Mengapa kita tidak boleh menghina pekerjaan orang lain?

Setiap orang memiliki peranannya masing-masing dalam kehidupan. Termasuk dalam hal pekerjaan. Semuanya saling membutuhkan dan saling melengkapi. Itulah mengapa kita tidak boleh menghina pekerjaan orang lain.

Coba bayangkan? Haruskah semua orang menjadi dokter? Haruskah semua orang menjadi pejabat? Haruskah semua orang menjadi pengusaha? Haruskah semua orang menjadi PNS? Haruskah semua orang menjadi bos? Jika semua orang menjadi bos, lalu siapa yang akan menjadi anak buah?

Itu sebabnya pekerjaan manusia itu beragam. Semuanya bermanfaat dan saling melengkapi asalkan bukan pekerjaan yang haram.

Janganlah menghina petani, tanpa petani kita mau makan apa? Janganlah menghina presiden, tanpa presiden, siapa yang akan memimpin negeri ini? Janganlah menghina tukang bangunan karena mereka yang membangun rumah kita, sekolah kita, dan gedung tempat kita bekerja. Janganlah menghina wartawan, tanpa wartawan, kita akan kurang informasi.

Untuk memenuhi kebutuhan hidup, kita selalu membutuhkan orang lain. Misalnya saja ketika kita membutuhkan makanan. Untuk mendapatkan sepiring nasi kita sudah membutuhkan banyak orang dari berbagai pekerjaan. Kita membutuhkan petani, kita membutuhkan penambang besi/logam karena sendok dan garpu dibuat dari besi/logam, kita membutuhkan pembuat kompor atau pembuat rice cooker, kita membutuhkan penambang gas alam karena kompor tidak bisa menyala tanpa bahan bakar. Kita juga membutuhkan distributor dan para penjual yang menyalurkan barang-barang dari produsen ke kita. Bisa jadi masih banyak orang yang belum kita sebut yang berjasa di balik tersajinya sepiring nasi di depan kita.

Ternyata begitu banyak profesi orang lain yang turut berjasa untuk memenuhi kebutuhan makan kita. Belum lagi untuk kebutuhan lain seperti kebutuhan sandang, kebutuhan tempat tinggal, keamanan, kenyamanan, pendidikan, dan masih banyak lagi.

Baca Juga:  Bagaimana Bentuk Keberagaman Masyarakat Indonesia?

Coba kalau tidak ada petugas kebersihan, yang ada lingkungan menjadi kotor dan penuh sampah. Coba kalau tidak ada peternak ayam, bisakah kita mengkonsumsi ayam dan telur?

Sekali lagi, kita tidak boleh menghina pekerjaan orang lain. Selain karena berdosa dan bisa menyakiti orang lain, itu sama saja kita tidak menghargai jasa mereka yang secara tidak langsung kita terima manfaatnya. 

Subscribe
Notifikasi
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar