Jenis-jenis Kompor Berdasarkan Bahan Bakarnya

EDUTORIAL.ID
jenis jenis kompor
jenis jenis kompor

Kompor adalah alat dapur yang berfungsi untuk memanaskan alat masak. Kompor digunakan untuk merebus, menggoreng, menumis, mengukus, menyangrai, dan lain sebagainya. Ada beberapa jenis-jenis kompor yang bisa digunakan.

Di rumahmu tentunya ada kompor bukan? Jenis kompor apa yang ada di rumahmu? Apakah kompor gas? Atau kompor listrik? Kompor gas dan kompor listrik adalah adalah kompor yang sering digunakan di rumah tangga sekarang ini. Namun tahukah kamu kalau jenis-jenis kompor itu bukan hanya kompor gas dan kompor listrik saja. Lebih jelasnya, berikut adalah beberapa macam kompor:

Jenis-jenis Kompor

Kompor Gas

kompor gas
sumber gambar: pixabay.com

Jenis kompor yang satu ini tentu kalian semua udah pada tahu bukan? Kompor gas adalah kompor yang menggunakan gas sebagai bahan bakarnya. Kita bisa dengan mudah melihat tabung gas elpiji yang dibawa orang di sekitar kita.

Penggunaan kompor gas cukup ramai karena dulunya pemerintah membagikan kompor dan tabung gas secara gratis kepada warga. Sebelumnya, para warga menggunakan kompor berbahan bakar minyak tanah. Namun karena ketersediaannya semakin langka dan harganya juga mahal. Akhirnya pemerintah mensosialisasikan penggunaan kompor gas kepada masyarakat dan membagikan tabung dan gas elpiji 3 kg secara gratis. Kemudian masyarakat pun menggunakan kompor gas sebagai alat memasak. Tentunya jika kompornya sudah rusak atau jika ingin menambah kompor dan tabung gas, mereka harus membeli sendiri. Hingga saat ini, masih banyak orang yang menggunakan kompor dan tabung gas untuk memasak.

Pada penggunaan kompor gas, tabung gas yang digunakan adalah tabung gas isi ulang. Apabila gas yang ada di dalam tabung habis, kita bisa membeli gas dengan cara menukarkan tabung kosong tersebut dengan tabung yang yang berisi gas elpiji.

Kompor Listrik

kompor listrik
sumber gambar: piqsels.com

Sesuai namanya, kompor ini menggunakan listrik sebagai bahan bakarnya. Pada kompor listrik terdapat lingkaran kawat yang berbentuk seperti obat nyamuk. Cara kerja kompor jenis ini adalah dengan cara mengubah energi listrik menjadi energi panas lalu menghantarkan panas tersebut dari kawat lingkaran ke panci atau wajan.

Kompor Induksi

kompor induksi
sumber gambar: pixels.com

Sebenarnya kompor induksi juga menggunakan listrik sebagai bahan bakarnya. Namun terdapat perbedaan antara kompor listrik dan kompor induksi. Kompor listrik bekerja dengan memanaskan kompor terlebih dahulu lalu mengalirkan panas tersebut ke panci atau wajan sedangkan kompor induksi langsung memanaskan panci atau wajan tanpa memanaskan kompor. Dengan begitu hanya panci atau wajan yang digunakan sajalah yang panas sedangkan kompornya tetap dingin.

Bentuk kompor ini lebih stylish dan modern dibandingkan jenis kompor lainnya. Baik kompor induksi atau kompor listrik sama-sama hanya cocok digunakan pada wajan atau panci yang permukaannya datar dan tidak cekung.

Kompor induksi juga lebih aman karena tidak menghasilkan api. Serta tidak membuat panas ruangan. Bahkan permukaan kompornya juga tidak panas tetapi hanya peralatan memasaknya sajalah yang panas.

Kompor Minyak Tanah

kompor minyak tanah
sumber gambar: wikipedia.org

Sesuai pada pembahasan tentang kompor gas di atas, sebelum orang-orang menggunakan kompor gas kebanyakan mereka menggunakan kompor minyak.

Kompor minyak tanah menggunakaan minyak tanah sebagai bahan bakarnya. Caranya dengan menggunakan sumbu seperti lilin. Seperti halnya lilin, sumbu pada kompor minyak tanah lama-kelamaan akan habis karena terbakar. Setelah sumbunya habis, pemilik harus menggantinya dengan sumbu yang baru. Bedanya sumbu pada kompor minyak tanah bisa bertahan hingga berbulan-bulan sedangkan sungguh pada lilin hanya bisa bertahan beberapa jam saja.

Kompor Kayu atau Tungku

tungku
sumber gambar: wikipedia.org

Apabila kita memasak menggunakan kayu bakar kita bisa menggunakan tungku atau kompor kayu. Tunggu di buat dari tumpukan batu bata atau tanah liat. Ada juga kompor kayu yang berbentuk kompor dari bahan besi atau yang lainnya.

Kompor Surya

kompor surya
sumber gambar: wikipedia.org

Kompor surya adalah kompor yang menggunakan energi surya atau matahari. Kompor ini berbentuk parabola seperti payung. Karena menggunakan sinar matahari, kompor surya hanya bisa digunakan di siang hari dan ditempatkan di tempat yang terkena sinar matahari langsung.

Cara kerja kompor surya adalah dengan memantulkan sinar matahari serta memusatkan pantulan tersebut ke satu titik dan menghasilkan panas serta mengurung panas tersebut. Titik pantulan tersebut berpusat di bagian bawah panci atau wajan yang digunakan untuk memasak. dengan begitu wajan atau panci tersebut akan menjadi panas.

Kompor jenis ini memang paling merepotkan, dan tidak praktis digunakan. Namun kelebihannya, energi atau bahan bakar kompor surya bisa didapatkan secara gratis dan tersedia melimpah di alam.

Kompor Briket

kompor briket 1
sumber gambar pxfuel.com

Kompor briket berbentuk seperti kompor kayu. Bahan bakarnya berupa briket. Briket adalah bahan padat yang bisa digunakan sebagai bahan bakar. briket yang digunakan dapat berbentuk briket batubara, briket arang, briket gambut, briket biomassa.

Itulah beberapa jenis-jenis kompor yang bisa bisa dibedakan berdasarkan bahan bakarnya.


Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Next Post

Contoh Paragraf Persuasi, Baca Yuk Supaya Tahu!

Sebelum mempelajari contoh paragraf persuasi, kita pelajari dulu apa itu paragraf persuasi agar tidak terjadi salah pengertian. Paragraf persuasi adalah paragraf yang berisi ajakan. Tujuan dari paragraf persuasi adalah untuk mengajak atau membujuk para pembacanya untuk melakukan hal atau sesuatu yang diinginkan oleh penulis. Jadi paragraf persuasi berbentuk paragraf bukan […]