Mengapa kita perlu melestarikan hewan langka

Terjadinya kelangkaan merupakan fenomena yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Kelangkaan dapat terjadi pada berbagai hal, baik itu barang dan jasa, maupun flora dan fauna.

Kehilangan dan kelangkaan suatu spesies hewan dapat terjadi secara alami tanpa campur tangan manusia. Hewan yang hidup di alam harus menghadapi seleksi alam agar bisa tetap hidup. Dan hewan yang tidak lolos seleksi akan punah. Di samping itu, kepunahan hewan juga dapat dipicu oleh bencana alam yang menyebabkan kematian massal.

Namun, apakah kita perlu menjaga keberlangsungan hewan-hewan yang langka? Jawabannya adalah sangat penting. Lalu, mengapa kita harus mempertahankan keberadaan hewan-hewan yang langka?

Meskipun punahnya suatu spesies bisa terjadi secara alami, namun kenyataannya banyak hewan yang langka atau punah disebabkan oleh intervensi manusia. Selain itu, peran manusia juga mempercepat kepunahan hewan-hewan yang seharusnya membutuhkan waktu yang sangat lama jika terjadi secara alami.

Ada beberapa alasan yang mendasari perlunya kita menjaga keberlangsungan hewan-hewan langka. Terdapat keuntungan yang signifikan dalam menjaga keberadaan mereka, sementara kehilangan mereka akan berdampak merugikan. Berikut adalah beberapa alasan mengapa kita perlu mempertahankan hewan-hewan langka:

Menjaga keseimbangan ekosistem

Hewan, tumbuhan, dan benda mati pada suatu ekosistem saling berinteraksi. Hewan bisa berperan sebagai konsumen tingkat pertama, konsumen tingkat kedua, ketiga, dan seterusnya. Jika suatu hewan menjadi langka atau punah, itu akan berimbas pada populasi hewan lain yang bisa juga ikut langka atau justru meningkat. Hal itu menyebabkan tidak stabilnya ekosistem, yang merugikan.

Pada akhir tahun 2019 yang lalu, banyak terjadi kemunculan ular kobra di pemukiman di beberapa daerah di pulau Jawa. Ledakan populasi ular kobra tersebut didukung oleh minimnya predator alami ular atau telur ular kobra. Meskipun faktor kemarau panjang disebut-sebut sebagai penyebab ledakan populasi ular tersebut.

Baca Juga:  Nama-nama Bunga beserta Gambar dan Keterangannya

Peristiwa itu bisa kita jadikan pelajaran mengapa kita perlu melestarikan predator alami ular atau telur ular kobra yang sudah langka. Predator ular kobra seperti biawak air, garangan, dan elang perlu dilestarikan untuk menjaga populasi ular kobra agar tidak membludak.

Selain sebagai konsumen, hewan juga bisa berperan membantu penyerbukan tanaman, membantu penyebaran biji, dan lain sebagainya.

Agar bisa disaksikan generasi mendatang

Jika gajah sudah punah sejak dulu, kita mungkin akan berpikiran kalau keberadaan gajah cuma mitos. Kita akan berpikir mana ada hewan sebesar itu karena kita tidak melihatnya sendiri. Untungnya, keberadaan gajah masih ada sampai sekarang sehingga kita bisa menyaksikannya. Lalu bagaimana dengan generasi mendatang, yakni anak-anak dan cucu-cucu kita?

Itulah pentingnya melestarikan hewan langka, hewan-hewan tersebut akan dinikmati juga keberadaannya oleh generasi mendatang. Jika suatu hewan punah, anak cucu kita tidak bisa melihat hewan itu dan hanya bisa melihat dari gambar dan dokumentasi video yang ada.

Itulah dua alasan utama mengapa kita perlu melestarikan hewan langka. Yakni, untuk menjaga keseimbangan ekosistem dan agar bisa dinikmati generasi mendatang.

Subscribe
Notifikasi

0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar