6 Alasan Mengapa Kita Tidak Boleh Berbohong

Berbohong, yaitu mengatakan sesuatu yang tidak benar. Perilaku berbohong ini harus kita jauhi, sebab itu adalah perbuatan yang merugikan diri sendiri dan tidak boleh dilakukan. Lantas, Mengapa kita tidak boleh berbohong?

Tentu ada alasan mengapa kita tidak boleh berbohong. Kita akan mendapatkan manfaat jika menjauhi perbuatan tersebut. Sebaliknya, kita akan mendapatkan kerugian jika kita berbohong. Berikut adalah beberapa alasan mengapa kita tidak boleh berbohong.

1. Bohong adalah perbuatan dosa

Bohong adalah salah satu akhlak tercela yang harus dijauhi. Kita akan mendapatkan dosa jika kita berbohong. Sebagai orang yang beragama, kita tidak boleh berbohong.

2. Dijauhi orang lain

Sering kali berbohong ini dilakukan agar disukai orang lain. Itu karena orang lain tidak tahu kenyataan yang sebenarnya. Tentu orang lain tidak suka dibohongi dan dibodohi. Kamu pun sebenarnya tidak mau dibohongi juga kan? Jika mereka tahu kamu bohong, kamu bukannya disukai tetapi malah dijauhi orang lain.

3. Kebohongan bisa meluas

Ketika kamu mengatakan sesuatu kepada seseorang dan itu bohong, orang itu bisa saja menyampaikan kebohongan itu kepada orang lain. Dan orang lain bisa saja menyampaikannya kepada orang lain lagi, dan begitu seterusnya.

Meskipun awalnya kamu berbohong hanya kepada satu orang, jadinya kamu pun berbohong kepada semua orang.

4. Menyebabkan berbohong berkali-kali

Sekali seseorang berbohong, ia akan pun berbohong lagi untuk menutupi kebohongan sebelumnya. Meskipun awalnya cuma ingin berbohong sekali, tetapi orang yang berbohong menutupi kebohongan itu dengan berbohong lagi dan lagi.

Jika seseorang berulang kali melakukan kebohongan, hal itu juga bisa membuat candu. Orang itu pun akan terbiasa dengan kebohongan.

5. Memperumit masalah

Seseorang berbohong mungkin untuk menyelesaikan masalah. Namun, sebenarnya, berbohong justru memperumit masalah.

Baca Juga:  Hanoi, Ibu Kota Negara Vietnam

Sebagaimana penjelasan sebelumnya, berbohong membuat seseorang dijauhi, kebohongan akan meluas, dan menyebabkan orang itu melakukan kebohongan lagi. Ia pun terperangkap oleh kebohongan yang ia buat sendiri.

6. Tidak dipercaya lagi

Apabila kebohongan yang dilakukan seseorang diketahui orang lain, ia pun tidak dipercaya lagi. Jika seseorang sering melakukan kebohongan, ia akan dicap sebagai pembohong. Orang tidak percaya lagi dengan omongannya, bahkan meskipun ia berkata jujur.

Itulah enam alasan mengapa kita tidak boleh bohong. Kebohongan sangatlah berbahaya. Untuk itu, kita harus jujur dan tidak boleh berbohong.

Subscribe
Notifikasi
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar