menjaga kebersihan lingkungan sekitar

Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekitar

Beranda » Lingkungan » Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekitar

Menjaga kebersihan lingkungan bukan hanya tanggung jawab petugas kebersihan. Menjaga kebersihan lingkungan sekitar adalah kewajiban dan tanggung jawab kita semua terhadap lingkungan.

Jika lingkungan bersih, manfaatnya akan dirasakan oleh orang-orang di sekitar. Sebaliknya jika lingkungan kotor, akibatnya juga akan mereka terima.

Manfaat lingkungan sekitar yang bersih di antaranya menjadikan lingkungan terasa nyaman, lingkungan lebih sehat dan aman ditempati, lingkungan jadi lebih enak dipandang.  Sedangkan akibat buruk jika lingkungan kotor di antaranya menimbulkan bencana seperti banjir, menjadi sarang binatang seperti kecoa dan nyamuk, menjadi sarang penyakit, dan lain-lain.

Untuk itu, seluruh elemen masyarakat harus turut serta dalam menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar:

Tidak membuang sampah sembarangan

Di tempat-tempat umum, biasanya sudah disediakan tong sampah. Kita harus membuang sampah pada tempatnya. Jika belum menemukan tempat sampah, sampahnya kita simpan dulu sampai menemukan tempat sampah.

Di rumah, kita harus menyediakan tempat khusus untuk membuang sampah. Jika tempat sampah tersebut sudah penuh, sampah itu kita buang ke tempat pembuangan akhir.

Jangan membuang sampah di sungai karena itu bisa merusak lingkungan dan menyebabkan banjir.

Untuk menjaga kebersihan kelas, buatlah jadwal piket

Sebagaimana pembahasan di atas, kebersihan adalah tanggung jawab semua pihak. Termasuk di kelas, semua siswa bertanggung jawab atas kebersihan di kelasnya.

Untuk itu perlu dibuat pembagian kelompok piket dan jadwalnya. Setiap harinya, para siswa membersihkan kelas secara bergantian.

Kerja bakti membersihkan lingkungan

Kerja bakti biasanya dilakukan di lingkungan perumahan, atau tempat ibadah seperti mushola dan masjid. Terutama menjelang bulan Ramadhan, biasanya dilakukan kerja bakti untuk membersihkan musholla, masjid, pemakaman, jalan, dan lain-lain.

Baca Juga :  Jumlah Spesies Tumbuhan di Indonesia

Kerja bakti adalah wujud kepedulian masyarakat terhadap kebersihan lingkungan di sekitarnya.

Mendaur ulang sampah

Salah satu cara menjaga kebersihan lingkungan sekitar yaitu dengan mendaur ulang sampah. Mendaur ulang sampah bisa meminimalisir jumlah sampah yang ada di sekitar. Bahkan sampah tersebut bisa digunakan agar lingkungan semakin bersih. Misalnya mendaur ulang sampah organik menjadi kompos. Kompos sangat berguna bagi tanaman. Hutan tanaman bisa membuat udara di sekitar menjadi bersih dan kaya oksigen.

Mengurangi penggunaan plastik

Sampah plastik adalah sampah yang sangat sulit diurai. Jika sampah plastik terbawa ke sungai ataupun laut itu bisa merusak ekosistem di sekitarnya.

Mengurangi penggunaan plastik berarti kita turut menyelamatkan lingkungan. Kita bisa membawa tas dari kain untuk membawa barang belanjaan daripada memakai kantong plastik. Tas bisa digunakan berkali-kali sementara kantong plastik biasanya hanya sekali atau beberapa kali pakai saja.

Kita bisa menggunakan daun pisang untuk membungkus makanan dari pada menggunakan plastik atau kertas minyak yang juga ada plastiknya.

Menanam pohon

Mungkin anda berpikir, menanam pohon justru akan membuat lingkungan kotor karena menghasilkan daun-daun kering dan ranting yang berjatuhan di jalanan. Namun, kebersihan bukankah soal kebersihan jalan, tanah, dan lantai saja, tetapi juga kebersihan udara di sekitar. Menanam pohon bisa membuat udara menjadi bersih dan kaya akan oksigen yang dibutuhkan makhluk hidup untuk bernapas.

Menanam tanaman tertentu seperti sansiviera, juga bisa membersihkan udara dari polusi dan racun yang ada di udara. Selain itu, menanam pohon juga membuat udara menjadi lebih sejuk dan tidak panas.

Menjaga keseimbangan ekosistem

Menjaga keseimbangan ekosistem juga diperlukan untuk mewujudkan lingkungan yang bersih. Jika ekosistem rusak, lingkungan pun juga rusak.

Baca Juga :  Apa yang harus dilakukan agar sumber daya alam tetap lestari?

Jangan membunuh laba-laba yang tidak berbahaya bagi manusia. Keberadaan laba-laba juga berguna sebagai predator binatang binatang kecil lain yang merugikan seperti kecoa.

Jangan memburu garangan, biawak, dan elang. Hewan-hewan tersebut adalah predator alami anakan ular kobra. Jika hewan-hewan tersebut langka atau punah, akibatnya populasi ular kobra akan meningkat dan membahayakan manusia.

Jangan pula menyakiti kucing, karena kucing adalah pemburu dan predator tikus. Ada kucing yang hanya sekedar memburu tikus untuk dimainkan bukan untuk dimakan. Ada juga kucing yang tidak memburu tikus. Namun setidaknya, keberadaan kucing bisa menakut-nakuti tikus. Namun populasi kucing juga harus dikendalikan agar tidak terlalu banyak, caranya bisa dengan mensterilkan kucing agar tidak berkembang biak.

Menjaga kebersihan diri sendiri

Kebersihan diri sendiri juga berpengaruh pada kebersihan lingkungan. Terutama pada masa pandemi, menjaga kebersihan diri sangat perlu dilakukan. Menjaga kebersihan diri sendiri bisa dilakukan dengan mandi dan menggosok gigi secara teratur, serta rajin mencuci tangan.

Subscribe
Notifikasi
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar