Paragraf campuran adalah paragraf yang letak kalimat utamanya berada di awal dan akhir paragraf. Paragraf campuran adalah gabungan dari paragraf deduktif dan induktif, itulah kenapa disebut paragraf campuran. Paragraf campuran disebut juga dengan paragraf deduktif-induktif. Meskipun letak kalimat utama pada paragraf campuran berada di awal dan di akhir, bukan berarti gagasan utamanya ada dua. Kalimat utama yang ada di akhir paragraf campuran hanyalah pengulangan dari kalimat utama yang ada di awal paragraf yang berfungsi untuk mempertegas informasi.
Struktur paragraf campuran yaitu: diawali dengan kalimat utama yang bersifat umum. Kemudian dilanjutkan dengan kalimat-kalimat penjelas yang bersifat khusus. Lalu ditutup dengan kalimat utama lagi yang merupakan pengulangan dari kalimat utama yang di awal tadi. Biasanya kalimat utama yang terletak di akhir paragraf campuran dibuat berbeda dengan kalimat utama yang ada di awal, tetapi gagasannya sama.

Contoh Paragraf Campuran

Berikut contoh paragraf campuran, kalimat yang bercetak tebal adalah kalimat utama.

Contoh 1:

Kita tidak boleh membuang sampah sembarangan. Membuang sampah sembarangan bisa merusak pemandangan serta menimbulkan bau tidak sedap. Membuang sampah sembarangan juga bisa menyebabkan saluran air tersumbat serta mencemari sungai. Selain itu, membuang sampah sembarangan merupakan salah satu penyebab banjir. Jadi, janganlah kita membuang sampah sembarangan.
Contoh 2:
Lingkugan hidup sangat penting untuk kita lestarikan. Jika lingkungan hidup rusak, bencana alam bisa datang dan menimbulkan kerusakan. Kebakaran hutan, banjir dan tanah longsor merupakan contoh bencana alam akibat rusaknya lingkungan hidup. Jika lingkungan hidup tidak lestari, kehidupan manusia pun menjadi tidak aman dan nyaman. Udara panas, langit suram dan air yang tercemar adalah contoh akibat pencemaran lingkungan. Dengan begitu, penting bagi kita untuk melestarikan lingkungan hidup.
Demikianlah penjelasan tentang “Pengertian dan Contoh Paragraf Campuran (Deduktif-Induktif)”. Jadi paragraf campuran memiliki kalimat utama di awal dan akhir kalimat tetapi hanya mempunyai satu gagasan utama karena kalimat utama yang di akhir merupakan pengulangan dari kalimat utama di awal paragraf.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *