Organ Pernapasan pada Manusia dan Fungsinya

Admin
Read Time3 Minutes, 8 Seconds
Setiap manusia dan makhluk hidup lainnya perlu bernapas agar tetap hidup.  Tahukah Anda dengan apa kita bernapas?  Dengan  hidung? Dengan paru-paru? Ya,  manusia memang bernafas dengan hidung  dan juga paru-paru.  Namun bukan hanya hidung dan paru-paru saja,  manusia juga membutuhkan organ-organ lain untuk bernapas.  Oksigen yang kita hirup melalui hidung tidak langsung sampai ke paru-paru melainkan harus melalui beberapa organ pernapasan terlebih dahulu.  Organ-organ Apa saja yang berperan dalam sistem pernapasan manusia?

Sistem Pernapasan pada Manusia
via pixabay.com

Pada saat kita  bernapas, oksigen yang kita hirup masuk ke tubuh kita melalui organ-organ berikut secara berurutan.

Hidung dan Rongga Hidung → Tenggorokan (Faring) → Pangkal Tenggorokan (Laring) → Trakea → Bronkus → Paru-paru

Setiap organ pernapasan tersebut memiliki fungsi masing-masing. Lalu apa saja fungsi organ-organ pernapasan pada manusia? Mari kita pelajari satu persatu.

1. Hidung dan Rongga Hidung

Organ pernapasan yang satu ini tentu kalian semua sudah pada tahu bukan? Dibandingkan dengan organ yang lainnya, hidung merupakan organ pernapasan yang bisa kita lihat dengan jelas.  Coba  perhatikan wajah kalian di cermin, atau rabalah wajah kalian dengan kedua telapak tangan kalian, ada sesuatu yang menonjol dan memiliki 2 lubang, itulah yang disebut dengan hidung.  Di dalam hidung terdapat rongga hidung, rongga hidung adalah tempat masuknya udara menuju tenggorokan. Rongga hidung berfungsi menjaga kelembapan, suhu, dan tekanan udara di sana. Dengan demikian udara yang kita hirup akan  dilembabkan,  dihangatkan,  serta disaring terlebih dahulu melalui hidung.

Sebenarnya selain melalui hidung,  kita  juga bisa bernafas melalui mulut.  Namun  mulut tidak mempunyai fitur yang sama seperti hidung.  untuk itulah kita sudah seharusnya bernapas melalui hidung bukan melalui mulut karena di dalam hidung udara akan disaring dan dihangatkan terlebih dahulu.

Selain sebagai tempat masuknya udara menuju paru-paru saat kita bernapas,  hidung mempunyai fungsi lain sebagai alat indra,  yaitu  mencium bau-bauan.

2. Tenggorokan (Faring)

Faring adalah tabung fibromuskular yang terletak didepan tulang leher dan berhubungan dengan rongga hidung, rongga telinga tengah, serta laring. Setelah melalui rongga hidung, udara yang kita hirup akan melalui faring menuju pangkal tenggorokan atau laring. Jadi fungsinya sebagai perantara antara rongga hidung dan laring. Sebenarnya faring juga berfungsi dalam pencernaan makanan, karena makanan yang kita kunyah melalui mulut akan menuju esofagus atau kerongkongan tetapi melalui faring terlebih dahulu. Jadi faring itu pertemuan antara saluran pernafasan dan saluran pencernaan.

3. Laring (Pangkal Tenggorokan)

Laring adalah organ pernapasan yang membawa udara yang kita hirup menuju trakea. Di dalam laring terdapat pita suara serta epiglotis. Epiglotis adalah sebuah katup yang berfungsi mencegah makanan masuk ke saluran pernafasan. Jadi laring juga berfungsi melindungi saluran pernapasan di bawahnya dan mencegah masuknya benda-benda asing.

4. Trakea

Trakea berupa tabung memanjang dan tersusun dari 20 tulang rawan berbentuk cincin yang kuat, tetapi fleksibel. Trakea terletak di bawah laring dan bercabang menjadi bronkus. Trakea berfungsi sebagai jalan keluar masuknya udara dari dan ke paru-paru.

5. Bronkus

Cabang dari trakea inilah yang disebut bronkus. Trakea bercabang menjadi bronkus dan terhubung ke paru-paru kanan dan kiri. Lalu bronkus tersebut bercabang lagi menjadi bronkiolus hingga akhirnya sampai ke gelembung udara yangdisebut alveolus.

6. Paru-paru

Manusia memiliki dua paru-paru yaitu paru-paru kanan dan kiri. Kedua paru-paru tersebut berada di dalam rongga dada. Paru-paru kanan berukuran lebih besar daripada yang kiri, karena paru-paru kiri letaknya di dekat jantung. Paru-paru termasuk bagian saluran pernapasan bawah yang dimulai dari trakea lalu bercabang menjadi bronkus dan bercabang lagi menjadi bronkiolus. Di dalam paru-paru juga terdapat alveolus yang berfungsi sebagai tempat pertukaran udara yaitu oksigen dan karbon dioksida.
Wah ternyata saluran pernapasan kita sudah tersistem dengan baik dan cukup rumit juga ya. Kita bernapas ternyata tidak sederhana prosesnya, karena udara yang kita hirup melalui proses yang panjang dan melalui beberapa saluran atau organ yang masing-masing mempunyai fungsi tersendiri. Agar organ-organ tersebut tetap bisa berfungsi dengan baik, kita perlu menjaga kesehatan saluran pernapasan yang ada pada tubuh.
0 0
0 %
Happy
0 %
Sad
0 %
Excited
0 %
Angry
0 %
Surprise
Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

34 Nama Provinsi di Indonesia dan Ibu Kotanya Lengkap

Negara kita Indonesia mempunyai 34 ibu kota provinsi yang tersebar di seluruh tanah air. Meskipun kita menggunakan istilah ibu kota, sebenarnya tidak semua ibu kota provinsi di Indonesia berupa kota. Contohnya ibu kota negara kita, Jakarta yang merupakan kota sekaligus provinsi. Contoh lainnya yaitu di Sulawesi Barat dan Papua Barat […]