hal apa saja yang menjadikan perbedaan budaya pada masyarakat Indonesia

Hal apa saja yang menjadikan perbedaan budaya pada masyarakat Indonesia?

Negara Indonesia terbentang dari Sabang sampai Merauke dan terdiri dari belasan ribu pulau. Dari wilayah yang sangat luas tersebut, hiduplah penduduk Indonesia yang terdiri dari berbagai macam budaya yang berbeda-beda. Kenapa budaya masyarakat Indonesia berbeda-beda padahal mereka berada di dalam satu negara yang sama? Hal apa saja yang menjadikan perbedaan budaya pada masyarakat Indonesia? Mari kita pelajari!

Berikut adalah beberapa faktor yang menyebabkan perbedaan budaya yang ada pada masyarakat Indonesia:

Faktor geografis

Faktor geografis turut mempengaruhi perbedaan budaya yang ada pada masyarakat Indonesia. Masyarakat yang tinggal di pegunungan memiliki budaya yang berbeda daripada masyarakat yang tinggal di daerah pantai.

Faktor agama

Agama juga merupakan faktor yang sangat berpengaruh dalam menjadikan perbedaan budaya pada masyarakat Indonesia. Masing-masing agama memiliki budaya yang berbeda dengan yang lainnya. Contohnya dalam agama Islam terdapat budaya halal bihalal, kesenian qasidah dan lain sebagainya.

Faktor bahasa

Indonesia terdiri dari banyak sekali bahasa daerah. Bahasa sendiri termasuk salah satu unsur budaya. Maka perbedaan bahasa adalah perbedaan budaya. Bahkan satu bahasa daerah bisa terdiri dari berbagai macam dialek yang berbeda. Contohnya bahasa Jawa yang memiliki berbagai macam dialek seperti bahasa ngapak dan bahasa medok.

Faktor sejarah

Setiap daerah memiliki sejarahnya sendiri sendiri. Hal itu bisa dilihat dari adanya cerita rakyat ataupun legenda yang diceritakan secara turun temurun dari generasi ke generasi. Bisa juga dipelajari menggunakan teknik sejarah yang ilmiah. Faktor sejarah tersebut tentu mempengaruhi perbedaan budaya pada masyarakat Indonesia.

Pengaruh budaya atau bangsa lain

Tidak dapat dipungkiri, budaya masyarakat Indonesia saat ini sangat dipengaruhi oleh budaya dari bangsa lain. Pakaian yang dikenakan orang pada masa sekarang seperti celana jeans, kemeja, gamis, dan lain sebagainya adalah salah satu contoh pengaruh budaya dari bangsa lain. Selain itu ada juga masyarakat yang masih primitif dan terasing sehingga gaya berpakaiannya masih sangat sederhana dan terbuka.

Perbedaan suku

Suku merupakan salah satu faktor yang menjadikan perbedaan budaya pada masyarakat Indonesia. masing-masing suku memiliki budaya dan adat istiadat masing-masing seperti pakaian adat, rumah adat, lagu daerah, alat musik tradisional, seni pertunjukan, dan lain-lain.

Jadi, hal apa saja yang menjadikan perbedaan budaya pada masyarakat Indonesia? Beberapa faktor yang menjadikan perbedaan budaya pada masyarakat Indonesia di antaranya seperti faktor geografis, faktor sejarah, faktor agama, pengaruh budaya atau bangsa lain, faktor bahasa, dan faktor suku.

Berlangganan via Email

Subscribe
Notifikasi
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar