Pengertian dan Jenis-jenis Tuas

Admin
tuas atau pengungkit
jungkat jungkit adalah salah satu contoh tuas atau pengungkit

Pernahkah kamu bermain jungkat-jungkit? Jungkat-jungkit itu salah satu contoh tuas atau pengungkit lho. Lalu apa itu tuas atau  pengungkit? Postingan kali ini akan membahas tentang tuas atau pengungkit.

Pengertian Tuas

Tuas atau pengungkit adalah salah satu pesawat sederhana yang digunakan untuk meringankan gaya dalam mengangkat sesuatu yang berat. Sebagai contoh, kamu pasti akan merasa berat jika harus menggotong beras satu karung tanpa menggunakan alat. Namun jika kamu menggunakan tuas maka kamu bisa membawa beras satu karung tersebut dengan tenaga yang lebih ringan. Contohnya membawa beras satu karung menggunakan gerobak. Gerobak adalah salah satu contoh tuas.

Tuas terdiri dari batang ungkit yang terdapat lengan beban, lengan kuasa, dan titik tumpu yang letaknya bervariasi. Lengan beban yaitu tempat untuk meletakkan beban, lengan kuasa yaitu gagang tempat tenaga dikerahkan, dan titik tumpu yaitu titik di mana alat itu bertumpu.

Jenis-jenis Tuas

Berdasarkan letak titik tumpu, lengan kuasa, dan lengan beban, tuas atau pengungkit dibedakan menjadi tiga jenis yaitu:

Tuas Jenis Pertama

Tuas Jenis Pertama

Tuas jenis pertama yaitu tuas yang titik tumpunya berada di tengah. Jadi titik tumpu berada di antara lengan beban dan lengan kuasa. Contoh peralatan yang menggunakan prinsip tuas jenis pertama yaitu: Palu, gunting,linggis,tang pemotong rumput, dan gunting kuku.

gunting palu
gunting
palu
tang
tang

Tuas Jenis Kedua

Tuas Jenis Kedua

Tuas jenis kedua adalah tuas yang lengan bebannya berada di antara titik tumpu dan lengan kuasa. Contoh peralatan yang menggunakan prinsip tuas jenis kedua yaitu: gerobak, pemecah biji, dan pembuka botol

gerobak
gerobak

Tuas Jenis Ketiga

Tuas Jenis Ketiga

Tuas jenis ketiga yaitu tuas yang lengan kuasanya berada di antara lengan beban dan titik tumpu. Contoh peralatan yang menggunakan prinsip tuas jenis ketiga yaitu: pinset, pisau, pemotong kertas

pinset pisau
pinset
pisau

Demikianlah pembahasan kali ini tentang tuas dan jenis-jenisnya. Setelah membaca pembahasan di atas, kamu tahu gak jungkat-ungkit itu memrupakan contoh tuas jenis yang mana? Jungkat-jungkit adalah salah satu contoh tuas jenis pertama.
Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Rumusan-rumusan Pancasila

Dari kronik sejarah setidaknya ada beberapa rumusan Pancasila yang telah atau pernah muncul. Rumusan Pancasila yang satu dengan rumusan yang lain ada yang berbeda namun ada pula yang sama. Secara berturut turut akan dikemukakan rumusan dari Yamin, Supomo, Sukarno, Piagam Jakarta, Hasil BPUPKI, Hasil PPKI, Konstitusi RIS, UUD Sementara, UUD […]