Penggunaan Benda Konduktor dan Isolator

EDUTORIAL.ID
penggunaan benda konduktor dan isolator
sumber gambar: pixabay

Dalam kehidupan sehari-hari kita sering menggunakan atau menjumpai orang-orang menggunakan benda-benda yang terbuat dari bahan konduktor maupun bahan isolator. Konduktor adalah benda yang bisa menghantarkan panas atau listrik. Isolator adalah benda yang tidak bisa atau sulit menghantarkan panas atau listrik. Artikel kali ini akan membahas tentang penggunaan benda konduktor dan isolator.

Konduktor berasal dari kata konduksi. Konduksi adalah hantaran dari bagian benda satu ke bagian benda yang lainnya atau benda satu ke benda yang lainnya tanpa perpindahan partikel atau zat. Konduktor berarti benda-benda yang bisa menghantarkan dari bagian benda ke bagian benda lainnya atau suatu benda ke benda lainnya. Yang dihantarkan oleh benda-benda konduktor adalah panas atau listrik. Kebalikan dari konduktor adalah isolator.

Contoh Penggunaan benda konduktor dan isolator panas

Dalam kehidupan sehari-hari kita sering menggunakan benda-benda yang menggunakan bahan konduktor untuk menghantarkan panas dan bahan isolator untuk mencegah merambatnya panas.

Peralatan memasak

Peralatan memasak seperti wajan dan panci terbuat dari bahan konduktor agar panas dari kompor bisa merambat ke panci atau wajan secara merata dan bisa memanaskan apa yang ada di dalam wajan atau panci tersebut. Kemudian gagang pada wajan dibuat menggunakan bahan isolator agar tangan kita tidak kepanasan ketika memegangnya. Apabila gagang tersebut tidak dilapisi bahan isolator, kita perlu memakai bahan isolator sendiri seperti kain untuk mengangkat panci atau wajan yang panas.

Setrika

Bagian bawah setrika terbuat dari bahan konduktor. Hal itu agar panas yang dihasilkan bisa merambat secara merata ke seluruh bagian bawah setrika untuk melicinkan pakaian. Sementara pada gagang setrika dibuat menggunakan bahan isolator agar tangan kita tidak kepanasan ketika memegangnya.

Contoh penggunaan benda konduktor dan isolator listrik

Penggunaan benda konduktor dan isolator listrik yang sering kita temui adalah pada kabel. Kabel listrik terbuat dari tembaga yang bisa mengalirkan listrik. akan tetapi itu cukup berbahaya karena apabila mengenai kita kita bisa tersetrum. Untuk itulah tembaga itu di bungkus dengan bahan isolator agar aman ketika kita menyentuh atau memegangnya dan tidak menyebabkan tersetrum.


Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Next Post

Tahapan dalam Penelitian Sejarah

Dalam melakukan penelitian sejarah, sejarawan tidak bisa melakukannya secara sembarangan. Sebab sejarah harus ditulis sesuai fakta berdasarkan data yang valid. Apabila hendak melakukan penelitian, sejarawan harus melalui tahapan-tahapan sesuai dalam metode penelitian sejarah. Ada empat tahapan yang harus dilewati dalam metode penelitian sejarah. Keempat tahapan tersebut yaitu: heuristik, kritik atau […]
tahapan penelitian sejarah