pemantulan baur dan pemantulan teratur

Pemantulan Baur Akan Mengirimkan Berkas Sinar ke Segala Arah

Pemantulan baur akan mengirimkan berkas sinar ke segala arah.

Pemantulan cahaya dapat dibedakan menjadi pemantulan baur dan pemantulan teratur. Pemantulan baur terjadi ketika cahaya mengenai permukaan yang tidak rata atau kasar sehingga berkas sinar yang dipantulkan menuju ke berbagai arah yang tidak teratur. Sedangkan pemantulan teratur terjadi ketika cahaya mengenai permukaan yang rata sehingga berkas sinar yang dipantulkan menuju ke arah yang teratur dan sejajar.

Seperti yang kita ketahui, salah satu sifat cahaya adalah cahaya dapat dipantulkan. Cahaya akan dipantulkan apabila menabrak medium yang berbeda. Contohnya ketika kamu menyorotkan lampu senter ke arah cermin maka cermin akan memantulkan sinar senter yang kamu sorotkan tersebut. Cermin memiliki permukaan yang rata sehingga berkas sinar yang dipantulkan menuju ke arah yang teratur atau disebut pemantulan teratur. Sedangkan apabila cahaya menabrak permukaan yang tidak rata seperti bebatuan maka sinar akan dpantulkan ke segala arah yang tidak teratur.

Pemantulan baur dan pemantulan teratur dapat terjadi ketika cahaya menabrak air. Apabila permukaan air tenang maka terjadi pemantulan teratur. Sebaliknya apabila permukaan air beriak atau bergelombang maka terjadi pemantulan baur.

Demikianlah pembahasan tentang “pemantulan baur akan mengirimkan berkas sinar ke segala arah yang tidak beraturan”.

Berlangganan via Email

Subscribe
Notifikasi
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Hosting Unlimited Indonesia