Jurusan Kuliah yang Mudah Dapat Kerja

Admin
Jurusan Kuliah yang Mudah Dapat Kerja

Setelah lulus SMA, banyak orang yang memilih melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi. Saat hendak mendaftar di perguruan tinggi, ada jurusan yang bisa dipilih. Beberapa jurusan mempunyai peminat yang sangat banyak dan sebagian lagi sepi peminat. Ada beberapa faktor yang menyebabkan mengapa jurusan tertentu memiliki peminat yang lebih tinggi daripada jurusan lainnya. salah satu alasan mengapa seseorang memilih jurusan tertentu sehingga menyebabkan jurusan tersebut memiliki banyak sekali peminat adalah karena terdapat prospek yang cerah bagi lulusan-lulusannya. Artinya setelah lulus nanti mereka bisa dengan mudah mendapatkan pekerjaan.

Memilih jurusan kuliah memang sebaiknya jangan asal-asalan. Jika Anda asal memilih jurusan, lalu Anda merasa keliru memilih jurusan tersebut suatu saat nanti, Anda akan menyesal karena sudah terlambat atau harus memulai lagi dari awal yakni dari semester 1. Tentu Anda tidak ingin hal itu terjadi bukan? Untuk itu Anda perlu memilih jurusan yang benar-benar cocok atau sesuai dengan diri Anda, jangan asal ikut-ikutan.

Mungkin dalam memilih jurusan Anda juga mempertimbangkan prospeknya di masa depan, apakah bagus atau tidak? Apakah mudah mendapatkan pekerjaan atau tidak. Untuk itu, artikel ini akan membahas tentang beberapa jurusan yang mudah mendapatkan kerja.

Jurusan Kuliah yang Mudah Mendapatkan Pekerjaan

Berikut ini adalah beberapa jurusan kuliah yang mudah mendapatkan pekerjaan:

1. Kedokteran

Sudah banyak yang tahu kalau kedokteran adalah salah satu jurusan yang banyak peminatnya. Jurusan Kedokteran juga memiliki prospek kerja yang cerah dan para lulusannya akan mudah mendapatkan kerja. Lulusan kedokteran bisa menjadi dokter di rumah sakit swasta ataupun pemerintah, Puskesmas, klinik kesehatan, atau membuka praktek sendiri. Dengan demikian sangat mudah sekali lulusan kedokteran mendapatkan pekerjaan. Karena jika mereka tidak bekerja di rumah sakit, mereka masih bisa membuka praktek sendiri. Dan tentunya pekerjaan ini sangat dibutuhkan masyarakat.

2. Akuntansi

Jurusan akuntansi juga merupakan salah satu pekerjaan yang mudah mendapatkan kerja. Lulusan akuntansi dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan. Lulusan akuntansi juga bisa bekerja di lembaga dan instansi pemerintah. Jika Anda suka hitung menghitung, Anda perlu mempertimbangkan untuk memilih berkuliah di jurusan ini.

3. Teknologi Informatika

Di zaman sekarang ini dan masa depan nanti, jurusan Teknologi Informasi adalah salah satu jurusan yang mudah mendapatkan pekerjaan. Karena teknologi informasi tidak terlepaskan dari kehidupan manusia di zaman modern ini. Apalagi di masa yang akan datang, teknologi informasi akan jauh lebih maju lagi.

4. Teknik

Jurusan-jurusan yang ada di fakultas teknik kebanyakan memiliki peluang kerja yang bagus. Baik itu Diploma atau sarjana, lulusan teknik bisa dengan mudah mendapatkan pekerjaan. Indonesia ini adalah negara berkembang, agar menjadi maju negara Indonesia harus terus melakukan pembangunan. Dalam melakukan pembangunan, dibutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas. Untuk itu, dibutuhkan lulusan-lulusan teknik yang memiliki keahlian di bidangnya. Teknik sipil untuk membangun jalan, bangun, jembatan; teknik industri untuk memanajemen berbagai unsur dalam sebuah organisasi atau perusahaan; teknik perminyakan untuk mendapatkan dan mengelola minyak bumi; serta jurusan-jurusan teknik lainnya.

5. Kepolisian

Sebenarnya kuliah di kepolisian tidak bisa dilakukan di sembarang kampus melainkan hanya di sekolah kedinasan saja. Untuk itu, persaingan untuk masuk ke jurusan ini sangatlah ketat. Dan tentunya kuliah di akademi kepolisian memiliki prospek kerja yang bagus karena setelah lulus nanti akan mendapatkan ikatan dinas dan bekerja menjadi polisi. Bagi Anda yang sejak kecil bercita-cita ingin jadi polisi, sudah pasti Anda mempertimbangkan jurusan ini.

5. Tentara

Jika Anda yang memiliki rasa cinta tanah air yang tinggi dan tidak terlalu memperdulikan materi serta memiliki fisik dan kesehatan yang kuat, Anda mungkin mempertimbangkan jurusan ini, belajar di akademi militer memiliki prospek kerja yang bagus karena telah lulus nanti Anda akan menjadi TNI atau Tentara Nasional Indonesia. Namun, untuk menjadi TNI biasanya Anda harus rela berpisah dengan keluarga saat bertugas.

6. Perguruan Tinggi Kedinasan

Pada pembahasan di atas telah dijelaskan mengenai pekerjaan menjadi polisi dan TNI yang mana harus belajar dulu di akademi kepolisian atau akademi militer. Keduanya merupakan perguruan tinggi kedinasan. Namun selain kedua sekolah kedinasan tersebut, masih ada perguruan tinggi kedinasan lain. Jika Anda kuliah di perguruan tinggi kedinasan, tentu Anda akan mudah mendapatkan pekerjaan setelah lulus nanti karena anda akan mendapatkan ikatan dinas dan langsung bekerja. Beberapa sekolah kedinasan meliputi: Sekolah Tinggi Ilmu Statistik, Sekolah Tinggi Akuntansi Negara, Sekolah Tinggi Sandi Negara, dan masih banyak perguruan tinggi kedinasan yang lain. Belajar di perguruan tinggi kedinasan juga terdapat biaya yang gratis. Jika Anda ingin kuliah di perguruan tinggi kedinasan, Anda harus siap bersaing dengan banyaknya orang yang mendaftar di jurusan tersebut. Perguruan tinggi kedinasan memiliki persaingan yang sangat tinggi.

7. Pemasaran

Bagian pemasaran sering kita dapati di iklan-iklan lowongan kerja. Itu artinya jurusan pemasaran memiliki prospek kerja yang cerah. Selalu saja ada perusahaan yang membuka lowongan bagian pemasaran. Untuk apa melakukan produksi jika barang tersebut tidak bisa dipasarkan atau pemasarannya tidak maksimal. Untuk itu diperlukan orang-orang yang ahli di bidang pemasaran.

Demikianlah beberapa jurusan kuliah yang mudah mendapatkan pekerjaan. Anda jangan memilih jurusan hanya dengan mempertimbangkan mudahnya mendapatkan pekerjaan setelah lulus nanti. tetapi anda perlu mempertimbangkan hal-hal lain seperti minat dan bakat Anda. Tidak perlu memaksakan diri jika Anda tidak bisa masuk ke jurusan yang memiliki prospek bagus tersebut. Sekarang semuanya terserah pada Anda.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Simbiosis Komensalisme: Tanaman Tanduk Rusa Menempel pada Pohon-pohonSebagai Tempat Hidupnya

Pernahkah kamu melihat tanaman tanduk rusa? Jika belum coba lihat gambar di bawah ini! sumber gambar: wikipedia Itu adalah gambar tanaman tanduk rusa. Disebut tanduk rusa karen penampilannya memang mirip tanduk rusa. Kalau dilihat-lihat tanaman tanduk rusa itu hidup dengan menumpang di pohon lain. Jangan-jangan tanaman itu merupakan parasit yang merugikan […]