jabarkan proses hubungan simbiosis antara bunga dan lebah

Proses Hubungan Simbiosis antara Bunga dan Lebah

Pernahkah kamu melihat lebah yang hinggap di atas bunga? Sebenarnya ada hubungan apa antara lebah dan bunga? Artikel ini akan menjabarkan proses hubungan simbiosis antara bunga dan lebah. Jadi, simak baik-baik penjelasan berikut ini ya!

Bunga dan lebah memiliki hubungan yang saling menguntungkan. Dalam biologi hubungan yang saling menguntungkan ini disebut dengan simbiosis mutualisme. Lebah hinggap di atas bunga untuk mengambil dan mendapatkan makanan. Makanan lebah berupa nektar dan serbuk sari yang berasal dari bunga. Nektar ini adalah bahan dasar untuk membuat madu. Lebah-lebah yang mengambil nektar dan serbuk sari di dalam bunga adalah lebah pekerja. Lebah pekerja mengambil nektar dan serbuk sari bukan hanya untuk dimakan sendiri tetapi nektar dan serbuk sari tersebut juga dibawa sebagai makanan untuk anak-anak mereka yang masih berupa larva. Selain itu sebagian nektar tersebut disimpan dalam bentuk madu.

Sebaliknya bunga juga diuntungkan oleh hadirnya lebah-lebah yang hinggap di atasnya. Dengan adanya lebah yang membawa serbuk sari, serbuk sari tersebut bisa menyebar dan berjatuhan hingga serbuk sari tersebut jatuh ke putik bunga. Peristiwa ini disebut dengan penyerbukan. Penyerbukan adalah jatuhnya serbuk sari ke kepala putik. Penyerbukan adalah cara tanaman berkembang biak. Setelah terjadi penyerbukan maka bunga bisa menghasilkan bakal buah dan bakal biji yang nantinya akan tumbuh menjadi buah dan biji. Biji inilah yang nantinya akan tumbuh dan berkembang menjadi tanaman baru. Dengan begitu, tanaman tersebut bisa berkembang biak menjadi banyak. Jadi hadirnya lebah bisa membantu terjadinya penyerbukan pada bunga. Tanpa penyerbukan bunga tidak bisa berkembang biak secara generatif. Hadirnya lebah bisa membuat serbuk sari tersebar dari bunga satu ke bunga yang lain. Selain lebah, penyerbukan juga bisa dibantu oleh kupu-kupu, burung, angin, dan air.

Kesimpulan

Berdasarkan penjabaran proses hubungan simbiosis antara bunga dan lebah di atas, kesimpulannya adalah hubungan yang terjadi antara lebah dan bunga adalah simbiosis mutualisme yang mana lebah dan bunga sama-sama diuntungkan. Lebah mendapatkan makanan dari bunga sedangkan bunga bisa melakukan penyerbukan dengan bantuan lebah.

Berlangganan via Email

Subscribe
Notifikasi
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar