Peluang atau Prospek Kerja Desain Komunikasi Visual

Admin
Di era digital ini, benda-benda hasil desain visual bertebaran di mana-mana. Dan selalu diproduksi setiap harinya. Iklan di blog, iklan di koran, reklame di jalan, infografik, poster, dan lain sebagainya; semua itu dibuat dengan desain visual. Oleh sebab itu, bisa disimpulkan jurusan desain komunikasi visual memiliki peluang kerja yang bagus.

Peluang atau Prospek Kerja Desain Komunikasi Visual

Desain komunikasi visual bisa diartikan sebagai pengolahan media yang digunakan sebagai alat komunikasi secara visual. Maksudnya media-media seperti warna, garis, tipografi, gambar, foto, vektor dan lain-lain didesain menjadi benda-benda visual yang digunakan untuk menyampaikan sesuatu. Desain komunikasi visual tidak hanya terdiri dari grafik tetapi juga verba atau kata-kata karena bidang ini termasuk bidang komunikasi dan bukan hanya desain visual.

Tidak sembarang orang bisa melakukan desain komunikasi visual yang baik, hanya orang-orang yang terlatih yang bisa melakukannya. Orang-orang biasa pun bisa saja melakukan desain, namun hasilnya tidak terlalu bagus. Kecuali jika orang tersebut terus berlatih sehingga hasilnya semakin lama semakin bagus. Dengan kuliah di jurusan desain komunikasi visual, kamu bisa belajar secara mendalam dan terfokus di bidang desain komunikasi visual, sehingga hasilnya Anda bisa menjadi orang yang ahli di bidang desain komunikasi visual.

Jurusan desain komunikasi visual mungkin bisa menjadi pertimbangan bagi Anda yang yang menyukai desain grafis, teknik informatika, ataupun komputer. Anda juga mungkin bertanya-tanya tentang prospek kerja atau peluang kerja bagi lulusan desain komunikasi visual. Seperti yang telah dijelaskan pada paragraf pertama diatas, desain komunikasi visual adalah jurusan yang memiliki prospek yang menjanjikan terutama di era digital saat ini. Berikut adalah beberapa pekerjaan yang cocok untuk lulusan desain komunikasi visual.

1. Desainer Grafis

Sebenarnya bidang desain grafis sudah ada jurusannya sendiri ya itu jurusan desain grafis. Namun bukan tidak mungkin, lulusan desain komunikasi visual juga bisa menjadi seorang desainer grafis. Biasanya perusahaan membutuhkan orang-orang yang ahli desain grafis. Perusahaan-perusahaan tersebut membutuhkan desain grafis sebagai media untuk memasarkan produknya. Tentu saja bidang ini cocok bagi lulusan desain komunikasi visual, karena desain grafis yang dibuat digunakan untuk promosi atau menyampaikan sesuatu kepada masyarakat dan calon konsumen.

2. Freelancer

Bagi Anda tidak suka terikat dan lebih ingin bebas. Menjadi freelancer atau pekerja lepas bisa menjadi pilihan yang bagus. Anda bisa bekerja dengan waktu dan tempat yang lebih fleksibel. Banyak perusahaan-perusahaan maupun perorangan yang membutuhkan freelancer untuk mendesain atau membuat iklan produk atau jasanya karena menggunakan jasa freelancer itu lebih praktis dan lebih murah. Saat ini ini sudah cukup banyak website yang bisa mempertemukan freelancer dan kliennya. Dengan latar belakang pendidikan desain komunikasi visual, bisa menjadi nilai lebih bagi Anda untuk menarik perhatian calon klien.

3. Ilustrator

Sebagai orang yang ahli mengkomunikasikan sesuatu dalam bentuk visual, illustrator bisa menjadi pekerjaan yang cocok. Seorang ilustrator bisa menerjemahkan kata-kata, peristiwa, atau hal-hal lain menjadi sebuah ilustrasi yang bisa dilihat oleh mata. ini sudah menjadi keahlian lulusan desain komunikasi visual.

4. Wirausaha

Sebenarnya pada poin ke-2 di atas yakni sebagai pekerja lepas, itu juga bisa disebut sebagai wirausaha. Namun pada poin ke-4 di sini, maksudnya Anda bisa membuat perusahaan Anda sendiri baik itu di dalam jasa desain grafis, periklanan, percetakan, atau yang lainnya.

5. Humas

Karena desain komunikasi visual juga termasuk keahlian berkomunikasi, bidang humas bisa menjadi profesi yang cocok bagi lulusan desain komunikasi visual. Menjadi humas atau hubungan masyarakat bisa dilakukan oleh lulusan dkv dengan cara membuat selebaran-selebaran visual sebagai alat media komunikasi untuk masyarakat luas ataupun setempat. Anda bisa bekerja sebagai humas di perusahaan swasta ataupun pemerintah.

Itulah beberapa profesi yang cocok untuk lulusan desain komunikasi visual. Namun bukan berarti profesi selain yang disebutkan di atas tidak cocok untuk para lulusan dkv. Masih banyak pekerjaan pekerjaan yang lain yang bisa digeluti oleh lulusan dkv.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Prospek Kerja Jurusan Psikologi

Meskipun jurusan Psikologi tidak setenar jurusan Kedokteran, jurusan Psikologi merupakan salah satu jurusan yang cukup banyak peminatnya. Jurusan Psikologi juga memiliki prospek yang cerah karena mempelajari tentang jiwa manusia yang tentunya disiplin ilmu ini sangat berhubungan erat dengan kehidupan manusia dalam kesehariannya. Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang jiwa. Sebenarnya […]