Mengapa tanaman anggrek tetap dapat bertahan hidup meskipun jarang disiram air? Jawabannya bukan karena mendapatkan makanan dari pohon yang ditumpanginya. Anggrek tidak sama dengan benalu. Benalu memang menyerap zat-zat makanan dari pohon yang tumpanginya sehingga merugikan pohon inang. Namun, lain halnya dengan anggrek, hubungan antara anggrek dan pohon yang ditumpanginya adalah simbiosis komensalisme, artinya anggrek memang untung menumpang pada pohon yang ditumpanginya tanpa merugikan pohon tersebut. Lalu bagaimana bisa tanaman anggrek tetap dapat bertahan hidup meskipun jarang disiram air? Berikut jawabannya.

anggrek


Tanaman anggrek tetap dapat bertahan hidup meskipun jarang disiram air karena adanya velamen pada akar anggrek. Velamen ini memiliki struktur yang berongga sehingga akar anggrek selain berfungsi menyerap air juga berfungsi menyimpan air sebagai cadangan. Velamen ini adalah modifikasi dari jaringan epidermis pada tanaman anggrek. Selain anggrek, tanaman-tanaman lain juga ada yang memiliki akar khusus hasil modifikasi dari jaringan epidermis pada akar misalnya pada pada pohon beringin dan pohon bakau terdapat akar gantung tentunya fungsinya tidak sama dengan akar khusus pada anggrek, akar gantung tersebut berfungsi mengikat oksigen sedangkan akar khusus pada anggrek berfungsi menyerap dan menyimpan air. Tanaman anggrek memperoleh air dari hujan, embun atau uap air di udara, setelah itu air tersebut bisa disimpan dalam ronga-rongga velamen pada akar tersebut. Jadi tanaman anggrek tetap bisa bertahan hidup karena adanya cadangan air yang disman pada akar velamennya. Selain itu akar anggrek mempunyai fungsi lain, karena mengandung klorofil akar anggrek pun bisa melakukan fotosintesis kemudian fungsi lain yaitu untuk menempel pada pohon (epifit).

Berdasarkan uraian di atas sudah jelas bukan? Mengapa tanaman anggrek tetap dapat bertahan hidup meskipun jarang disiram air? Jawabannya karena adanya velamen pada akar anggrek yang bisa menyimpan air.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *