Nama-nama Bunga beserta Gambar dan Keterangannya

Admin
Read Time12 Minutes, 50 Seconds

Bunga merupakan bagian tumbuhan yang paling Indah. Pantas saja banyak orang yang membuat hiasan dengan bunga baik itu bunga sungguhan, bunga sintetis, atau gambar bunga. Misalnya sebagai hiasan di ruang tamu, di pekarangan, di panggung pesta pernikahan, atau di pakaian bordir, renda, atau batik yang bermotif bunga.

Sebenarnya jenis-jenis bunga sangatlah banyak karena pada umumnya setiap tumbuhan meskipun tidak semua memiliki bunga sebagai alat untuk berkembang biak. Alat perkembangbiakan bunga adalah putik dan benang sari yang terletak pada bunga.

Namun pada postingan kali ini tidak akan membahas macam-macam bunga secara keseluruhan tetapi hanya beberapa jenis bunga yang memiliki bentuk yang indah atau biasa dijadikan tanaman hias.

Langsung saja, berikut adalah nama-nama bunga beserta gambar dan keterangannya.

1. Bunga Anggrek

bunga anggrek
bunga anggrek

Bunga anggrek mempunyai bentuk yang khas yang membuatnya berbeda dari anggota suku lain. Bunga-bunga anggrek tersusun majemuk, muncul dari tangkai bunga yang memanjang, muncul dari ketiak daun. Bunganya simetri bilateral. Helaian Kelopak bunga (sepal) biasanya berwarna mirip dengan mahkota bunga. Satu helai mahkota bunga termodifikasi membentuk semacam “lidah” yang melindungi suatu struktur aksesoris yang membawa benang sari dan putik.

Buah anggrek berbentuk kapsul yang berwarna hijau dan jika masak mengering dan terbuka dari samping. Bijinya berukuran sangat kecil dan ringan, sehingga mudah terbawa angin.

2. Bunga Adenium

bunga adenium
bunga adenium

Adenium disebut juga Kamboja Jepang padahal penyebutan ini menyesatkan karena bisa diidentikkan dengan kamboja, yang banyak ditemui di areal pemakaman. Lalu embel-embel kata jepang membuat bunga ini seolah-olah berasal dari Jepang, padahal Adenium berasal dari Asia Barat dan Afrika) berasal dari daerah gurun pasir yang kering, dari daratan Asia Barat sampai Afrika.

Sebutan Adenium di sana adalah Mawar Padang Pasir (desert rose). Karena berasal dari daerah kering, tanaman ini tumbuh lebih baik pada kondisi media yang kering dibanding terlalu basah. Disebut sebagai adenium karena salah satu tempat asal adenium adalah daerah Aden (Ibu kota Yaman).

3. Bunga Agapanthus

bunga agapanthus
bunga agapanthus

Agapanthus adalah genus tanaman keras herba yang sebagian besar mekar di musim panas. Daunnya berbentuk basal, melengkung, dan linear, tumbuh hingga 60 cm (24 in).

4. Bunga Alamanda

bunga alamanda
bunga alamanda

Tanaman alamanda termasuk dalam golongan perdu berkayu yang tingginya bisa mencapai 2 meter. Tanaman ini bersifat evergreen (hijau sepanjang tahun). Bunga alamanda berwarna kuning dan bentuknya seperti terompet dengan ukuran diameter 5-7.5 cm. Tanaman ini mempunyai bunga yang wangi.

5. Bunga Anyelir

bunga anyelir
bunga anyelir

Anyelir, atau disebut juga bunga teluki adalah tanaman hias pekarangan dan pot yang populer. Bunga anyelir berwarna terang dan warna-warni, sehingga kerap dijadikan hiasan. Ada dua jenis tanaman anyelir yaitu jenis satu bunga bagi setiap tangkai dan jenis `spray’, banyak bunga bagi setiap tangkai.

6. Bunga Asoka

bunga asoka
bunga asoka

Pohon asoka adalah pohon yang mana bunganya tumbuh pada cabang-cabang besar. Bunganya tumbuh secara bergerombol dan berderet dengan benang sari yang mencuat keluar seperti kembang api.

Untuk warnanya, pohon ini sering kita jumpai dengan bunga warna kuning, jingga, bahkan merah. Asoka memiliki batang yang keras dengan tinggi yang dapat mencapai 7 meter, sedang daunnya majemuk dan berbentuk oval berujung lancip.

7. Bunga Aster

bunga aster
bunga aster

Bunga Aster adalah bunga yang berasal dari Tiongkok dengan tinggi rata-rata 30-70 cm. Bunganya berdaun susun dan memiliki banyak warna mulai seperti putih, biru, ungu, juga warna lain di mana tengahnya biasanya berwarna kuning. Rata-rata bunga aster usianya satu tahun. Di Indonesia, aster termasuk komponen bunga karangan yang dianggap penting. Dalam satu tangkai terdapat beberapa cabang yang ujungnya adalah kuntum bunga. Aster sangatlah mudah didapat dan tidak mengenal musim untuk berbunga.

8. Bunga Azalea

bunga azalea
bunga azalea

Azalea dikembangkan sebagai tanaman hias yang populer. Dia habitat liar, azalea biasa tumbuh di hutan dan wilayah berawa. Warna bunganya bervariasi dari merah, kuning, putih, pink, dan ungu. Di Amerika Utara sendiri terdapat lebih dari 50 jenis spesies azalea.

9. Bunga Bakung/Bunga Lily

bunga bakung
bunga bakung

Bunga bakung yang besar mempunyai tiga daun bunga, biasanya wangi, dan terdapat dalam berbagai warna dari putih, kuning, jingga, merah muda, merah, ungu, warna tembaga, hingga hampir hitam. Terdapat pula corak berupa bintik-bintik.

10. Bunga Bangkai

bunga bangkai
bunga bangkai

Bunga bangkai adalah tumbuhan dataran rendah dari wilayah tropika dan ugahari, menyebar dari Afrika barat ke timur hingga kepulauan di Samudra Pasifik. Jenis-jenisnya tidak ditemukan di Amerika, walaupun ada sejenis kerabatnya yang tumbuh di sana, yakni Dracontium.

Bunganya pada waktu-waktu tertentu mengeluarkan bau bangkai yang keras, sehingga umum dinamai sebagai bunga bangkai.

11. Bunga Begonia

bunga begonia
bunga begonia

Begonia adalah tanaman asli dari iklim subtropis dan tropis yang lembab. Beberapa spesies umumnya ditanam di dalam ruangan sebagai tanaman hias di daerah beriklim dingin. Di daerah beriklim dingin, beberapa spesies dibudidayakan di luar pada musim panas untuk bunga berwarna-warni cerah, yang memiliki kelal tetapi tidak memiliki kelopak .

12. Bunga Kertas/Bugenvil

bunga bugenvil
bunga bugenvil

Bunga kertas atau bugenvil adalah tanaman hias populer. Bentuknya berupa pohon kecil yang sukar tumbuh tegak. Keindahannya berasal dari seludang bunganya yang berwarna cerah dan menarik perhatian karena tumbuh dengan rimbunnya. Seludang bunga ini kerap dianggap sebagai bagian bunga, walaupun bunganya yang benar adalah bunga kecil yang terlindung oleh seludang.

13. Bunga Chicory

bunga chicory
bunga chicory

Cichorium intybus adalah semak menahun, yang dibudidayakan untuk sayuran, obat-obatan, minuman pengganti kopi, dan pakan hewan ternak. Tumbuhan ini dapat tumbuh dengan mudah sebagai tumbuhan liar di pinggir jalan.

14. Bunga Kenikir

bunga cosmos
bunga cosmos

Kenikir (Cosmos) adalah tumbuhan tropis anggota suku kenikir-kenikiran (Asteraceae) yang berasal dari Amerika Latin dan Amerika Tengah, tetapi tumbuh liar dan mudah didapati di Florida, Amerika Serikat, serta di negara-negara Asia Tenggara dan Asia Selatan. Spesies ini dibawa ke Asia Tenggara melalui Filipina oleh penjelajah Spanyol di abad ke-16.

15. Bunga Dahlia

bunga dahlia
bunga dahlia

Dahlia adalah tanaman perdu berumbi yang sifatnya tahunan (perenial), berbunga di musim panas sampai musim gugur. Dahlia adalah bunga nasional negara Meksiko yang juga merupakan negara asal bunga ini.

16. Bunga Randa Tapak

bunga dandelion
bunga dandelion

Randa tapak atau dandelion (Taraxacum) adalah genus besar dalam keluarga Asteraceae. Nama Randa Tapak sendiri biasa digunakan untuk merujuk kepada sebuah tumbuhan yang memiliki “bunga” yang memiliki “bunga-bunga” kecil yang terbang ditiup angin. Asal asli dari tumbuhan ini adalah Eropa dan Asia, tetapi sudah menyebar ke segala tempat. Yang disebut sebagai bunga dari tumbuhan ini menjadi semacam jam hayati yang secara teratur melepaskan banyak bijinya. Biji-biji ini sesungguhnya adalah buahnya.

17. Bunga Eceng Gondok

bunga eceng gondok
bunga eceng gondok

Bunga eceng gondok termasuk bunga majemuk, berbentuk bulir, kelopaknya berbentuk tabung. Bijinya berbentuk bulat dan berwarna hitam.

18. Bunga Eidelweis

bunga eidelweis
bunga eidelweis

Edelweis merupakan tumbuhan pelopor bagi tanah vulkanik muda di hutan pegunungan dan mampu mempertahankan kelangsungan hidupnya di atas tanah yang tandus, karena mampu membentuk mikoriza dengan jamur tanah tertentu yang secara efektif memperluas kawasan yang dijangkau oleh akar-akarnya dan meningkatkan efisiensi dalam mencari zat hara. Bunga-bunganya, yang biasanya muncul di antara bulan April dan Agustus, sangat disukai oleh serangga, lebih dari 300 jenis serangga seperti kutu, tirip, kupu-kupu, lalat, tabuhan, dan lebah terlihat mengunjunginya.

19. Bunga Gladiol

bunga gladiol
bunga gladiol

Gladiol berasal dari bahasa latin “Gladius” yang berarti pedang kecil, seperti bentuk daunnya. Berasal dari Afrika Selatan dan menyebar di Asia sejak 2000 tahun. Tahun 1730 mulai memasuki daratan Eropa dan berkembang di Belanda. Tanaman gladiol yang termasuk subklas Monocotyledoneae, berakar serabut, dan tanaman ini membentuk pula akar kontraktil yang tumbuh pada saat pembentukan subang baru. Kelebihan dari bunga potong gladiol adalah kesegarannya dapat bertahan lama sekitar 5-10 hari dan dapat berbunga sepanjang waktu.

20. Bunga Herbras

bunga herbras
bunga herbras

Herbras merupakan tanaman hias yang banyak ditanam di taman atau di pot. Bunga Herbras merupakan komoditas bunga potong yang paling banyak diperdagangkan di dunia bersama-sama dengan Mawar, Anyelir, Seruni, dan Tulip.

Herbras sering digunakan sebagai bahan pelajaran Biologi tentang pembentukan bunga.

21. Bunga Jepun

bunga jepun
bunga jepun

Bunga jepun (Nerium oleander) adalah tanaman perdu anggota keluarga Apocynaceae yang menghasilkan bunga sepanjang tahun. Bunga jepun berasal dari Afrika bagian utara, bagian timur Mediterania dan juga Asia Tenggara. Tanaman ini tumbuh dengan baik pada daerah kering beriklim hangat dan dapat dibudidayakan di berbagai daerah.

22. Bunga Kamboja

bunga kamboja
bunga kamboja

Bunga kamboja dulu hanya kita jumpai di tempat-tempat yang berbau religi seperti pemakaman dan tempat-tempat lain, namun kini hal itu sudah berubah. Bunga ini tidak mempunyai hubungan sama sekali dengan negara Kamboja sebab bunga ini ternyata berasal dari Amerika Tengah yang meliputi Equador, Colombia, Cuba, Venezuela, dan Mexico.

23. Bunga Kamelia

bunga kamelia
bunga kamelia

Camellia sinensis berasal dari daratan Asia Selatan dan Tenggara, tetapi sekarang telah dibudidayakan di seluruh dunia, baik daerah tropis maupun subtropis. Tumbuhan ini merupakan perdu atau pohon kecil yang biasanya dipangkas bila dibudidayakan untuk dipanen daunnya. Ia memiliki akar tunggang yang kuat. Bunganya kuning-putih berdiameter 2,5–4 cm dengan 7 hingga 8 petal.

24. Bunga Kembang Sepatu

bunga kembang sepatu
bunga kembang sepatu

Bunga jenis ini terdiri dari 5 helai daun kelopak, yang dilindungi oleh kelopak tambahan (epicalyx), sehingga terlihat seperti dua lapis kelopak bunga. Mahkota bunga terdiri dari 5 lembar atau lebih jika merupakan hibrida. Tangkai putik berbentuk silinder panjang dikelilingi tangkai sari berbentuk oval yang bertaburan serbuk sari. Biji terdapat di dalam buah berbentuk kapsul berbilik lima.

Bunga berbentuk trompet dengan diameter bunga sekitar 6 cm hingga 20 cm. Putik (pistillum) menjulur ke luar dari dasar bunga. Bunga bisa mekar menghadap ke atas, ke bawah, atau menghadap ke samping. Pada umumnya, tanaman bersifat steril dan tidak menghasilkan buah. Tanaman berkembang biak dengan cara stek, pencangkokan, dan penempelan.

Bunga berbentuk trompet dengan diameter bunga sekitar 6 cm hingga 20 cm. Putik (pistillum) menjulur ke luar dari dasar bunga. Bunga bisa mekar menghadap ke atas, ke bawah, atau menghadap ke samping. Pada umumnya, tanaman bersifat steril dan tidak menghasilkan buah. Tanaman berkembang biak dengan cara stek, pencangkokan, dan penempelan.

25. Bunga Tembelekan

bunga lantana
bunga lantana

Tahi ayam, sailara atau tembelekan (Lantana camara) adalah jenis tumbuhan berbunga dari famili Verbenaceae yang berasal dari wilayah tropis di Amerika Tengah dan Selatan]. Tanaman ini tumbuh di daerah dengan ketinggian 1.700 m dpl dan memiliki banyak percabangan dengan tinggi antara 0,5-4 meter. Saliara dapat digunakan sebagai obat memar, keracunan makanan, serta untuk penghentian pendarahan pada penderita penyakit kanker rahim.

26. Bunga Lavender

bunga lavender
bunga lavender

Lavender atau lavendel atau Lavandula adalah genus tumbuhan berbunga dalam suku Lamiaceae yang tersusun atas 25-30 spesies. Asal tumbuhan ini adalah dari wilayah selatan Laut Tengah sampai Afrika tropis dan ke timur sampai India — Dunia Lama. Genus ini termasuk tumbuhan menahun, tumbuhan dari jenis rumput-rumputan, semak pendek, dan semak kecil.

27. Bunga Lonceng

bunga lonceng
bunga lonceng

Platycodon grandiflorus adalah jenis tanaman berbunga tahunan dari keluarga Campanulaceae dan satu-satunya tanaman dari genus Platycodon. Spesies ini sering disebut sebagai platycodon, bunga lonceng cina, kadang-kadang juga bunga lonceng jepang, atau hanya disebut dengan bunga balon. Tanaman ini adalah asli berasal dari Asia Timur (Tiongkok, Korea, Jepang, dan Siberia Timur) dan menghasilkan bunga yang berwarna biru dan besar, meskipun ada variasi putih dan merah muda bunga dalam hasil budidaya. Di Korea, bunga yang putih lebih umum.

28. Bunga Magnolia

bunga magnolia
bunga magnolia

Magnolia adalah salah satu marga tumbuhan berbunga yang dikenal luas karena bunganya yang indah atau menyebarkan aroma yang harum.

29. Bunga Matahari

bunga matahari
bunga matahari

Bunga matahari (Helianthus annuus L.) adalah tumbuhan semusim dari suku kenikir-kenikiran (Asteraceae) yang populer, baik sebagai tanaman hias maupun tanaman penghasil minyak. Bunga tumbuhan ini sangat khas: besar, biasanya berwarna kuning terang, dengan kepala bunga yang besar (diameter bisa mencapai 30 cm). Bunga ini sebetulnya adalah bunga majemuk, tersusun dari ratusan hingga ribuan bunga kecil pada satu bongkol. Bunga Matahari juga memiliki perilaku khas, yaitu bunganya selalu menghadap / condong ke arah matahari atau heliotropisme. Orang Prancis menyebutnya tournesol atau “pengelana Matahari”. Namun, sifat ini disingkirkan pada berbagai kultivar baru untuk produksi minyak karena memakan banyak energi dan mengurangi hasil.

30. Bunga Mawar

bunga mawar
bunga mawar

Mawar adalah suatu jenis tanaman semak dari genus Rosa sekaligus nama bunga yang dihasilkan tanaman ini. Mawar liar terdiri dari 100 spesies lebih, kebanyakan tumbuh di belahan bumi utara yang berudara sejuk. Bunganya terdiri dari 5 helai daun mahkota dengan perkecualian Rosa sericea yang hanya memiliki 4 helai daun mahkota. Di antara warna yang dimiliki oleh mawar adalah putih, merah muda, kuning dan biru pada beberapa spesies. Ovari berada di bagian bawah daun mahkota dan daun kelopak.

31. Bunga Melati

bunga melati
bunga melati

Melati merupakan tanaman bunga hias berupa perdu berbatang tegak yang hidup menahun. Melati merupakan genus dari semak dan tanaman merambat dalam keluarga zaitun (Oleaceae). Terdiri dari sekitar 200 spesies tumbuhan asli daerah beriklim tropis dan hangat dari Eurasia, Australasia dan Oseania, melati secara luas dibudidayakan untuk aroma khas bunganya yang harum. Di Indonesia, salah satu jenis melati telah dipilih menjadi “puspa bangsa” atau bunga simbol nasional yaitu melati putih (Jasminum sambac), karena bunga ini melambangkan kesucian dan kemurnian, serta dikaitkan dengan berbagai tradisi dari banyak suku di negara ini.

32. Bunga Peony

bunga peony
bunga peony

Peony (Paeonia) adalah genus tunggal untuk tanaman hias yang tergolong keluarga Paeoniaceae. Tanaman peony merupakan tanaman rempah yang tergolong tumbuhan tahunan (perenial). Tinggi mulai dari 50 cm hingga 1,5 meter. Tinggi tanaman yang merupakan tumbuhan semak dapat mencapai 2-3 meter. Tanaman berbunga di akhir musim semi sampai awal musim panas. Bunga peony ada yang berbau harum, warnanya bisa merah, merah tua, putih, merah jambu, kuning, atau ungu.

33. Bunga Kastuba

bunga poinsettia
bunga poinsettia

Kastuba atau poinsettia (Euphorbia pulcherrima) adalah tanaman subtropis yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan Amerika Tengah. Nama ‘poinsettia’ diambil dari nama duta besar pertama Amerika Serikat (AS) untuk Meksiko, Joel Roberts Poinsett, yang memperkenalkan tanaman hias ini ke AS pada tahun 1825.

34. Bunga Sakura

bunga sakura
bunga sakura

Dalam bahasa Inggris, bunga sakura disebut cherry blossoms.

Warna bunga tergantung pada spesiesnya, ada yang berwarna putih dengan sedikit warna merah jambu, kuning muda, merah jambu, hijau muda atau merah menyala. Pohon sakura berbunga setahun sekali, di pulau Honshu, kuncup bunga sakura jenis someiyoshino mulai terlihat di akhir musim dingin dan bunganya mekar di akhir bulan Maret sampai awal bulan April di saat cuaca mulai hangat.

35. Bunga Seruni

bunga seruni
bunga seruni

Bunga seruni, krisan, atau krisantemum adalah sejenis tumbuhan berbunga yang sering ditanam sebagai tanaman hias pekarangan atau bunga petik.

36. Bunga Teratai

bunga teratai
bunga teratai

Teratai menjadi tanaman di kebun-kebun karena bunganya yang indah. Pelukis Prancis bernama Claude Monet terkenal dengan lukisan bunga teratai. Teratai merupakan tanaman air yang unik. Teratai yang tumbuh di air yang sangat berlumpur (kotor, coklat), warna bunganya lebih cemerlang. Warna bunga bila putih lebih putih, bila merah lebih merah, bila merah muda makin terang warnanya.

37. Bunga Tulip

bunga tulip
bunga tulip

Tulip (bahasa Latin: Tulipa) merupakan nama genus untuk 100 spesies tumbuhan berbunga yang termasuk ke dalam keluarga Liliaceae. Tulip berasal dari Asia Tengah, tumbuh liar di kawasan pegunungan Pamir dan pegunungan Hindu Kush dan stepa di Kazakhstan. Negeri Belanda terkenal sebagai negeri bunga tulip. Tulip juga merupakan bunga nasional Iran dan Turki. Seperti halnya bunga mawar, lili, anggrek dan peony, tulip adalah tanaman bunga yang paling banyak dibudidayakan manusia.

38. Bunga Tapak Dara

bunga vinca
bunga vinca

Tapak dara adalah perdu tahunan yang berasal dari Madagaskar, tetapi telah menyebar ke berbagai daerah tropika lainnya. Nama ilmiahnya Catharanthus roseus (L.) Don. Di Indonesia tumbuhan hias pekarangan ini dikenal dengan bermacam-macam nama, seperti di disebut sindapor (Sulawesi), kembang tembaga (bahasa Sunda), dan kembang tapak dårå (bahasa Jawa). Orang Malaysia mengenalnya pula sebagai kemunting cina, pokok rumput jalang, pokok kembang sari cina, atau pokok ros pantai. Di Filipina ia dikenal sebagai tsitsirika, di Vietnam sebagai hoa hai dang, di Cina dikenal sebagai chang chun hua, di Inggris sebagai rose periwinkle, dan di Belanda sebagai soldaten bloem.

39. Bunga Widuri

bunga widuri
bunga widuri

Tumbuhan widuri berupa perdu besar yang dapat mencapai 4 m. Juga disebut Kapuk Duri. Bunganya berlapis lilin dengan warna putih atau ungu. Daunnya berbentuk bulat telur, dengan warna khas hijau pucat dan batang yang mengeluarkan lateks berwarna putih seperti susu.

40. Bunga Violet

bunga violet
bunga violet

Viola odorata dapat dikenali melalui berbagai karakteristik berikut:

  • bunganya berbau harum (aromatik)
  • bunganya pada umumnya berwarna violet gelap atau putih
  • daun dan bunganya secara keseluruhan membentuk sebuah roset dari dasarnya
  • karpelnya seperti kait (dan tidak diakhiri dengan sebuah tambahan bundar)
  • tangkai-tangkai daunnya memiliki rambut-rambut yang mengarah ke bawah
  • tanaman menyebar dengan geragih (tunas-tunasnya di atas tanah)

Sumber: Wikipedia

Sumber gambar: Pixabay

0 0
0 %
Happy
0 %
Sad
0 %
Excited
0 %
Angry
0 %
Surprise
Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Teks Editorial (Tajuk Rencana) dan Pembahasannya

Pada saat membaca surat kabar, kita bisa mendapati sebuah rubrik khusus yang disebut editorial atau tajuk rencana. Editorial atau tajuk rencana merupakan sebuah kolom khusus di media cetak yang berisi pandangan redaksi terhadap suatu berita atau peristiwa yang menjadi sorotan. Editorial tidak sama dengan berita biasa karena berita memberikan informasi […]
koran editorial