panel surya pada plts terdiri atas
Fisika Pengetahuan Alam

Panel Surya pada PLTS Terdiri Atas?


Panel surya adalah alat yang terdiri atas sel surya yang bisa mengubah energi cahaya menjadi energi listrik. Panel surya merupakan sel surya yang dirangkai dalam suatu rangka untuk pemasangan di perumahan perkantoran dan sebagainya. Berdasarkan pengertian panel surya tersebut, bisa ditarik kesimpulan panel surya pada PLTS terdiri atas sel surya.

Sebenarnya selain menggunakan panel surya, PLTS atau Pembangkit Listrik Tenaga surya juga bisa menggunakan cara yang lain yaitu dengan pemusatan energi surya. Jadi pembangkitan listrik pada Pembangkit Listrik Tenaga Surya bisa dilakukan melalui dua metode. Metode pertama yaitu dengan menggunakan sel fotovoltaik atau sel surya dan metode kedua dengan menggunakan pemusatan energi surya. Mari kita bahas metode yang pertama yaitu dengan fotovoltaik.

Baca Juga: Apa yang Dimaksud dengan Sel Surya?

Sel surya atau sel fotovoltaik yaitu perangkat yang secara langsung mengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik menggunakan efek fotoelektrik. Sel surya biasanya digunakan dalam bentuk panel surya. Sekumpulan dari sel surya tersebut disusun membentuk panel surya. Sebenarnya kumpulan dari sel surya tersebut dibentuk menjadi modul surya terlebih dahulu. Lalu kumpulan dari modul surya tersebut disusun lagi menjadi panel surya. Namun perbedaan antara modul surya dan panel surya tidak terlalu penting karena kedua istilah itu biasanya digunakan secara bergantian untuk merujuk pada produk yang sama.

Demikianlah penjelasan tentang panel surya pada PLTS terdiri atas sel surya. Jadi kesimpulannya sudah jelas bukan? Panel surya tersusun atas kumpulan sel surya.


Subscribe
Notifikasi
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar