Fungsi Surat yang Perlu Kita Ketahui

EDUTORIAL.ID
fungsi macam jenis bagian surat
pixabay.com

Fungsi Surat – Surat adalah sarana berkomunikasi secara tertulis. Tentunya, surat tidak dibuat tanpa adanya nilai guna. Surat mempunyai fungsi penting untuk berkomunikasi dengan orang atau kelompok lain. Postingan kali ini akan menyebutkan dan menjelaskan beberapa fungsi surat yang perlu kalian tahu.

Baca juga: Bagian-bagian Surat Resmi Lengkap

Fungsi Surat

1. Sebagai dokumen/bukti tertulis

Berita yang tertulis di dalam surat merupakan alat perantara dalam berkomunikasi atau sebagai media tertulis. Dengan menggunakan surat pihak pengirim hendak menyampaikan sesuatu kepada pihak penerima.

Surat sebagai dokumen tertulis digunakan ketika ada perselisihan antara kantor atau pejabat yang mengadakan hubungan surat menyurat. Contoh surat sebagai bukti tertulis adalah surat perjanjian.

2. Sebagai Duta/wakil

Surat sebagai wakil maksudnya adalah surat menjadi wakil secara tertulis dari suatu instansi, organisasi, atau perusahaan. Contohnya surat pesanan dan surat lamaran pekerjaan. Ketika suatu perusahaan hendak memesan barang kepada perusahaan lain, maka perusahaan pemesan cukup menulis surat pesanan yang dikirim ke perusahaan penjual. Pada surat lamaran pekerjaan, seorang pelamar cukup mengirim atau menyerahkan surat lamaran kepada suatu instansi atau perusahaan.

Baca juga: Jenis jenis Surat Berdasarkan Sifat,Wujud, Keamanan, dan Proses Penyelesaiannya

3. Sebagai otak tata usaha

Pengurusan surat dalam suatu perusahaan merupakan kegiatan penting sebagai bentuk komunikasi tulis. Kantor yang besar biasanya memiliki prosedur tetap untuk melakukan kegiatan surat menyurat seperti konseptor, bagian pengecekan, bagian pengetikan, dan lain-lain.

4. Sebagai media komunikasi

Surat memiliki fungsi sebagai media komunikasi seperti alat komunikasi yang lain seperti telepon dan chat. Dulu sebelum alat komunikasi menjadi secanggih sekarang, banyak orang yang berkomunikasi dengan menggunakan media surat.

Baca juga: Penulisan Alamat Surat yang Benar dan Contohnya

5. Sebagai alat pengingat

Dalam pengurusan surat di suatu perusahaan atau instansi, surat tidak hanya sekedar dikirim dan diterima tetapi juga disimpan dalam bentuk arsip. Arsip surat ini memiliki fungsi sebagai pengingat tentang kegiatan yang telah dilakukan.

6. Sebagai bukti historis

Surat-surat peninggalan zaman dahulu memiliki fungsi historis. Contohnya surat-surat bersejarah yang dikirim dan diterima kerajaan-kerajaan zaman dahulu.

7. Sebagai pedoman kerja

Surat juga dapat berfungsi sebagai pedoman kerja. Contohnya seperti surat keputusan, surat tugas dan surat perintah. Surat-surat tersebut berguna bagi pegawai dan staf dalam melakukan pekerjaan yang menjadi tugasnya.


Subscribe
Notifikasi
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Next Post

Jenis-jenis Surat Berdasarkan Sifat,Wujud, Keamanan, dan Proses Penyelesaiannya

Jenis-jenis Surat – Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering menjumpai surat dari berbagai jenis. Ada surat lamaran pekerjaan, surat keputusan, surat tugas, dan lain sebagainya. Jenis surat sangatlah banyak karena luasnya aktivitas masyarakat dalam menggunakan surat di berbagai bidang seperti pendidikan, pemerintahan, sosial, dan lain-lain. Baca juga: Fungsi Surat yang Perlu […]
fungsi macam jenis bagian surat