengamatan IPA? Ayo kita bahas bersama-sama. Setiap disiplin ilmu pastinya mempunyai objek pengamatannya sendiri-sendiri. Begitu pula IPA, IPA juga mempunyai objek pengamatan yang dipelajari. IPA adalah akronim dari ilmu […]
apa yang menjadi objek pengamatan ipa