Apa Sajakah Interaksi dalam Sebuah Ekosistem?

Admin

Apakah kamu pernah memperhatikan sebuah ekosistem? Apa yang terjadi? Ya, makhluk hidup di dalamnya saling berinteraksi. Lalu Apa sajakah interaksi dalam sebuah ekosistem? Ayo kita bahas bersama-sama!

Di ekosistem, makhluk hidup saling berinteraksi. Tidak ada organisme yang hidup secara terisolasi. Meskipun ada organisme yang hidup secara soliter atau sendiri tetapi itu bukan berarti organisme tersebut tidak berinteraksi sama sekali. Contohnya dalam memperoleh makanan tentu organisme tersebut melakukan interaksi dengan organisme lainnya.

Apa sajakah interaksi dalam sebuah ekosistem? Berikut liputannya menurut informasi yang saya peroleh dari Wikipedia.

Interaksi Intraspesifik dan Interaksi Interpesifik

Interaksi yang terjadi di alam bisa berupa interaksi intraspesesifik dan interaksi interspesifik. Interaksi intraspesifik adalah interaksi yang terjadi pada spesies yang sama, contohnya interaksi antara sesama jenis ikan. Interaksi Interspesifik adalah interaksi yang terjadi antara spesies yang berbeda, contohnya interaksi antara lebah dan bunga.

Efek dari interaksi ini sifatnya bisa jangka pendek seperti penyerbukan dan predasi, bisa juga jangka panjang yang disebut dengan simbiosis.

Interaksi Jangka Pendek

Interaksi jangka pendek berupa penyerbukan dan predasi.

Predasi

Predasi adalah peristiwa di mana satu organisme yang disebut predator membunuh dan memakan organisme lainnya.

Penyerbukan

Dalam peristiwa penyerbukan, terdapat interaksi antara beberapa jenis hewan dengan salah satu bagian tumbuhan yang disebut bunga. Hewan tersebut bisa mentransfer serbuk sari dari benang sari ke putik. Hewan tersebut memperoleh keuntungan karena mendaatkan makanan berupa nektar atau serbuk sari.

Interaksi Jangka Panjang: Simbiosis

Simbiosis atau interaksi jangka panjang yang terjadi bisa berupa mutualisme, komensalisme, parasitisme, netralisme, amensalisme, dan kompetisi.

Mutualisme

Mutualisme adalah interaksi antara dua atau lebih organisme yang bersifat saling menguntungkan. Contohnya interaksi antara kerbau dan burung jalak. Keduanya saling menguntungkan karena burung jalak mendapatkan makanan dan kerbau dibersihkan dari kutu.

Komensalisme

Komensalisme adalah interaksi antara ornanisme satu dengan organisme yang lainnya di mana yang satu diuntungkan dan yang lainnya tidak dirugikan dan juga tidak diuntungkan. Contohnya antara tanaman tanduk rusa dan pohon yang ditumpanginya. Baca: Simbiosis Komensalisme: Tanaman Tanduk Rusa Menempel pada Pohon-pohon Sebagai Tempat Hidupnya

Parasitisme

Parasitisme adalah interaksi antara organisme satu dengan organisme lainnya di mana yang satu bertindak sebagai parasit yang merugikan inangnya. Contohnya tali putri dan tumbuhan inangnya.

Netralisme

Netralisme adalah interaksi antara dua organisme atau lebih yang tidak saling mempengaruhi.

Amensalisme

Amensalisme adalah interaksi antar organisme di mana yang satu merugikan yang lain tetapi tidak menguntungkan dirinya. Hal ini berbeda dari parasitisme yang mana organisme satu mengambil manfaat dari organisme lainnya dan merugikannya. Contoh amensalisme yaitu ketika kambing menginjak-injak rumput, tentu hal tu merugikan bagi rumput tetapi tidak menguntungkan bagi kambing.

Kompetisi

Kompetisi yaitu persaingan antara dua organisme atau lebih untuk memperebutkan kebutuhan hidup mereka. Kebutuhan tersebut bisa berupa makanan atau daerah kekuasaan.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kegiatan yang Menggunakan Sumber Energi Panas

Kegiatan yang Menggunakan Sumber Energi Panas – Dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak terlepas dari yang namanya energi. Kita selalu menggunakan energi baik itu energi panas, energi cahaya, energi kinetik, energi kimia, dan lain-lain. Salah satu energi yang kita gunakan sehari-hari yaitu energi panas. Energi panas adalah energi termal yang berpindah […]
kegiatan yang menggunakan sumber energi panas