Mengapa angka pengangguran di kota-kota besar semakin meningkat?

Kota besar biasanya memiliki pertumbuhan ekonomi yang bagus dan tersedia banyak lapangan kerja. Namun nyatanya, angka pengangguran di kota-kota besar semakin meningkat. Mengapa hal itu terjadi?

Kota besar biasanya menjadi pusat ekonomi dan wilayah tersebut pertumbuhan ekonominya sangat tinggi. Hal itu karena ramainya kegiatan ekonomi dalam berbagai bidang seperti industri, jasa, dan perdagangan. Pertumbuhan ekonomi ini juga didukung dengan infrastruktur yang lengkap dan memudahkan orang-orang yang tinggal di kota tersebut. Itu menjadi daya tarik bagi orang-orang yang tinggal di daerah pedesaan atau daerah terpencil untuk pergi ke kota dengan harapan mendapatkan hasil yang lebih baik.

Kota besar memang banyak menyerap tenaga kerja. Namun ketika jumlah tenaga kerjanya tidak sebanding dengan kesempatan lapangan kerja yang ada, maka yang terjadi adalah munculnya pengangguran. Angka pengangguran ini akan semakin meningkat manakala ketimpangan antara jumlah tenaga kerja dan kesempatan lapangan kerja semakin tinggi.

Angka pengangguran di kota-kota besar semakin meningkat karena populasinya semakin padat sedangkan ketersediaan lapangan kerja yang ada tidak mampu menyerap semua tenaga kerja yang tersedia. Hal ini disebabkan karena tingginya arus urbanisasi dari desa ke kota atau dari kota-kota lain yang lebih kecil ke kota besar.

Penyebab lainnya yaitu karena faktor pendidikan. Banyaknya tenaga kerja yang ada di kota besar kebanyakan adalah orang-orang dengan pendidikan yang rendah. Padahal agar kota tersebut semakin maju, diperlukan sumber daya manusia yang berkualitas. Di kota besar sebetulnya banyak membutuhkan tenaga-tenaga ahli di berbagai bidang sektor formal seperti kesehatan, pendidikan, dan industri. Namun, tenaga kerja yang ada banyak yang belum memenuhi kualifikasi untuk bekerja dalam keahlian tersebut. Akibatnya, banyak pengangguran meskipun tersedia lapangan kerja.

Baca Juga:  Upaya Petani Untuk Meningkatkan Produksi Pertanian Melalui Diversifikasi Adalah

Itulah mengapa angka pengangguran di kota-kota besar semakin meningkat. Yakni, karena semakin banyaknya tenaga kerja yang tidak bisa diserap oleh lapangan kerja karena tingginya arus urbanisasi dan faktor pendidikan.

Subscribe
Notifikasi
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar