Klasifikasi Tulang Berdasarkan Bentuk dan Ukuran

EDUTORIAL.ID
klasifikasi tulang berdasarkan bentuk dan ukuran
sumber gambar: pixabay.com

Klasifikasi tulang berdasarkan bentuk dan ukuran dibagi menjadi lima jenis yaitu: tulang panjang, tulang pendek, tulang pipih, tulang sesamoid, dan tulang tidak beraturan. Berikut adalah pemaparan kelima jenis tulang tersebut.

Tulang Panjang

Tulang panjang cirinya yaitu berbentuk batang yang berukuran panjang dan dengan bonggol bundar di setiap ujung poros. Tulang panjang sebagian besar terdiri dari tulang kompak dengan jumlah sumsum yang lebih sedikit yang terletak di dalam rongga meduler dan daerah-daerah tulang yang kenyal/spons di ujung tulang.

Sebagian besar tulang anggota badan termasuk tulang jari tangan dan kaki berupa tulang panjang kecuali delapan tulang karpal di pergelangan tangan, tujuh tulang tarsal di pergelangan kaki dan tulang sesamoid tempurung lutut.

Tulang Pendek

Tulang pendek ciri-cirinya berbentuk kubus dan hanya mempunyai lapisan tipis tulang kompak yang mengelilingi bagian dalam tulang yang kenyal. Tulang pendek contohnya yaitu tulang pergelangan tangan dan pergelangan kaki.

Tulang Pipih

Tulang pipih berbentuk tipis dan biasanya melengkung dengan dua lapisan tulang kompak yang menempel di atas lapisan tulang spons. Contoh tulang pipih yaitu sebagian besar tulang tengkorak dan tulang dada.

Tulang Sesamoid

Tulang sesamoid adalah tulang yang tertanam di tendon. Karena tulang sesamoid bertindak untuk menahan tendon lebih jauh dari sendi, sudut tendon meningkat dan dengan demikian pengungkitan otot meningkat. Contoh tulang sesamoid adalah patela dan pisiformis.

Tulang Tidak Beraturan

Tulang tidak beraturan tidak masuk dalam kategori tulang panjang, tulang pendek tulang sesamoid. Tulang tidak beraturan terdiri dari lapisan tipis tulang kompak yang mengelilingi bagian dalam yang seperti spons.

Sebagaimana namanya, bentuk tulang ini tidak beraturan dan rumit. Biasanya hal itu disebabkan oleh banyaknya pusat osifikasi atau karena mengandung sinus tulang.

Contoh tulang tidak beraturan yaitu tulang-tulang yang ada pada tulang belakang ,panggul, dan beberapa tulang tengkorak.

Demikianlah postingan tentang klasifikasi tulang berdasarkan bentuk dan ukuran. Kesimpulannya berdasarkan bentuk dan ukurannya tulang di klasifikasikan menjadi 5 jenis yaitu: tulang panjang, tulang pendek, tulang pipih, tulang sesamoid dan tulang tidak beraturan.

Sumber: https://en.m.wikipedia.org/wiki/Bone


Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Next Post

Perbedaan antara Suksesi Primer dan Suksesi Sekunder

Sebelum membahas perbedaan antara suksesi primer dan suksesi sekunder, kita pelajari dulu apa itu suksesi. Suksesi adalah proses perubahan suatu ekosistem yang terjadi dalam kurun waktu tertentu untuk membentuk ekosistem yang lebih teratur dan seimbang. Ekosistem yang stabil tidak terbentuk begitu saja tetapi ekosistem tersebut terbentuk dengan suatu proses yang […]
perbedaan antara suksesi primer dan suksesi sekunder