kelebihan dan kekurangan media cetak

Kelebihan dan Kekurangan Media Cetak

Beranda » Teknologi Informasi dan Komunikasi » Kelebihan dan Kekurangan Media Cetak

Media cetak hingga kini masih eksis di tengah merebaknya media-media online. Media cetak seperti koran dan majalah memiliki segmennya sendiri.

Media cetak kini juga menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman, yakni dengan bertransformasi menjadi ePaper sehingga bisa dinikmati melalui perangkat elektronik.

Media cetak mempunyai kelebihan dan kekurangan jika dibandingkan dengan media lainnya khususnya media online. Berikut di antaranya:

Kelebihan media cetak:

1. Konten lebih berkualitas

Akhir-akhir ini kualitas konten media online semakin rendah. Hal itu dapat dilihat dari munculnya berita-berita clickbait. Judul berita media online banyak yang terlalu bombastis dan isinya tidak seheboh judulnya. Perihal itu tidak terjadi pada media cetak, sehingga ini menjadi kelebihan media cetak dibandingkan dengan media online.

2. Iklan tidak mengganggu

Banyak media online yang halamannya penuh dengan iklan. Ada iklan video yang diputar secara otomatis, ada iklan banner yang menutupi konten, ada juga iklan animasi yang berisi gambar vulgar dan membuat tidak nyaman. Yang lebih parah, jika iklannya itu berupa iklan pop-up yang muncul di jendela baru secara otomatis.

Berbeda dengan media online, iklan di media cetak tidak terlalu mengganggu. Bahkan di media cetak, terdapat iklan baris yang sangat informatif dan dicari-cari oleh pembaca.

Baca Juga :  Teks Editorial (Tajuk Rencana) dan Pembahasannya

3. Tidak ada paginasi yang berlebihan

Banyak media berita online yang dalam menyampaikan berita harus membagi sebuah konten menjadi beberapa halaman. Kita bisa melihat di bagian bawah berita ada nomor 1 2 3 yang harus diklik agar bisa membaca kelanjutan tulisan. Padahal isi beritanya tidak terlalu panjang.

Berbeda dengan media online, kita bisa membaca media cetak secara full dan tidak dibagi-bagi menjadi beberapa halaman. Memang di halaman pertama biasanya ada berita yang bersambung di halaman lain. Akan tetapi isi berita bersambung tersebut memang cukup panjang, dan hanya bersambung satu kali saja.

4. Harga yang Murah

Memang jika kita ingin membaca media cetak, kita perlu membelinya. Namun harga media cetak khususnya koran tidaklah mahal. Hanya dengan merogoh kocek beberapa ribu saja, kita sudah bisa membeli koran.

Kalau dipikir-pikir, meskipun berita media online bisa dibaca secara gratis tetapi kita memerlukan koneksi internet dan juga sumber daya listrik. Dan untuk mendapatkannya juga harus memakai uang. Kita juga tidak bisa membaca media online jika kita tidak punya perangkat untuk membacanya.

5. Lebih kredibel

Berita bisa dengan mudah diproduksi secara online oleh siapapun. Akibatnya, berita hoax bisa dengan mudah muncul dan menyebar.

Berita media cetak biasanya lebih terpercaya karena dibuat oleh wartawan profesional serta diproduksi oleh koran yang sudah dikenal namanya.

Kekurangan media cetak

1. Tidak interaktif

Konten media cetak tidak interaktif. Tidak ada kolom komentar bagi para pembacanya. Lain halnya dengan media online, media online biasanya menyediakan kolom komentar agar pembacanya bisa memberikan tanggapan untuk berita yang mereka baca.

Memang media cetak mempunyai rubrik surat pembaca, dan menerima kritik saran. Namun interaksi antara pembaca dan redaksi tidak bisa se-instan media online.

Baca Juga :  Mengapa Biaya Pemasangan Iklan Baris yang Dimuat pada Surat Kabar Biayanya Lebih Murah?

2. Tidak ada konten video dan audio

Konten media cetak hanya berupa gambar dan tulisan saja. Sedangkan konten media online bisa berupa gambar, tulisan, audio, dan video.

3. Tidak bisa real time

Berita yang didistribusikan lewat media cetak, tidak bisa secara langsung disampaikan. Hal itu karena berita media cetak harus dicetak terlebih dahulu lalu didistribusikan secara manual.

Berita media online biasanya lebih aktual. Bahkan media online bisa melakukan siaran langsung untuk menyampaikan berita breaking news.

4. Biaya produksi lebih mahal

biaya produksi berita lewat media cetak lebih mahal karena harus menggunakan kertas, tinta, serta didistribusikan secara manual.

5. Menyisakan sampah

Berita media cetak menggunakan kertas sebagai mediumnya. Padahal berita itu diproduksi setiap hari. Bahkan ada koran yang terbit beberapa edisi dalam sehari. Hal itu menyisakan sampah kertas yang cukup banyak. Memang, koran bekas biasanya masih digunakan untuk bungkus makanan atau alas duduk. Namun pada akhirnya akan menjadi sampah juga.

6. Tidak ada ruang untuk citizen journalism

Meskipun banyak berita hoax bertebaran di internet akibat mudahnya membuat berita secara online. Namun adakalanya berita yang disampaikan oleh warga biasa ternyata lebih sahih dan terperinci dibandingkan dengan berita dari media mainstream. Hal itu bisa jadi karena berita dibuat oleh saksi atau korban secara langsung.

Subscribe
Notifikasi
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar