Jenis-jenis Surat Berdasarkan Sifat,Wujud, Keamanan, dan Proses Penyelesaiannya

EDUTORIAL.ID
fungsi macam jenis bagian surat
pixabay.com

Jenis-jenis Surat – Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering menjumpai surat dari berbagai jenis. Ada surat lamaran pekerjaan, surat keputusan, surat tugas, dan lain sebagainya. Jenis surat sangatlah banyak karena luasnya aktivitas masyarakat dalam menggunakan surat di berbagai bidang seperti pendidikan, pemerintahan, sosial, dan lain-lain.

Baca juga: Fungsi Surat yang Perlu Kita Ketahui

Surat dapat diklasifikasikan menurut sifat surat, isi surat, wujud surat, keamanan isinya, dan proses penyelesaiannya. Berikut adalah pengelompokan jenis-jenis surat tersebut.

A. Jenis-jenis surat berdasarkan sifat atau isi surat

1. Surat pribadi

Surat pribadi adalah surat yang bersifat pribadi atau surat yang dibuat seseorang untuk kepentingan pribadi. Surat pribadi dulunya ramai digunakan sebelum adanya alat komunikasi canggih seperti email, sms, media sosial, dan aplikasi perpesanan instan. Kini penggunaan surat pribadi pun tetap dilakukan meskipun tidak semarak dahulu.

Surat pribadi dapat digunakan sebagai alat komunikasi untuk bercerita dan mengungkapkan perasaan secara panjang lebar kepada orang-orang terdekat seperti orang tua, anggota keluarga, dan sahabat.

Baca juga: Mengapa Seseorang Menulis Surat Pribadi

Penulisan surat pribadi lebih bebas dan tidak terlalu terikat seperti halnya surat resmi atau surat dinas. Meskipun begitu, penulisan surat pribadi tetaplah harus memperhatikan etika berkomunikasi dan tata bahasa sehingga tidak menimbulkan kesan buruk bagi yang membacanya.

2. Surat dinas pribadi

Surat dinas pribadi bisa juga disebut surat setengah resmi. Surat dinas pribadi adalah surat yang ditujukan kepada suatu instansi atau perusahaan oleh seseorang atau pribadi. Contoh surat dinas pribadi adalah surat lamaran kerja dan surat izin tidak masuk kerja. Saat kamu tidak masuk sekolah, dan orangtuamu mengirimkan surat izin ke pihak sekolah, maka surat tersebut sebenarnya termasuk jenis surat dinas pribadi atau surat setengah resmi.

3. Surat dinas swasta

Surat dinas swasta adalah surat yang dibuat oleh instansi atau perusahaan swasta yang tujukan kepada para karyawan, pelanggan, relasi, atau instansi dan perusahaan lainnya. Surat ini termasuk ke dalam kategori surat resmi. Contoh surat dinas swasta adalah surat undangan rapat untuk para karyawan.

4. Surat niaga

Surat niaga adalah surat yang berisi urusan niaga atau perdagangan yang dibuat oleh perusahaan. Contoh surat niaga adalah: surat penawaran, surat permintaan penawaran, dan surat pesanan barang.

5. Surat dinas pemerintah

Surat dinas pemerintah adalah surat yang berisi urusan administrasi pemerintahan dan dibuat oleh instansi pemerintah. Contoh: surat keputusan.

B. Jenis-jenis surat berdasarkan proses penyelesaiannya

Berdasarkan proses penyelesaiannya, surat diklasifikasikan menjadi 3 yairu surat sangat segera atau surat kilat, surat segera, dan surat biasa.

1. Surat sangat segera atau surat kilat

Surat sangat segera atau surat kilat adalah surat yang harus ditangani secepat mungkin pada kesempatan pertama dan penerima surat harus cepat menanggapi dan menyelesaikannya. Contoh surat sangat segera adalah surat berita musibah.

Baca juga: Penulisan Alamat Surat yang Benar dan Contohnya

2. Surat segera

Surat segera adalah surat harus diselesaikan secepatnya tetapi tidak harus pada kesempatan pertama. Namun surat segera tetap harus segera dikirim agar mendapat tanggapan dan penyelesaian dari penerima surat. Contoh surat segera adalah: surat pengumuman dan surat penawaran.

3. Surat biasa

Surat biasa adalah surat yang penyelesaiannya tidak perlu dilakukan dengan segera karena tidak perlu mendapatkan tanggapan secepatnya dari penerima surat. Contoh surat biasa adalah surat ucapan selamat hari raya.

C. Jenis-jenis surat berdasarkan keamanan isinya

Surat juga dapat dikelompokkan menurut keamanan isi surat. Adapun jenis-jenis surat berdasarkan keamanan isi surat yaitu:

1. Surat sangat rahasia

Surat sangat rahasia hanya digunakan untuk surat atau dokumen yang erat hubungannya dengan keamanan negara. Surat sangat rahasia ditandai dengan SRHS atau SR.

2. Surat rahasia

surat rahasia adalah surat yang isisnya tidak boleh diketahui orang lain. Surat rahasia ditandai dengan RHS atau R.

3. Surat konfidensial

Terkadang dalam praktiknya dibedakan jenis surat rahasia dan surat konfidensial. Surat konfidensial adalah surat yang isinya cukup diketahui oleh pejabat yang bersangkutan.

4. Surat biasa

Surat biasa adalah surat yang tidak mengakibatkan sesuatu yang buruk atau merugikan meskipun isinya diketahui oleh pihak lain.

D. Jenis-jenis surat berdasarkan wujudnya

Dilihat dari wujudnya, surat juga terdiri dari beraneka ragam jenis. Berikut adalah macam-macam surat menurut wujudnya:

Baca juga: Bagian-bagian Surat Resmi Lengkap

1. Kartu pos

Kartu pos adalah surat yang dibuat di atas kertas karton dengan ukuran 15×10 cm.

2. Warkat pos

Warkat pos adalah surat yang dibuat dengan sehelai kertas yang dicetak sedemikian rupa dan dilipat menjadi amplop atau sampul surat. Warkat pos merupakan surat sekaligus amplopnya yang dibuat dengan sehelai kertas. Isi surat ditulis di bagian dalam sehingga tidak terbaca oleh orang lain.

3. Surat bersampul

surat bersampul adalah surat yang menggunakan sampul atau amplop. sampul surat berguna agar surat tidak dibaca orang lain dan supaya lebih sopan karena isinya cukup panjang.

4. Memorandum/nota

Memo adalah surat yang berisi pesan ringkas yang ditulis secara singkat, padat, jelas dan mudah dipahami. Memo dibuat oleh pimpinan atau atasan kepada bawahannya dalam urusan resmi kantor.

5. Telegram

Telegram atau surat kawat adalah surat yang digunakan untuk mengirim berita dalam waktu singkat yang tidak bisa dicapai dengan surat kilat.

6. Surat pengantar

Surat pengantar adalah surat yang dikirim atau disertakan bersama-sama barang dan sebagainya.


Subscribe
Notifikasi
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Next Post

Pengertian dan Contoh Surat Permintaan Penawaran

Pengertian dan Contoh Surat Permintaan Penawaran – Biasanya aktivitas transaksi jual beli diawali dengan permintaan calon pembeli. Apabila jual beli yang dilakukan oleh perusahaan yang mana barang yang perniagakan dalam jumlah banyak, biasanya pemintaan calon pembeli dilakukan dengan mengirimkan surat permintaan penawaran. Daftar Isi Pengertian Surat Permintaan Penawaran Membuat Surat […]
contoh surat permintaan penawaran