Jumlah Spesies Tumbuhan di Indonesia

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang diapit oleh dua benua dan dua samudra. Di dalamnya terdapat kenakeragaman hayati yang sangat kaya. Ada berbagai jenis flora dan fauna yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia. Pertanyaannya, berapa jumlah spesies tumbuhan yang ada di Indonesia?

Berbicara mengenai jumlah spesies tumbuhan di Indonesia, tentu jumlahnya sangat banyak. Namun jumlah secara pastinya tidak diketahui, yang ada hanyalah perkiraan saja. Itupun baru sebagian saja yang teridentifikasi. Angka-angka mengenai jumlah spesies tumbuhan di Indonesia terus berubah-ubah. Bisa jadi itu karena adanya spesies baru yang teridentifikasi maupun adanya spesies yang punah.

Berikut beberapa informasi mengenai jumlah spesies tumbuhan di Indonesia dari berbagai sumber.

Menurut situs Indonesia.go.id dalam artikelnya yang ditulis pada tahun 2018, Indonesia memiliki jenis flora kurang lebih 25.000 jenis atau lebih dari 10% jenis tumbuhan yang ada di seluruh dunia. Tidak kurang dari 40% lumut dan ganggang merupakan jenis endemik atau jenis tumbuhan asli yang cuma ada di Indonesia, dengan total jumlah marga endemik di Indonesia 202 jenis, 59 di antaranya telah tersebar di wilayah Kalimantan.

Menurut situs LIPI.go.id dalam artikelnya yang ditulis tahun 2015, keanekaragaman spesies flora sudah tercatat ada 1500 spesies algae, tumbuhan berspora yang terdiri dari 80.000 spesies jamur, 595 spesies lumut, 2.197 spesies paku‐pakuan, 30.000 40.000 spesies tumbuhan berbiji. Kekayaan spesies flora Indonesia merupakan 15.5 persen dari total jumlah flora di dunia.

Itulah infomasi mengenai jumlah spesies tumbuhan yang ada di Indonesia. Jumlah spesies tumbuhan tersebut mungkin kini sudah berubah seiring berjalannya waktu.

Sumber:
Anugerah dari Hutan Indonesia, indonesia.go.id, diakses tanggal 28 Maret 2021
Catatan Akhir Tahun: Indonesia Masih Menjadi Surga Penemuan Spesies Baru, lipi.go.id, diakses tanggal 28 Maret 2021

CLOSE ADS
CLOSE ADS
Subscribe
Notifikasi
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar