,

Mengapa Kita Harus Memberikan Pendapat saat Musyawarah?

Musyawarah dilakukan dalam rangka menghasilkan sebuah keputusan yang bisa diterima semua pihak. Jika kita ikut serta dalam sebuah musyawarah, sudah seharusnya kita memberikan pendapat dalam musyawarah tersebut. Mengapa kita harus memberikan pendapat saat musyawarah?

Kita perlu mengemukakan pendapat kita dalam musyawarah agar bisa dihasilkan keputusan yang terbaik dan bisa diterima semua pihak.

Jika pendapat kita berkualitas, tentu orang lain akan banyak yang setuju dan akhirnya bisa dijadikan keputusan final.

Jika pendapat kita kurang bagus, maka pendapat kita akan dievaluasi oleh orang lain dan digantikan dengan pendapat lain yang lebih baik. Dan saling sanggah menyanggah itu akan mengantarkan pada pembicaraan yang bermutu karena menghasilkan gagasan-gagasan baru, hingga keputusan terakhirnya diambil dari pendapat mana yang paling baik dan bisa diterima semua pihak.

Jika pendapat kita sama dengan pendapat orang lain, kita bisa mengemukakan mengatakan, “saya sependapat dengan saudara ….”.

Jika kita sudah mengemukakan pendapat dalam suatu musyawarah, tentu kita akan lebih lepas dan lega serta tidak menggerutu ketika musyawarah sudah berakhir. Itu karena jikapun pendapat kita tidak disetujui, kita sudah tahu akan kelemahan-kelemahan pendapat kita dan ada pendapat yang lebih baik. Sementara jika pendapat kita yang dijadikan keputusan, itu artinya kita sudah membuat perubahan besar yang lebih baik.

Untuk itu, kita harus memberikan pendapat saat musyawarah. Jangan diem-diem bae.

Baca Juga :  Bagaimana Menjaga Komitmen Persatuan
Subscribe
Notifikasi
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Previous

Contoh Populasi dan Sampel dalam Kehidupan Sehari-hari

Mengapa tumbuhan hijau berperan sebagai produsen dalam suatu rantai makanan?

Next