mengapa kita tidak dapat mendengar bunyi di ruang hampa

Mengapa Kita Tidak Dapat Mendengar Bunyi di Ruang Hampa

Mengapa kita tidak dapat mendengar bunyi di ruang hampa? Jawabannya bukan karena telinga kita bermasalah tetapi karena di ruang hampa tidak ada media perambatan bunyi. Untuk mendengar bunyi kita tidak hanya memerlukan telinga saja tetapi kita juga memerlukan media perambatan bunyi. Jika tidak ada media rambat, kita tidak bisa mendengar bunyi karena bunyi tersebut tidak merambat dari sumber bunyi hingga sampai ke telinga kita.

Media rambat bunyi dapat berupa benda gas, benda padat, dan benda cair. Sedangkan ruang hampa adalah tempat yang kosong atau tempat yang di dalamnya tidak ada udara atau materi sama sekali. Udara adalah benda gas yang merupakan media rambat bunyi. Di ruang hampa, tidak ada udara yang bisa menghantarkan bunyi dari sumber bunyi tersebut ke telinga kita sehingga di ruang hampa kita tidak bisa mendengar apa-apa.

Jadi sudah jelas ya, mengapa apa kita tidak dapat mendengar bunyi di ruang hampa? Karena bunyi adalah gelombang longitudinal yang merambat melalui media sedangkan di ruang hampa tidak ada media sehingga kita tidak dapat mendengar bunyi.

Berlangganan via Email

Subscribe
Notifikasi
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar