Ibukota Negara Australia Adalah Canberra

Admin
Ibukota negara Australia adalah Canberra. Ada sekitar 340.800 orang yang tinggal di Canberra. Kota Canberra merupakan kota pedalaman terbesar di Australia atau kota terbesar kedelapan di Australia  secara keseluruhan. Canberra terletak di ujung utara Wilayah Ibu Kota Australia/ Australian Capital Territory (ACT), 280 km (170 mil) sebelah barat daya Sydney, dan 660 km (410 mil) sebelah timur laut Melbourne. Kota Canberra dirancang oleh arsitek Chicago, Walter Burley Griffin, dan mulai dibangun pada tahun 1913.
Ibukota Negara Australia Adalah Canberra
via pixabay
Canberra terpilih menjadi lokasi ibukota negara Australia pada tahun 1908 sebagai kompromi atas persaingan antara Sydney dan Melbourne yang merupakan dua kota terbesar di Australia.
Sebagai tempat duduk pemerintah Australia, Canberra adalah lokasi Gedung Parlemen, tempat tinggal resmi perwakilan Monarki Gubernur Jenderal, Pengadilan Tinggi dan sejumlah departemen dan badan pemerintah. Canberra juga merupakan lokasi banyak institusi sosial dan budaya yang memiliki kepentingan nasional, seperti Australian War Memorial, Universitas Nasional Australia, Royal Australian Mint, Australian Institute of Sport, Galeri Nasional, Museum Nasional dan Perpustakaan Nasional. Korps perwira Angkatan Darat Australia dilatih di Royal Military College, Duntroon dan Akademi Pertahanan Australia juga berada di ibukota kota Australia.

Wilayah Ibu Kota Australia (bahasa Inggris: Australian Capital Territory – ACT) adalah salah satu wilayah Australia, tempat beradanya ibu kota Australia, Canberra. ACT dikelilingi oleh negara bagian New South Wales di seluruh bagiannya.Australian Capital Territory (ACT)/ Wilayah Ibukota Australia adalah wilayah yang terbebas dari negara bagian manapun. Hal ini untuk mencegah suatu negara bagian mengambil keuntungan karena menjadi tuan rumah kekuasaan persemakmuran. Selain itu ACT juga memiliki perwakilan suara di parlemen persemakmuran, memiliki Dewan Legislatif dan pemerintahan sendiri, sebagaimana dengan negara bagian.
Sebenarnya ada delapan ibu kota di Australia, tapi ibukota-ibukota tersebut berfungsi di tingkat sub-nasional kecuali Canberra yang berperan sebagai ibu kota negara. Melbourne juga pernah menjadi ibu kota negara sejak Federasi Australia tahun 1901 hingga 1927, ketika kedudukan pemerintah negara dipindahkan ke kota baru Canberra.
Berikut adalah ibukota-ibukota yang ada di Australia. Di setiap ibukota, tugas lembaga yudisial, administratif dan legislatif lokal dilaksanakan untuk yurisdiksi. Mengenai ibu kota negara bagian dan teritori, kesemuanya juga merupakan kota terpadat di dalam batas wilayahnya.
Daftar_ibu_kota_di_Australia
via wikipedia
Yurisdiksi Ibu Kota
Australia and
ACT
Canberra (Canberra bukanlah ibu kota ACT dalam arti resmi; kota ini adalah pemukiman utama di dalam ACT)
New South Wales Sydney
Victoria Melbourne
Queensland Brisbane
Australia Barat Perth
Australia Selatan Adelaide
Tasmania Hobart
Teritorial Utara Hobart
Jadi ibukota negara Australia adalah Canberra, sedangkan ketujuh ibu kota lainnya adalah ibu kota untuk wilyah yang lebih kecil.
Sumber:

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Lusaka, Ibukota Zambia

Lusaka adalah ibukota zambia. Selain itu lusaka juga merupakan kota terbesar di zambia. Kota Lusaka berlokasi di bagian timur tengah negara zambia pada ketinggian 1.400 m. pada tahun 2000 penduduk Lusaka sekitar 1.640.000 jiwa. via wikipedia.org Lusaka adalah provinsi terkecil di zambia. Lusaka adalah nama kota dan provinsi di Zambia. […]