kegiatan yang menggunakan sumber energi panas

Kegiatan yang Menggunakan Sumber Energi Panas

Kegiatan yang Menggunakan Sumber Energi Panas – Dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak terlepas dari yang namanya energi. Kita selalu menggunakan energi baik itu energi panas, energi cahaya, energi kinetik, energi kimia, dan lain-lain.

Salah satu energi yang kita gunakan sehari-hari yaitu energi panas. Energi panas adalah energi termal yang berpindah dari suhu tinggi ke suhu yang rendah. Jadi panas akan berpindah ke ke suhu yang lebih rendah sehingga suhu yang lebih rendah tersebut menjadi naik dan suhu yang tadinya panas menjadi turun tingkat suhunya.

Berikut adalah contoh kegiatan yang menggunakan sumber energi panas:

Menjemur pakaian

Kegiatan ini sering kita lakukan setelah mencuci pakaian. Kita biasa mengeringkan pakaian dengan cara menjemurnya. Menjemur pakaian memanfaatkan energi panas matahari untuk menguapkan air yang ada di pakaian tersebut sehingga jika airnya terangkat menjadi uap air, pakaiannya pun menjadi kering.

Kegiatan menjemur lainnya seperti menjemur kasur, menjemur makanan, atau menjemur benda-benda lain juga memanfaatkan energi panas.

Memasak

Memasak juga merupakan salah satu kegiatan yang menggunakan energi panas. Energi panas yang digunakan berasal dari gas atau listrik tergantung alat masak apa yang digunakan. Jika kita memasak menggunakan kompor gas, energi panas yang kita gunakan berasal dari gas elpiji.

Energi panas yang digunakan berupa api yang bisa memanaskan wajan, panci, dan peralatan masak yang lain. Dengan energi panas tersebut kita bisa mendidihkan air, memanaskan minyak goreng, memanggang makanan, mematangkan makanan, dan lain sebagainya.

Menyetrika

Kegiatan menyetrika juga menggunakan energi panas. energi panas yang kita gunakan saat menyetrika berasal dari listrik. Kegiatan menyetrika membuat pakaian menjadi lebih rapi.

Perapian

Kegiatan satu ini mungkin tidak umum dilakukan di Indonesia. Biasanya di negara-negara Eropa terdapat tungku perapian di dalam rumah. Perapian yang berupa tunggu atau api unggun dengan bahan bakar kayu digunakan untuk menghangatkan ruangan karena kondisi alam di sana yang dingin.

Sebenarnya di Indonesia juga banyak yang menggunakan tungku atau perapian. Namun tunggu di Indonesia biasanya digunakan untuk memasak.

Memanaskan air

Ada alat khusus untuk memanaskan air yang akan digunakan untuk mandi. Pemanasan air dengan alat pemanas air memanfaatkan energi panas yang berfungsi untuk memanaskan air. Selain itu untuk memanaskan air minum kita juga bisa menggunakan dispenser.

Pembuatan garam

Kegiatan satu ini bukankah kegiatan sehari-hari yang dilakukan umumnya orang. Kegiatan membuat garam biasanya dilakukan oleh petani garam. Membuat garam memanfaatkan energi panas matahari untuk menguapkan air sehingga airnya terangkat ke atas menjadi uap air dan menyisakan kristal-kristal garam.

Itulah beberapa contoh kegiatan yang menggunakan sumber energi panas. Jadi, contoh kegiatan yang menggunakan energi panas yaitu: memasak, memanaskan air, menjemur, menyetrika, membuat perapian, dan pembuatan garam. Semoga membantu.

Berlangganan via Email

Subscribe
Notifikasi
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar