6 Hal yang Perlu Dilakukan Untuk Menjaga Kesehatan Tulang Kita

Kesehatan perlu kita jaga termasuk kesehatan tulang. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan tulang kita. Praktekkan 6 hal berikut, maka tulangmu akan kuat.

1. Mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium

Untuk menjaga kesehatan tulang, kita perlu memakan makanan yang mengandung kalsium. Kalsium adalah zat yang sangat berguna bagi kesehatan tulang dan gigi.

Jika kita kekurangan kalsium, dalam jangka panjang itu bisa menyebabkan penyakit tulang dan gigi. Penyakit akibat kekurangan kalsium misalnya pengeroposan tulang (osteoporosis) dan karies (kerusakan gigi).

Kalsium bisa kita dapatkan melalui bahan makanan seperti susu, keju, yoghurt, biji-bijian, ikan laut, bayam dan sayuran hijau lainnya. Selain itu, kita juga bisa mengonsumsi produk yang diolah dengan kalsium tinggi seperti roti, sereal, dan oatmeal.

2. Mengonsumsi makanan yang mengandung fosfor

Selain kalsium, zat nutrisi yang juga berguna untuk tulang adalah fosfor. Beberapa bahan makanan yang mengandung kalsium seperti susu, makanan laut, dan biji-bijian. sebenarnya juga mengandung fosfor. Selain itu, kita bisa memperoleh asupan fosfor melalui bahan makanan lain seperti daging ayam, jeroan, tahu dan tempe, dan gandum utuh.

3. Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D

Vitamin D adalah zat nutrisi yang sangat berguna bagi tulang. Selain itu, vitamin D juga membantu proses penyerapan kalsium dalam tubuh. Untuk itu, mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D perlu kita lakukan untuk menjaga kesehatan tulang.

Bahan makanan yang mengandung vitamin D diantaranya minyak hati ikan kod, ikan salmon, ikan sarden, kuning telur, dan lain-lain.

4. Berjemur di pagi hari

Ada cara mudah untuk meningkatkan asupan vitamin D, yaitu dengan berjemur di bawah sinar matahari pada pagi hari. Hal itu karena sinar matahari memancarkan sinar ultraviolet yang dapat membantu tubuh memproduksi vitamin D.

5. Duduk dengan posisi yang benar

Posisi duduk yang benar bisa menjaga kesehatan tulang bagian belakang. Sebaliknya, posisi duduk yang salah dapat menyebabkan kelainan pada tulang belakang. Kelainan tulang akibat posisi duduk yang salah ini, yaitu lordosis, kifosis, dan skoliosis.

6. Berolahraga

Olahraga seperti senam dan lari pagi berguna untuk kesehatan tulang. Namun, kita juga tidak boleh terlalu berlebihan dalam berolahraga. Kita perlu hati-hati, terutama pada olahraga pertandingan seperti sepak bola. Karena olahraga seperti itu rawan kecelakaan yang dapat menyebabkan cedera pada tulang.

Itulah 6 hal yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan tulang kita. Pastikan kamu mendapatkan nutrisi yang cukup, dan jangan lupa berolahraga.

Subscribe
Notifikasi
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar