Mengapa Ketika Kita Memakai Pakaian Hitam pada Siang Hari Badan Kita Terasa Panas?

EDUTORIAL.ID
Mengapa ketika kita memakai pakaian hitam pada siang hari badan kita terasa panas
sumber gambar: pixabay.com

Mengapa ketika kita memakai pakaian hitam pada siang hari badan kita terasa panas? Sebenarnya ini masih kontroversial atau masih ada pro dan kontra apakah memakai pakaian hitam pada siang hari badan kita menjadi panas. Buktinya banyak orang-orang di gurun pasir yang justru menggunakan pakaian hitam padahal ada yang mengatakan kalau memakai pakaian hitam pada siang hari akan membuat badan kita panas. Seharusnya mereka orang-orang di gurun pasir merasa kepanasan jika memakai pakaian hitam karena cuaca di sana cukup terik. Namun sepertinya mereka enjoy enjoy saja.

Terlepas dari hal di atas, postingan kali ini akan menjawab pertanyaan mengapa ketika kita memakai pakaian hitam pada siang hari badan kita terasa panas? Kita akan membahas mengapa hal itu bisa terjadi.

Bila kita menggunakan pakaian hitam di siang hari yang terik maka badan kita akan terasa panas. Hal itu karena warna hitam menyerap energi cahaya kemudian energi cahaya tersebut diubah menjadi energi panas sehingga badan kita akan terasa panas. Sedangkan warna putih bisa memantulkan energi cahaya sehingga jika kita memakai pakaian putih di siang hari yang terik maka badan kita akan tetap dingin.

Jadi jelas ya jawabannya adalah karena warna hitam itu menyerap cahaya yang kemudian cahaya tersebut diubah menjadi panas. Selain itu gelap terangnya warna juga mempengaruhi cahaya yang diserap. Warna gelap akan lebih banyak menyerap cahaya daripada warna yang cerah. Jadi sebaiknya kita menggunakan pakaian yang berwarna cerah di siang hari yang terik agar badan kita tetap dingin.

Namun jika kita berada di musim dingin, sebaiknya kita menggunakan pakaian berwarna hitam atau gelap agar cahaya matahari bisa diserap oleh warna hitam yang ada pada pakaian yang kita kenakan lalu energi cahaya tersebut diubah menjadi energi panas sehingga tubuh kita menjadi hangat dan tidak merasa kedinginan.

Demikianlah semoga bermanfaat.


Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Next Post

Perbedaan Antara Leukoplas, Kromoplas, dan Kloroplas

Plastida adalah salah satu organel sel yang terdapat pada sel tumbuhan. Plastida tidak terdapat pada sel hewan. Plastida yang ada di dalam sel tumbuhan memiliki beberapa bentuk. Bentuk-bentuk plastida tersebut di antaranya yaitu leukoplas, kromoplas, dan kloroplas. Perbedaan utama antara leukoplas, kromoplas, dan kloroplas dapat dilihat dari segi warna yang […]
jelaskan perbedaan antara leukoplas kromoplas dan kloroplas