GuruInovatif.id Solusi Guru Hadapi Era Digital

GuruInovatif.id Solusi Guru Hadapi Era Digital

Sekarang ini, kita dihadapkan pada era revolusi industri 4.0. Era dimana manusia memanfaatkan internet untuk segala bidang kehidupan termasuk dunia pendidikan. Di Jepang kini muncul istilah lain, yakni era society 5.0 dengan konsep mengintegrasikan dunia virtual dengan dunia nyata. Apakah kita akan tetap menggunakan cara mengajar yang lama, sementara negara lain sudah menerapkan pendidikan era revolusi industri 4.0 dan society 5.0?

industri 4 0
sumber: pixabay

Pendidikan kita akan semakin tertinggal jika terus mengalami stagnasi. Kini negara-negara lain sudah banyak yang menggunakan berbagai media pembelajaran digital seperti powerpoint, HTML5, LMS, hingga artificial intelligence. Namun, guru di negara kita banyak yang cuma mengandalkan sumber dan media konvensional yang itu-itu saja seperti buku paket, LKS, dan papan tulis. Jangan sampai pendidikan kita yang selama ini sudah tertinggal, akan semakin tertinggal .

Menurut Indra Charismiadji sebagaimana dimuat jpnn.com, 97,5% guru di Indonesia masih gaptek (jpnn.com – 29/10/2019). Saat berita itu dimuat Oktober tahun lalu, Indonesia belum terkena pandemi covid-19. Tentu berbeda situasinya dengan sekarang. Pada masa pandemi ini, jumlah guru yang gagap teknologi mungkin sudah berkurang . Sebab, mau tidak mau kegiatan belajar mengajar harus dilakukan secara online karena itu kebijakan pemerintah.

Apakah dengan memanfaatkan teknologi informasi secara tiba-tiba dan terkesan dipaksakan, otomatis guru tidak lagi gaptek? Kenyataannya tidak semudah itu. Kita bisa melihat banyak guru yang tidak siap dengan sistem pendidikan secara online akibat pandemi ini. Akibatnya, hasil yang dicapai dari kegiatan belajar mengajar pun tidak maksimal.

Pemerintah boleh membuat kebijakan meliburkan sekolah atau mengharuskan pembelajaran dilakukan secara daring. Namun tetap saja, gurulah kunci keberhasilan pembelajaran daring ini. Penguasaan guru terhadap teknik pembelajaran online menentukan hasil belajar yang akan dicapai.

Pelaksanaan pembelajaran online ini akan sia-sia saja jika guru tidak siap karena kurang menguasai skill. Untuk itu, peningkatan kualitas guru dalam mengajar mutlak dilakukan. Dengan mengikuti pelatihan guru, bukan tidak mungkin guru bisa beradaptasi di era digital dan menyesuaikan cara mengajarnya.

Guru Belajar Mengajar di GuruInovatif.id

GuruInovatif.id hadir sebagai solusi untuk meningkatkan mutu guru dan pendidikan di era digital. GuruInovatif.id adalah tempat belajar guru, yakni platform pembelajaran online bersertifikat untuk guru.

Dengan belajar di GuruInovatif.id, guru bisa meningkatkan kemampuannya dengan mengikuti berbagai macam pelatihan dan webinar yang ditawarkan. Tentunya, GuruInovatif.id menyediakan beragam pelatihan yang dibutuhkan di era digital sekarang ini.

Secara garis besar, GuruInovatif.id menyediakan kursus dalam tiga kategori, yaitu Online Certification, Productivity, dan Mini Course.

Kursus Online Certification berupa kursus dengan 32 jam pelajaran. Kursus ini meliputi pelatihan PCK (Pedagogical Content Knowledge), pelatihan HOTS (High Order Thinking Skill) atau melatih cara berpikir tingkat tinggi siswa, juga terdapat pelatihan tentang pengembangan diri yaitu kursus pengembangan profesionalisme guru di abad 21.

Kursus Productivity berupa kursus dengan satu topik. Kursus ini lebih singkat daripada online certification karena hanya terdiri dari satu atau beberapa video berdurasi pendek. Kursus Productivity meliputi pelatihan yang sifatnya teknis seperti cara menggunakan Google Classroom, cara menggunakan aplikasi Zoom untuk mengajar, cara merekam materi pembelajaran melalui screen recorder, cara menggunakan grup Whatsapp untuk grup pembelajaran, dan teknik membuat animasi sederhana untuk materi siswa menggunakan powerpoint.

Kursus dalam kategori Mini Course berupa kursus dengan 8/16 jam pelajaran yang meliputi tips, langkah-langkah, dan cara mengajar yang efektif. Juga terdapat kursus HOTS atau melatih cara berpikir tingkat tinggi siswa.

GuruInovatif.id bukanlah kursus abal-abal. GuruInovatif.id merupakan program kursus yang berkualitas. Hal ini bisa dilihat dari, kursus Online Certificationnya yang memiliki kedalaman materi yang tinggi. Mengikuti dan menuntaskan materinya tidak bisa dilakukan dengan instan. Materi video pada kursus Online Certification memiliki durasi yang panjang. Bahkan ada yang lebih dari 1 jam 40 menit dalam satu video. Selain itu, kita tidak bisa lanjut ke materi berikutnya sebelum menuntaskan materi sebelumnya. Totalnya ada sekitar 32 jam pelajaran yang harus kita selesaikan jika kita mengambil kursus Online Certification. Di samping itu, kursus Productivity dan Mini Course-nya juga tidak kalah bagus.

GuruInovatif.id adalah kursus bersertifikasi. Setiap kursus dan webinar yang kita ikuti, kita akan mendapatkan sertifikat. Bisa dibilang GuruInovatif.id adalah program sertifikasi guru secara online. Karena dilakukan secara online, guru tetap bisa mengikuti kursus di sela-sela waktu luang tanpa meninggalkan kesibukan mengajar. Itu adalah kemudahan belajar yang kita dapatkan jika kita belajar di GuruInovatif.id. Selain itu, kemudahan belajar juga didukung dengan tampilan website dengan tata letak yang mudah dipahami dan ramah pemula.

Kursus di GuruInovatif.id diajarkan oleh trainer berpengalaman. Materi yang disampaikan benar-benar berbobot. Penyampaian materinya juga lugas dan mudah dipahami. Kualitas videonya pun cukup bagus. Kita bisa menonton video dengan resolusi tinggi sehingga gambarnya terlihat jelas, juga tidak terlalu tinggi sehingga tidak menyebabkan buffering jika kecepatan internet kita rendah. Begitu pula suaranya, kita bisa mendengarnya dengan mudah dan jelas.

Soal harga, tidak ada yang perlu dirisaukan. Tampaknya GuruInovatif.id tahu betul kalau guru di Indonesia masih banyak yang berstatus honorer dengan gaji yang tidak seberapa. Untuk itu, GuruInovatif.id memberikan diskon besar-besaran pada setiap kursus yang ditawarkan. Dengan begitu, harga pelatihan di GuruInovatif.id cukup terjangkau. Bahkan ada kursus dengan diskon 100%, terutama kursus dalam kategori Productivity. Dengan demikian, kita tidak perlu lagi mengeluarkan uang untuk membeli kursus.

kursus di GuruInovatif.id

Sangat menguntungkan bukan? Sudah dapat pelatihan, dapat sertifikat, gratis lagi. Kalau misalkan masih terkendala tidak punya kuota. Bukankah guru bisa memanfaatkan wifi sekolah?

Dengan mengikuti kursus di GuruInovatif.id, guru akan dibekali dengan keterampilan-keterampilan untuk menghadapi pendidikan di era digital. Hasilnya, guru akan siap menghadapi pendidikan di era revolusi industri 4.0 maupun society 5.0.

Saran Untuk Guru dan Sekolah

Sebagai lembaga pendidikan formal, sekolah perlu belajar dari keberhasilan mengajar lembaga kursus online. Jika lembaga kursus online bisa mencerdaskan siswa dengan memanfaatkan teknologi, kenapa sekolah tidak? Untuk itu, sistem dan metode pendidikan di sekolah harus dibenahi. Guru tidak lagi mengajar hanya bermodalkan buku paket, LKS, dan papan tulis saja melainkan juga berbagai sumber, alat, dan, media yang lain khususnya media digital.

mengajar online
sumber: pixabay

Jika pandemi ini berlalu, pembelajaran secara offline dengan tatap muka wajib kembali dilakukan. Namun, pendidikan secara online tidak boleh ditinggalkan begitu saja. Guru perlu mengombinasikan keduanya, baik pembelajaran tatap muka atau pembelajaran daring masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. Jika keduanya dikombinasikan, tentu akan menghasilkan hasil pembelajaran yang lebih optimal.

Bagi sekolah di daerah pelosok yang belum memungkinkan pembelajaran online, setidaknya guru perlu menggunakan media digital secara langsung di ruang kelas. Misalnya, menggunakan media pembelajaran berupa video,  kuis interaktif, animasi, atau yang lainnya. Media-media pembelajaran tersebut bisa dikemas menggunakan  perangkat lunak powerpoint. Kalaupun tidak bisa membuat media sendiri, paling tidak guru perlu mengetahui teknik pengoperasiannya.

Mau atau tidak mau, suka atau tidak suka perkembangan IPTEK terus berjalan dengan pesat. Nasib pendidikan kita tergantung bagaimana guru menyikapi perkembangan zaman. Alangkah baiknya jika guru mengejar ketertinggalan pendidikan kita selama ini. GuruInovatif.id hadir untuk membantu guru agar bisa mengejar ketertinggalan tersebut.

Lomba Blog Banner scaled 2
[simple-author-box]

Berlangganan via Email

Subscribe
Notifikasi
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar