Mengapa Seseorang Menulis Surat Pribadi

Admin
Read Time1 Minute, 3 Seconds
Mengapa seseorang menulis surat pribadi? Karena seseorang hendak menyampaikan sesuatu yang sifatnya pribadi. Contohnya untuk menanyakan atau memberikan kabar, untuk curhat, untuk berkomunikasi dengan pasangan, orang tua, atau kerabat melalui media surat.

mengapa seseorang menulis surat pribadi
sumber gambar: pixabay.com

Surat pribadi adalah bentuk surat yang digunakan untuk keperluan pribadi. Surat pribadi adalah bentuk komunikasi interaktif antara si pengirim pesan dengan penerima pesan. Berbeda dengan surat dinas yang bisa berupa menulis sebagai perwakilan dan untuk urusan kelembagaan atau instansi.

Dalam menulis surat pribadi tetap harus menggunakan etika dan tata krama yang disesuaikan dengan dengan siapa kita melakukan surat menyurat. Jika dengan orang tua tentu kita harus menggunakan bahasa yang hormat. Dengan kekasih kita bisa menggunakan kalimat rayuan. Dengan teman, kita bisa menggunakan bahasa yang santai. Bahasa yang digunakan dalam surat pribadi lebih luwes dan fleksibel dibandingkan dengan surat dinas yang harus menggunakan bahasa yang resmi dan kaku.

Di zaman sekarang kegiatan surat menyurat juga bisa dilakukan dengan surat elektronik, SMS, ataupun aplikasi media sosial. Meskipun kegiatan surat-menyurat sekarang bisa dilakukan dengan media-media tersebut kita tetap harus menyesuaikan dengan jenis surat apa yang akan kita gunakan. Jika ingin melamar kerja melalui email tentu kita harus menggunakan bahasa yang resmi. Dalam menulis surat baik itu melalui kertas maupun melalui media elektromik dan internet, kita harus menggunakan bahasa yang sopan.

0 0
0 %
Happy
0 %
Sad
0 %
Excited
0 %
Angry
0 %
Surprise
Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Penulisan Gelar yang Benar Sesuai PUEBI

Sebelum membahas penulisan gelar yang benar sesuai Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia, kita pelajari dulu definisi dari kata gelar. Perhatikan definisi gelar menurut KBBI berikut ini: ge.lar1 /gĂȘlar/n sebutan kehormatan, kebangsawanan, atau kesarjanaan yang biasanya ditambahkan pada nama orang seperti raden, tengku, doktor, sarjana ekonomin nama tambahan sesudah nikah atau setelah […]