Mengapa Persatuan Sangat Penting bagi Bangsa Indonesia?

Admin
Read Time1 Minute, 30 Seconds

Indonesia merupakan sebuah negara yang kondisi masyarakatnya sangat majemuk. Indonesia tidak terdiri dari satu suku, satu agama, atau satu bahasa melainkan terdiri dari beragam suku, agama, dan bahasa. Kondisi tersebut sangat rentan bergejolak karena gesekan antar kelompok jika tidak ada persatuan di antara mereka.

Wajib diketahui bahwa bangsa Indonesia bisa merdeka karena rakyatnya bersatu. Sebelumnya para penjajah bisa dengan mudah menguasai dan menghancurkan Indonesia (saat itu Indonesia belum lahir) karena rakyatnya mudah diadu domba dan berpecah belah.

Persatuan bisa diibaratkan dengan sapu lidi. Sebatang lidi adalah sebuah benda yang lemah dan mudah patah bahkan tidak berguna. Namun jika ada banyak batang lidi lalu disatukan dan diikat menjadi sapu lidi. Tentu persatuan batabg-batang lidi tersebut menjadi kuat dan tidak mudah patah selain itu bisa digunakan untuk menyapu.

Dasar negara kita yakni pancasila. Dalam perumusannya disesuaikan dengan kondisi masyarakat kita salah satunya persatuan. Sila ketiga pancasila berbunyi “persatuan Indonesia”. Dengan begitu, persatuan adalah hal wajib bagi bangsa Indonesia . Bangsa Indonesia harus bersatu karena itu salah satu sila pancasila yang merupakan dasar dan ideologi negara.

Selain itu, semboyan negara kita berbunyi “Bhinneka Tunggal Ika” sudah barang tentu sebagai bangsa Indonesia kita harus memegang teguh semboyan itu. Meskipun kondisi masyarakat kita berbeda-beda tetapi kita adalah satu.

Persatuan akan menciptakan keharmosian masyarakat. Coba bayangkan jika bangsa Indonesia tidak bersatu, maka akan terjadi kekacauan di mana-mana. Perang saudara, perang antar kelompok, tawuran, pelanggaran HAM adalah bayang-bayang mengerikan yang mungkin terjadi jika bangsa Indonesia tidak bersatu.

Persatuan adalah hal yang membuat Indonesia masih berdiri kokoh hingga saat ini. Kita harus menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan untuk Indonesia kini dan nanti.

Hal yang juga perlu diperhatikan adalah persatuan bangsa Indonesia bukan berarti kita harus terlalu mengagung-agungkan bangsa kita sendiri dan merendahkan bangsa lain. Tentu kita harus bisa saling menghormati dan menghargai antara bangsa yang satu dengan bangsa yang lain.

0 0
0 %
Happy
0 %
Sad
0 %
Excited
0 %
Angry
0 %
Surprise
Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Perkembangbiakan Secara Vegetatif Alami pada Tumbuhan

Perkembangbiakan pada tumbuhan bisa berlangsung secara vegetatif atau generatif. Perkembangbiakan vegetatif adalah perkembangbiakan secara aseksual atau tanpa penyerbukan. Perkembangbiakan vegetatif bisa berlangsung secara alami atau buatan. Perkembangbiakan secara vegetatif alami adalah perkembangbiakan vegetatif yang terjadi secara alami tanpa campur tangan manusia. Berikut ini adalah beberapa cara tumbuhan berkembang biak secara […]
tunas adventif cocor bebek