Macam-macam Alur

Admin
Read Time1 Minute, 6 Seconds

Alur adalah rangkaian kejadian yang terdapat dalam sebuah karya sastra. Alur bisa dibuat dengan jalinan waktu dan hubungan sebab akibat. Alur adalah rangkaian kejadian yang direka dan dijalin sedemikian rupa sehingga menggerakkan jalan cerita, dari awal, tengah, hingga mencapai klimaks dan akhir cerita.

Ada beberapa cara untuk menyusun alur cerita. Biasanya dibagi menjadi dua cara. Pertama, cara kronologis, yaitu merangkai kejadian demi kejadian dari pertama sampai akhir menurut urutan waktu. Kedua, cara flashback, yaitu menceritakan kembali peristiwa masa lampau di tengah-tengah cerita. Biasanya flashback digunakan ketika pengarang memerlukan latar belakang yang mendalam.

Macam-macam Alur

Alur cerpen bisa dibagi menjadi alur maju (rangkaian peristiwa menceritakan masa depan), alur mundur (rangkaian peristiwa menceritakan masa yang telah lalu), dan alur campuran.

  • Alur maju adalah rangkaian peristiwa yang urutannya sesuai dengan urutan waktu kejadian atau cerita yang bergerak ke depan terus.
  • Alur mundur adalah rangkaian peristiwa yang susunannya tidak sesuai dengan urutan waktu kejadian atau cerita yang bergerak mundur (flashback).
  • Alur campuran adalah campuran antara alur maju dan alur mundur.

Demikianlah macam-macam alur. Jadi alur terdiri dari 3 macam yaitu: alur maju, alur mundur, dan alur campuran.

Referensi:
Kontributor Wikipedia. “Cerita pendek.” Wikipedia, Ensiklopedia Bebas. Wikipedia, Ensiklopedia Bebas, 24 Okt. 2019. Web. 24 Okt. 2019.
Kontributor Wikipedia. “Alur.” Wikipedia, Ensiklopedia Bebas. Wikipedia, Ensiklopedia Bebas, 14 Ags. 2019. Web. 14 Ags. 2019.
https://sumberbelajar.belajar.kemdikbud.go.id/sumberbelajar/tampil/Menulis-Kreatif-Cerpen-2011/konten3.html
0 0
0 %
Happy
0 %
Sad
0 %
Excited
0 %
Angry
0 %
Surprise
Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *