Pentingnya Kedisiplinan Siswa

Kehidupan seorang siswa penuh dengan aturan yang harus dipatuhi. Kedisiplinan adalah hal yang wajib bagi siswa. Berangkat tepat waktu, memakai seragam, tidak membolos, dan lain sebagainya. Itu semua harus dilakukan siswa.

Bahkan tidak hanya di sekolah, kedisiplinan itu juga harus dilakukannya di rumah dan di tempat lain dari bangun tidur sampai tidur lagi. Siswa tidak boleh tidur terlalu malam karena besoknya mau sekolah. Siswa juga harus belajar di rumah. Itu semua kedisiplinan yang harus dilakukan siswa di luar sekolah. Bahkan ada sekolah yang memberikan jurnal keseharian siswa yang harus ditulis oleh siswa tentang apa yang mereka lakukan setiap harinya. Guru akan mengontrol apa yang dilakukan siswa dalam sehari semalam.

Itu tampak kehidupan yang penuh Kekangan dan tidak bebas. Namun sebenarnya itu adalah hal yang baik dan seharusnya seperti itu. Kedisiplinan adalah hal yang wajib bagi siswa. Lalu sebenarnya apa pentingnya kedisiplinan siswa?

Kedisiplinan siswa penting untuk mengajarkan siswa dalam mengatur dan mengendalikan dirinya sendiri. Tanpa kedisiplinan, siswa akan kesulitan mengendalikan dirinya, dan tidak bisa mengatur kehidupannya. Ini akan berakibat buruk di kehidupannya nanti jika terus terjadi. Dengan kedisiplinan, siswa bisa memanajemen waktu dengan baik, bisa lebih fokus, dan tetap aktif.

Kedisiplinan siswa juga penting untuk menciptakan kehidupan dan lingkungan yang nyaman dan teratur. Lingkungan kelas dan sekolah juga akan lebih tertib jika siswa-siswanya disiplin. Itu akan menciptakan kehidupan yang nyaman untuk semua. Tidak ada siswa yang membolos, semua siswa memakai seragam, semua siswa mendengarkan penjelasan guru dengan baik, tentu itu akan menciptakan suasana yang teratur dan tidak mengganggu orang lain.

Baca Juga:  Alasan Masuk Osis, Kenapa Perlu Masuk OSIS?

Kedisiplinan siswa penting untuk memperoleh hasil belajar yang baik. Kedisiplinan siswa juga akan berimbas pada ada nilai akademis yang dicapai. Siswa yang disiplin tentu tidak akan ketinggalan pelajaran dan bisa mengikuti ujian tepat waktu. Dan itu akan menghasilkan hasil belajar yang baik.

Kedisiplinan siswa penting untuk menciptakan kebiasaan baik yang akan terus dilakukan siswa bahkan setelah lulus. Kebiasaan baik perlu diajarkan sejak kecil, karena akan bisa terbawa sampai dewasa. Untuk itu, kedisiplinan perlu dilakukan siswa agar siswa memiliki kebiasaan-kebiasaan yang positif dan membentuk kehidupan yang lebih baik.

Selain itu kedisiplinan siswa juga penting agar siswa itu menjadi teladan bagi orang lain. Orang yang melihat seorang siswa yang rajin dan disiplin akan kagum dan menirunya. Bukankah ini hal yang sangat baik?


Subscribe
Notifikasi

0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar