Mengapa Hewan Dapat Melayang di Air

Mengapa Hewan Dapat Melayang di Air?

Mengapa hewan dapat melayang di air? Dalam hal ini kami akan menjelaskan mengapa ikan dapat melayang di air?

Jawaban

Ikan memiliki gelembung renang yang berisi gas seperti oksigen dan memiliki tekanan yang berubah-ubah.

Penjelasan

Gelembung renang pada ikan membantu ikan untuk mengapung di dalam air, sehingga ikan tidak harus berenang secara terus menerus untuk mempertahankan posisinya di dalam air. Gelembung renang pada ikan bisa mengembang dan mengempis untuk mengatur volume tubuh ikan yang disesuaikan dengan massa jenis air dalam kedalaman tertentu.

Sesuai hukum archimedes, benda akan tenggelam apabila massa jenisnya lebih besar daripada massa jenis air, benda akan melayang apabila massa jenisnya sama dengan massa jenis air, benda akan terapung apabila massa jenisnya lebih kecil daripada massa jenis air.

Gelembung renang pada ikan bisa mengontrol massa jenis ikan sehingga massa jenis ikan berubah-ubah antara lebih kecil, sama dengan, atau lebih besar daripada zat cair.

Ketika massa jenis ikan lebih besar dari pada massa jenis air, ikan akan tenggelam. Ketika massa jenis ikan netral atau sama dengan massa jenis air, ikan akan melayang. Ketika massa jenis ikan lebih kecil dari pada massa jenis air, ikan akan mengapung.

Sebenarnya tanpa gelembung renang, ikan masih bisa melayang di dalam air dengan menggunakan lebih banyak energi. Kita ambil contoh manusia yang sedang menyelam, manusia meskipun tidak mempunyai gelembung renang tetapi bisa menyelam meskipun tanpa pakaian renang. Namun untuk menyelam atau melayang di dalam air, manusia harus mengeluarkan banyak energi, dan perlu terus bergerak.

Jika ikan menggunakan energi dan terus menerus berenang agar bisa mempertahankan posisinya di dalam air, tentu itu akan melelahkan. Dengan adanya gelembung renang, ikan bisa melayang di dalam air dengan mengeluarkan lebih sedikit energi. Ikan tidak perlu terus berenang untuk mempertahankan posisinya di dalam air.

Gelembung renang bisa ditemukan pada hampir semua jenis ikan. Namun, tidak semua ikan memiliki gelembung renang, ikan hiu dan ikan pari adalah contohnya.

Ikan bertulang rawan, seperti ikan hiu dan ikan pari, tidak memiliki gelembung renang. Beberapa dari mereka bisa mengontrol kedalamannya hanya dengan berenang (menggunakan gaya angkat dinamis ); sedangkan beberapa yang lain menyimpan lemak atau minyak dengan massa jenis yang lebih kecil daripada massa jenis air laut untuk menghasilkan daya apung netral atau mendekati netral, yang tidak berubah seiring kedalaman.

Demikianlah jawaban dan penjelasan mengenai mengapa hewan dapat melayang di air. Dalam kasus ikan, jawabannya adalah karena ikan memiliki gelembung renang yang berisi gas seperti oksigen dan memiliki tekanan yang berubah-ubah.

Referensi:

Berlangganan via Email

Subscribe
Notifikasi
guest
1 Comment
Terlama
Terbaru Paling terpilih
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Mutia Nazmi
Mutia Nazmi
11 Agustus 2020 03:05

Subhanallah

Hosting Unlimited Indonesia