Kondisi geografis negara-negara ASEAN

Admin
Tahukah Anda di benua mana negara kita berada? Yup betul negara kita berada di benua Asia. Lebih tepatnya negara kita berada di benua Asia bagian Tenggara. Selain Indonesia,  ada juga negara-negara lainnya yang berada di kawasan Asia Tenggara Contohnya seperti negara Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, dan yang lainnya. Negara-negara yang berada di kawasan Asia Tenggara memiliki sebuah organisasi geo-politik dan ekonomi yang disebut dengan ASEAN.  negara-negara anggota ASEAN yaitu Filipina, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, dan Kamboja.

indonesia, gunung berapi
sumber gambar: pixabay.com

Geografi Asia Tenggara dapat dikelompokkan menjadi dua yaitu Daratan dan kepulauan. Negara-negara Asia Tenggara yang berada di daratan yaitu Myanmar, Kamboja, Laos, Thailand, dan Vietnam; sedangkan Negara-negara Asia Tenggara yang berada di Kepulauan yaitu Brunei Darussalam, Filipina, Indonesia, Malaysia, dan Singapura. Bagaimana kondisi geografis masing-masing negara ASEAN? Untuk mengetahuinya tetaplah membaca postingan ini sampai selesai.

Berikut adalah kondisi geografis negara-negara ASEAN:

Indonesia Indonesia memiliki 17.504 pulau besar dan kecil Dan sekitar 6 ribu diantaranya tidak berpenghuni. Indonesia berada di koordinat 66°LU-11°LS dan 95°BT-141°BT Serta terletak di antara dua benua yaitu benua Asia dan Australia Serta berada di antara dua samudra yaitu samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Indonesia dilalui oleh garis khatulistiwa dan memiliki iklim tropis.
Malaysia Malaysia terdiri dari dua kawasan utama yang dipisahkan oleh Laut Cina Selatan. Dua kawasan tersebut memilik bentuk muka bumi yang hampir sama yaitu dari pantai yang landai sampai hutan lebat dan bukit yang tinggi. Iklim lokal Malaysia yaitu Khatulistiwa dengan ciri angin muson barat daya (April hingga Oktober) dan timur laut (Oktober hingga Februari).
Singapura Singapura mempunyai 63 pulau termasuk Daratan Singapura. Singapura memiliki banyak proyek reklamasi tanah Sehingga luas daratan nya semakin bertambah. Tanah reklamasi tersebut diperoleh dari bukit, dasar laut, dan negara tetangga. proyek reklamasi tersebut mengharuskan menggabungkan pulau-pulau kecil sehingga membentuk pulau yang lebih besar dan berguna, Contohnya seperti pulau Jurong.
Brunei Darussalam Brunei terdiri atas dua bagian yang tidak berkaitan. 97% penduduknya tinggal di bagian barat yang lebih besar Sedangkan sisanya sekitar 10000 orang tinggal di daerah Temburong, yaitu bagian timur yang bergunung-gunung. Brunei memiliki iklim tropis khatulistiwa Suhu dan kelembaban nya tinggi Pertama sinar matahari dan hujan lebat sepanjang tahun.
Vietnam Topografi Vietnam terdiri dari bukit-bukit dan gunung-gunung berhutan lebat, dengan dataran rendah Yang tidak lebih dari 20%. Vietnam mempunyai iklim monsoon (hujan lebat) tropis, dengan kelembaban rata-rata 84% sepanjang tahun. Namun, karena terdapat perbedaan pada garis lintang dan keanekaragaman topografi, iklimnya cenderung sangat bervariasi dari satu tempat ke tempat lainnya.
Kamboja Kamboja memiliki luas 181.035 km2. Berbatasan dengan Thailand di barat dan utara, Laos di timurlaut serta Vietnam di timur dan tenggara. Kenampakan geografis yang menarik di Kamboja yaitu adanya dataran lacustrine yang terbentuk akibat banjir di Tonle Sap.
Laos Laos adalah negara yang tidak mempunyai wilayah perairan laut. Namun Laos memiliki lembah sungai yang subur yaitu lembah Sungai Mekong, sehingga banyak menghasilkan tanaman pertanian dan perkebunan, terutama padi, pisang, kopi, jagung dan tembakau. Wilayah Laos juga mempunyai sumber-sumber tambang mineral, seperti timah, tembaga, emas, dan perak. Wilayah Laos didominasi perbukitan dan pegunungan yang tertutup hutan lebat.
Myanmar Terdapat banyak pegunungan di Myanmar, seperti Rakhine Yoma, Bago Yoma, Perbukitan Shan dan Perbukitan Tenasserim, memanjang dari utara ke selatan dari Himalaya. Tiga rantai pegunungan membagi 3 sistem sungai di Myanmar: Sungai Irawadi, Salween (Thanlwin), dan Sittaung.
Thailand Terdapat beberapa wilayah geografis yang berbeda. Di sebelah utara, keadaannya bergunung-gunung, dan titik tertingginya berada di Doi Inthanon (2.576 m). Sebelah timur laut terdiri dari Hamparan Khorat, yang dibatasi di timur oleh sungai Mekong. Wilayah tengah negara didominasi lembah sungai Chao Phraya yang hampir seluruhnya datar, dan mengalir ke Teluk Thailand. Di sebelah selatan terdapat Tanah Genting Kra yang melebar ke Semenanjung Melayu.
Filipina Filipina adalah kelompok atau gugus pulau-pulau yang berjajar di lepas pantai Indochina, membentuk batas timur laut bagi Malaysia. Kepulauan tropis ini, berbatasan dengan Laut Cina Selatan di sebelah Barat, Samudra Pasifik di sebelah Timur, Laut Sulawesi dan Laut Sulu di Selatan. Negara Filipina terdiri dari 7107 pulau, berpola rumit, terbenteng lebih dari jarak 1.800 km dari Selatan ke Utara.

Terimakasih Anda sudah membaca postingan tentang “Kondisi Geografis Negara-negara ASEAN”. Baca juga postingan-postingan yang lainnya ya Readers!.

Sumber: Wikipedia
Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Organ Pernapasan pada Manusia dan Fungsinya

Setiap manusia dan makhluk hidup lainnya perlu bernapas agar tetap hidup.  Tahukah Anda dengan apa kita bernapas?  Dengan  hidung? Dengan paru-paru? Ya,  manusia memang bernafas dengan hidung  dan juga paru-paru.  Namun bukan hanya hidung dan paru-paru saja,  manusia juga membutuhkan organ-organ lain untuk bernapas.  Oksigen yang kita hirup melalui hidung […]