kemampuan makhluk hidup untuk menanggapi rangsang disebut

Kemampuan Makhluk Hidup Untuk Menanggapi Rangsang Disebut dengan Iritabilitas

Salah satu ciri makhluk hidup adalah peka dan mampu menanggapi rangsang. Kemampuan makhluk hidup untuk menanggapi rangsang disebut dengan iritabilitas. Contohnya manusia akan berkedip jika terkena cahaya yang menyilaukan, kucing akan lari jika terkena air, daun putri malu akan menutup jika disentuh, dan lain sebagainya.

Hewan mempunyai sistem saraf untuk menanggapi rangsangan sementara tumbuhan tidak. Rangsangan bisa disebabkan oleh faktor-faktor yang ada di luar tubuh.

Gerakan pada tumbuhan dapat disebabkan oleh rangsangan zat kimia, gravitasi bumi, cahaya, air, dan sentuhan. Contohnya akar tumbuhan akan tumbuh menuju arah sumber air, batang tumbuhan tumbuh ke arah sinar matahari, daun putri malu akan menutup apabila disentuh, dan lain sebagainya.

Karena iritabilitas merupakan salah satu ciri makhluk hidup, maka iritabilitas dapat membedakan makhluk hidup dengan benda mati. Iritabilitas tidak terjadi pada benda mati seperti air, tanah, dan udara. Selain itu apabila makhluk hidup sudah mati, maka makhluk hidup tersebut juga tidak lagi mempunyai iritabilitas.

Demikianlah pembahasan tentang “kemampuan makhluk hidup untuk menanggapi rangsang disebut dengan iritabilitas”. Semoga bermanfaat.

referensi: ebook.banyuwangikab.go.id

Berlangganan via Email

Subscribe
Notifikasi
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar