Mengapa planet memiliki kala revolusi yang berbeda-beda?

Revolusi adalah berputarnya planet mengelilingi matahari. Sedangkan kala revolusi adalah waktu yang dibutuhkan planet untuk mengelilingi matahari. Setiap planet memiliki kala revolusi yang berbeda-beda. Mengapa hal itu terjadi?

Di bumi, kala revolusi ini dikenal dengan satu tahun. Tahun yang dimaksud adalah tahun syamsiah atau tahun Masehi. Satu tahun di bumi yaitu sekitar 365 hari. Atau lebih tepatnya 365 hari lebih kira-kira 6 jam. Jadi kala revolusi bumi adalah sekitar 365 hari. Bagaimana dengan planet-planet lain? Kala revolusi atau satu tahun di planet lain berbeda dengan satu tahun di bumi. Berikut adalah kala revolusi planet-planet di tata surya:

  • Merkurius : 88 hari
  • Venus : 225 hari
  • Bumi : 365 hari
  • Mars : 687 hari
  • Jupiter : 4.333 hari
  • Saturnus : 10.759 hari
  • Uranus : 30.687 hari
  • Neptunus : 60.190 hari

Mengapa planet memiliki kala revolusi yang berbeda beda?

Planet yang orbitnya dekat dengan matahari memiliki kala revolusi yang lebih singkat. Sedangkan planet yang orbitnya lebih jauh dari matahari memiliki kala revolusi yang lebih lama. Hal itu disebabkan oleh:

  1. Semakin dekat dengan matahari, maka orbit planet semakin pendek sehingga kala revolusinya lebih cepat. Sedangkan semakin jauh dengan matahari, maka orbit planet semakin panjang sehingga kala revolusinya lebih lama.
  2. Semakin dekat dengan matahari, maka pengaruh gaya gravitasi matahari tersebut semakin kuat terhadap planet sehingga revolusinya lebih cepat. Semakin jauh dengan matahari, maka pengaruh gaya gravitasi matahari semakin lemah sehingga revolusinya lebih lama.

Jadi, mengapa planet memiliki kala revolusi yang berbeda beda? Penyebabnya karena perbedaan jarak dengan matahari yang berpengaruh pada panjang pendeknya orbit juga karena pengaruh gaya tarik matahari terhadap planet tersebut. Panjang pendeknya orbit dan juga gaya gravitasi matahari mempengaruhi berapa lama suatu planet mengelilingi matahari.

link sumber

Subscribe
Notifikasi
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar