Mengapa Kita Harus Kritis dalam Menerima Berita?

Sebagai warganet, setiap hari kita selalu menjumpai berita yang berseliweran di layar smartphone. Sebetulnya, ini hal yang baik karena kita bisa update dengan informasi yang berkembang di masyarakat. Namun di sisi lain, ada hal negatif yang mengiringi masifnya penyebaran informasi secara daring ini.

5 Alasan Mengapa Kita Harus Kritis dalam Menerima Berita

Nah, bagi kita para warganet, kita harus kritis dalam menerima berita. Kita tidak boleh serta merta menelan mentah-mentah apapun berita yang kita terima. Ingin tahu alasannya? Berikut 5 alasan mengapa kita harus kritis dalam menerima berita.

1. Agar Tidak Termakan Berita Hoax

Di zaman sekarang, siapapun bisa dengan mudah membuat berita dan menyebarkannya. Dampak negatifnya, terdapat bahaya mengintai akibat kemudahan produksi dan distribusi informasi ini, yakni munculnya berita hoax atau berita bohong.

Maka, sebagai konsumen berita, kita harus bersikap kritis dalam menerima berita. Kita perlu melakukan cek dan ricek untuk mengetahui kebenaran suatu berita. Selain itu, kita bisa membaca berita dari berbagai sumber untuk menguji kebenaran berita tersebut.

2. Agar Tidak Tertipu dengan Judul

Media sebagai produsen berita tentu ingin beritanya dibaca oleh masyarakat. Namun sayangnya, tak jarang mereka membuat judul clickbait agar bisa menggaet lebih banyak pembaca.

Sebetulnya, membuat judul yang menarik untuk diklik adalah hal yang wajar. Namun akan menjadi masalah jika judul tersebut menipu pembacanya atau tidak mewakili isi beritanya. Misalnya, pada judul terdapat nama orang terkenal yang dikabarkan meninggal. Setelah dicek, ternyata yang meninggal adalah orang lain yang kebetulan namanya sama.

Kita sebagai masyarakat, harus membudayakan membaca termasuk membaca isi berita. Kita tidak boleh buru-buru menyimpulkan hanya dengan membaca judul.

Meskipun, kesalahan mungkin juga berasal dari pembuat berita. Namun, alangkah baiknya jika kita sebagai pembacalah yang harus cerdas. Kita perlu membaca berita seutuhnya bukan hanya judul.

3. Agar Tidak Termakan Propaganda

Tak jarang, berita dibuat sebagai alat propaganda oleh pihak-pihak tertentu. Mereka ingin menggiring opini masyarakat atau menggerakkan masyarakat sesuai keinginan mereka. Kita sebagai pembaca harus kritis supaya tidak mudah terpengaruh dan dimanfaatkan orang lain.

4. Agar Tidak Salah Paham

Teks berita sebetulnya sudah ditulis secara lugas, pendek, dan mudah dipahami. Akan tetapi, jika kurang teliti, pembaca bisa saja salah dalam memahami sebuah berita. Terlebih lagi, jika berita dibaca setengah-setengah atau meloncat-loncat. Sikap kritis akan membantu kita supaya lebih jeli dalam membaca suatu berita.

5. Agar Menjadi Warganet yang Berkualitas

Dengan sikap kritis, kita akan menjadi warganet yang lebih berkualitas. Selain tidak termakan berita hoax, opini atau komentar yang kita hasilkan untuk menanggapi suatu berita pun bisa lebih berbobot dan bermanfaat bagi orang lain.

Itu dia beberapa alasan mengapa kita harus kritis dalam menerima berita. Untuk itu, mari kita aplikasikan sikap ini dalam kehidupan sehari-hari.

Subscribe
Notifikasi
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar