Jurusan Kuliah yang Jarang Diminati tetapi Dibutuhkan

Jurusan kuliah sangat banyak macamnya. Hampir setiap bidang keilmuan, cabang bidang keilmuan, dan bidang keterampilan memiliki jurusannya tersendiri di pendidikan tinggi. Namun, peminat jurusan-jurusan kuliah tidak tersebar merata ke semua jurusan. Ada jurusan kuliah yang banyak diminati, dan ada pula jurusan kuliah yang jarang diminati.

Jarang diminati bukan berarti tidak dibutuhkan. Justru dengan sepinya peminat, persaingan di jurusan kuliah tersebut lebih rendah. Baik itu persaingan memasuki jurusan, maupun persaingan di dunia kerja setelah lulus.

Berikut adalah beberapa jurusan kuliah yang jarang diminati tetapi dibutuhkan:

1. Ilmu Perpustakaan

Ilmu perpustakaan adalah salah satu jurusan yang ditawarkan di perguruan-perguruan tinggi baik dalam bentuk s1 maupun d3. Bahkan ada juga S2 ilmu perpustakaan.

Ilmu perpustakaan merupakan salah satu jurusan yang jarang diminati. Padahal, para lulusan ilmu perpustakaan sangat dibutuhkan di dunia kerja. Hal itu bisa dilihat dari banyaknya perpustakaan yang tersebar di seluruh daerah. Baik itu perpustakaan nasional, perpusakaan daerah, perpustakaan kampus, perpustakaan sekolah, pepustakaan pesantren, ataupun perpustakaan swasta. Sudah barang tentu, perpustakaan-perpustakaan tersebut memutuhkan tenaga ahli yang bisa mengelola perpustakaan yakni lulusan ilmu perpustakaan.

Namun sayangnya, meski dibutuhkan di dunia kerja, jurusan ilmu perpustakaan cukup sepi peminatnya. Bisa jadi, itu disebabkan karena bekerja di perpustakaan dianggap sebagai pekerjaan yang membosankan sehingga jarang diminati generasi muda.

2. Pertanian dan Peternakan

Sudah jamak diketahui kalau Indonesia adalah negara agraris. Selain itu, di sekolah kita diajarkan bahwa makanan adalah kebutuhan pokok dan makan adalah salah satu ciri makhluk hidup. Dari situ, kita bisa tahu kalau pekerjaan di bidang pertanian dan peternakan sangat dibutuhkan demi kelangsungan hidup manusia.

Baca Juga:  Prospek Kerja Kesehatan Lingkungan

Bukan cuma untuk memenuhi kebutuhan pangan, bekerja di bidang pertanian dan peternakan juga juga dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan sandang dan papan. Sayangnya, jurusan pertanian dan peternakan di perguruan tinggi termasuk jurusan yang jarang diminati.

3. Ekonomi Syari’ah dan Perbankan Syari’ah

Sebenarnya kalau dibilang sepi peminat, jurusan ekonomi syari’ah dan perbankan syari’ah banyak peminatnya. Lalu kenapa jurusan ini saya masukkan ke dalam daftar? Karena dibandingkan dengan jurusan ekonomi ataupun jurusan perbankan, jurusan ekonomi syari’ah dan jurusan perbankan syari’ah lebih jarang diminati. Banyak orang yang lebih memilih jurusan ekonomi dan perbankan yang biasa dibanding yang syari’ah.

Jurusan ekonomi syari’ah dan perbankan syai’ah sebenarnya sangat dibutuhkan di masyarakat. Saat ini sudah cukup banyak bank serta lembaga keuangan berbasis syariah yang berdiri.

Penduduk Indonesia mayoritas beragama Islam. Jika suatu saat, tiba masanya orang-orang Islam sadar tentang pentingnya melakukan kegiatan ekonomi yang syar’iy. Tentu ini menjadi prospek yang bagus bagi lulusan ekonomi dan perbankan syari’ah. Bahkan bank dan lembaga keuangan syari’ah tidak hanya mengurus aspek muamalah saja, tetapi juga mengurus kewajiban orang Islam seperti zakat dan juga haji dengan membuat program tabungan haji.

4. Kehutanan

Di film-film hutan sering digambarkan sebagai tempat yang mengerikan, angker, dan penuh nuansa mistis. Kalau tidak ketemu hantu, ya ketemu suku kanibal. Mungkin itu gambaran hutan yang sering disajikan dalam film. Mungkin karena itu banyak orang yang takut dengan hutan. Padahal hutan sangat bermanfaat demi kelangsungan hidup manusia di bumi.

Hutan adalah paru-paru dunia karena hutan memiliki banyak pohon yang menghasilkan banyak oksigen. Selain itu hasil hutan juga bisa dimanfaatkan untuk sandang dan papan. Hutan juga merupakan habitat alami bagi beberapa spesies yang terancam punah.

Baca Juga:  Prospek Kerja Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA)

Untuk itu, lulusan kehutanan sangat dibutuhkan untuk menjaga kelestarian hutan dan melindungi hutan dari penyalahgunaan.

5. Perikanan

Selain negara agraris, Indonesia juga merupakan negara maritim. Konon, nenek moyang orang Indonesia adalah para pelaut. Laut sendiri memiliki kekayaan alam yang sangat melimpah yang terdiri dari ikan dan hasil laut lainnya.

Sayangnya, tak jarang kita melihat berita tentang pencurian ikan di wilayah laut Indonesia oleh orang asing. Kita juga kadang menjumpai orang-orang kita yang masih menggunakan cara primitif untuk mendapatkan hasil laut yang melimpah seperti menggunakan sesajen dan lain sebagainya.

Jurusan Perikanan dan semisalnya seperti budidaya perikanan, teknologi hasil perikanan dibutuhkan di negara kita. Sumber daya manusia yang berkualitas di bidang perikanan dibutuhkan demi kemajuan perikanan di Indonesia agar tidak kalah dari negara lain.

6. Ilmu Arkeologi

Pencinta anime One Piece, tentu tahu dengan sosok Nico Robin, arkeolog wanita yang cerdas dan bisa membaca poneglyph. Pekerjaan sebagai arkeolog tidak hanya ada di dunia anime saja, tetapi di dunia nyata juga ada. Mungkin kita jarang mendengar kalau ternyata ada jurusan kuliah ilmu arkeologi. Memang jurusan ini tidak seterkenal jurusan-jurusan lain seperti pendidikan dan kedokteran, padahal di luar negeri jurusan ini sangat diminati.

Indonesia masih memiliki segudang misteri mengenai sejarah di masa lampau. Untuk itu dibutuhkan ahli arkeologi untuk meneliti dan mempelajari itu semua.

7. Pendidikan Luar Biasa

Jurusan pendidikan sebenarnya adalah jurusan yang sangat banyak peminatnya. Bahkan jumlah lulusannya tidak sebanding dengan lapangan kerja yang tersedia. Namun, jurusan pendidikan banyak macamnya, ternyata ada juga jurusan pendidikan yang jarang diminati di antaranya yakni pendidikan luar biasa. Lulusan pendidikan luar biasa dibutuhkan untuk bekerja di lembaga pendidikan yang menampung anak-anak berkebutuhan khusus.

Baca Juga:  Cara Penulisan Footnote Dari Buku yang Benar

Itulah beberapa jurusan kuliah yang jarang diminati tetapi dibutuhkan. Sebenarnya masih banyak jurusan lain yang jarang diminati tetapi dibutuhkan yang tidak ditulis di sini. Hal itu karena saking banyaknya jurusan yang ada di perguruan-perguruan tinggi. Ilmu ninja tenyata ada jurusan kuliahnya lho, teknologi batik juga ada jurusan kuliahnya. Jadi jurusan kuliah itu tidak hanya itu-itu saja yang sering kita dengar.

Subscribe
Notifikasi
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar