Macam-macam Alur, Ada Berapa dan Apa Saja?

EDUTORIAL.ID

Sebelum membahas macam-macam alur, kita harus tahu apa yang pengertian alur. Alur adalah rangkaian kejadian yang terdapat dalam sebuah karya sastra. Alur bisa dibuat dengan jalinan waktu dan hubungan sebab akibat. Alur adalah rangkaian kejadian yang direka dan dijalin sedemikian rupa sehingga menggerakkan jalan cerita, dari awal, tengah, hingga mencapai klimaks dan akhir cerita.

Ada beberapa cara untuk menyusun alur cerita. Biasanya dibagi menjadi dua cara. Pertama, cara kronologis, yaitu merangkai kejadian demi kejadian dari pertama sampai akhir menurut urutan waktu. Kedua, cara flashback, yaitu menceritakan kembali peristiwa masa lampau di tengah-tengah cerita. Biasanya flashback digunakan ketika pengarang memerlukan latar belakang yang mendalam.

Macam-macam Alur

Alur cerpen bisa dibagi menjadi alur maju (rangkaian peristiwa menceritakan masa depan), alur mundur (rangkaian peristiwa menceritakan masa yang telah lalu), dan alur campuran.

  • Alur maju adalah rangkaian peristiwa yang urutannya sesuai dengan urutan waktu kejadian atau cerita yang bergerak ke depan terus.
  • Alur mundur adalah rangkaian peristiwa yang susunannya tidak sesuai dengan urutan waktu kejadian atau cerita yang bergerak mundur (flashback).
  • Alur campuran adalah campuran antara alur maju dan alur mundur.

Demikianlah macam-macam alur. Jadi alur terdiri dari 3 macam yaitu: alur maju, alur mundur, dan alur campuran.

Referensi:
Kontributor Wikipedia. “Cerita pendek.” Wikipedia, Ensiklopedia Bebas. Wikipedia, Ensiklopedia Bebas, 24 Okt. 2019. Web. 24 Okt. 2019.
Kontributor Wikipedia. “Alur.” Wikipedia, Ensiklopedia Bebas. Wikipedia, Ensiklopedia Bebas, 14 Ags. 2019. Web. 14 Ags. 2019.
https://sumberbelajar.belajar.kemdikbud.go.id/sumberbelajar/tampil/Menulis-Kreatif-Cerpen-2011/konten3.html

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Next Post

Mengapa Buaya Sering Mengangakan Mulutnya?

Hai sahabat Edutorial, kembali lagi bersama admin edutorial yang akan memberikan informasi menarik seputar pengetahuan dan pendidikan. Pada sesi Q&A kali ini kita akan menjawab pertanyaan “Mengapa buaya sering mengangakan mulutnya dalam waktu yang lama?” Wah pastinya kalian sering ya menjumpai video atau gambar buaya yang mengangakan mulutnya saat berjemur. […]
buaya sering mengangakan mulutnya dalam waktu yang lama mengapa hal itu di lakukan