Jenis-jenis Tuas dan Pengertiannya, Baca Yuk!

Pernahkah kamu bermain jungkat-jungkit? Jungkat-jungkit itu salah satu contoh tuas atau pengungkit lho. Lalu apa itu tuas atau  pengungkit? Postingan kali ini akan membahas tentang pengertian dan jenis-jenis tuas atau pengungkit.

tuas atau pengungkit
jungkat jungkit adalah salah satu contoh tuas atau pengungkit

Pengertian Tuas

Tuas atau pengungkit adalah salah satu pesawat sederhana yang digunakan untuk meringankan gaya dalam mengangkat sesuatu yang berat. Sebagai contoh, kamu pasti akan merasa berat jika harus menggotong beras satu karung tanpa menggunakan alat. Namun jika kamu menggunakan tuas maka kamu bisa membawa beras satu karung tersebut dengan tenaga yang lebih ringan. Contohnya membawa beras satu karung menggunakan gerobak. Gerobak adalah salah satu contoh tuas.

Tuas terdiri dari batang ungkit yang terdapat lengan beban, lengan kuasa, dan titik tumpu yang letaknya bervariasi. Lengan beban yaitu tempat untuk meletakkan beban, lengan kuasa yaitu gagang tempat tenaga dikerahkan, dan titik tumpu yaitu titik di mana alat itu bertumpu.

Jenis-jenis Tuas

Berdasarkan letak titik tumpu, lengan kuasa, dan lengan beban, tuas atau pengungkit dibedakan menjadi tiga jenis yaitu:

Tuas Jenis Pertama

Tuas Jenis Pertama
 

Tuas jenis pertama yaitu tuas yang titik tumpunya berada di tengah. Jadi titik tumpu berada di antara lengan beban dan lengan kuasa. Contoh peralatan yang menggunakan prinsip tuas jenis pertama yaitu: Palu, gunting,linggis,tang pemotong rumput, dan gunting kuku.

guntingpalu
gunting
palu
tang
tang
 

Tuas Jenis Kedua

Tuas Jenis Kedua
 

Tuas jenis kedua adalah tuas yang lengan bebannya berada di antara titik tumpu dan lengan kuasa. Contoh peralatan yang menggunakan prinsip tuas jenis kedua yaitu: gerobak, pemecah biji, dan pembuka botol

gerobak
gerobak

Tuas Jenis Ketiga

Tuas Jenis Ketiga
 

Tuas jenis ketiga yaitu tuas yang lengan kuasanya berada di antara lengan beban dan titik tumpu. Contoh peralatan yang menggunakan prinsip tuas jenis ketiga yaitu: pinset, pisau, pemotong kertas

pinsetpisau
pinset
pisau
Demikianlah pembahasan kali ini tentang tuas dan jenis-jenisnya. Setelah membaca pembahasan di atas, kamu tahu gak jungkat-ungkit itu memrupakan contoh tuas jenis yang mana? Jungkat-jungkit adalah salah satu contoh tuas jenis pertama.

Berlangganan via Email

Subscribe
Notifikasi
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar