Penulisan Alamat Surat yang Benar dan Contohnya

Admin 2
Read Time2 Minutes, 28 Seconds
penulisan alamat surat yang benar

Ada dua bentuk penulisan alamat surat, yaitu:

  1. Alamat surat ditulis di sebelah kanan atas di bawah tanggal surat
  2. Alamat surat ditulis di sebelah kiri atas di bawah bagian Hal atau sebelum salam pembuka

Kedua bentuk tersebut adalah sama-sama benar, silakan pilih salah satu jika hendak menulis alamat surat. Namun, jika alamat surat yang akan ditulis cukup panjang, sebaiknya tulislah alamat surat mengikuti model yang kedua, yakni di sebelah kiri atas sebelum salam pembuka. Hal itu lebih menguntungkan karena tidak ada pemenggalan pada alamat yang ditulis.

Perhatikan hal-hal berikut dalam penulisan alamat surat:

  1. Penulisan nama penerima surat harus cermat dan lengkap, sesuai dengan kebiasaan yang dilakukan oleh yang bersangkutan (pemilik nama).
  2.  Setiap unsur nama penerima surat harus diawali huruf kapital, bukan menggunakan huruf kapital secara keseluruhan
  3. Penulisan alamat penerima surat harus cermat, lengkap, dan informatif.
  4. Penulisan Yth. tidak diikuti kata kepada. Penggunaan kata kepada sebelum Yth. tidak perlu karena kata kepada berfungsi sebagai penghubung antarbagian kalimat yang menyatakan arah. Alamat pengirim pun tidak didahului kata dari karena kata dari berfungsi sebagai penghubung antarbagian kalimat yang menyatakan asal.
  5. Sebelum nama penerima surat perlu ditulis kata sapaan seperti bapak, ibu, dan saudara jika tidak disertai gelar akademis, pangkat, ataupun jabatan. Kata bapak hendaknya ditulis penuh, yaitu Bapak yang tiawali huruf kapital tanpa diakhiri titik atau tanda baca lain. Kata saudara cukup ditulis Sdr. yang diawali huruf kapital dan diakhiri tanda titik. Kata ibu hendaklah ditulis penuh Ibu yang diawali huruf kapital tanpa diakhiri tanda titik atau tanda baca lain.
  6. Jika terdapat gelar akademis, pangkat, dan jabatan sebelum nama penerima surat, tidak perlu menggunakan kata sapaan Bapak atau Ibu karena gelar akademis dan pangkat itu sudah merupakan penghargaan kepada penerima surat. Namun, jika adat-istiadat setempat mengharuskan pencantuman kata sapaan, penggunaannya dapat dibenarkan walaupun sebenarnya merupakan hal mubazir.
  7. Jika nama penerima surat berupa nama jabatan seseorang dan bukan nama diri, kata sapaan tidak digunakan agar tidak berimpit dengan gelar, pangkat, atau jabatan.
  8. Kata jalan pada alamat surat tidak disingkat, tetapi ditulis penuh, yaitu Jalan, yang diawali huruf kapital dan tidak diakhiri tanda titik atau titik dua. Nama jalan atau gang, nomor, RT, dan RW ditulis lengkap dengan huruf awal huruf kapital pada setiap unsur alamat. Nama kota atau wilayah dan nama propinsi, tidak ditulis dengan huruf kapital semua, tetapi ditulis dengan huruf awal huruf kapital dan tidak digarisbawahi serta tidak diakhiri tanda baca apa pun, seperti tanda titik dan tanda hubung.
  9. Nama alamat yang dituju hendaklah nama orang yang disertai nama jabatannya, atau nama jabatannya saja dan bukan nama instansinya.
Yth. Bapak Sukoco
Kepala Biro Tata Usaha
Departemen A
Jalan Sarlitan Raya 17
Jakarta
Yth. Drs. Ambaini Surana
Jalan Toya Amerta 7
Tangerang
Yth. Kepala Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa
Jalan Daksinapati Barat IV
Rawarnangun
Jakarta Timur
Yth. Kapten Santiaki
Jalan Barondong Garing 6
Bandungan
Semarang
Yth. Kepala Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa
Jalan Daksinapati Barat IV
Rawamangun
Jakarta
Yth. Sdr. Endang Pratiwi
Jalan Gelatik Dalam X/151 A
Bandung 40133
Referensi:
  1. Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Seri Penyuluhan 2: Surat-menyurat dalam Bahasa Indonesia, (Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1991), hlm. 14-16
  2. http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/lamanbahasa/petunjuk_praktis/675
0 0
0 %
Happy
0 %
Sad
0 %
Excited
0 %
Angry
0 %
Surprise
Bagikan

2 thoughts on “Penulisan Alamat Surat yang Benar dan Contohnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan – Setiap makhluk hidup tersusun atas sel termasuk hewan dan tumbuhan. Hewan dan tumbuhan tersusun atas sel. Sebagai unit struktural dan fungsional terkecil kehidupan, sel hewan dan sel tumbuhan memiliki kedudukan dan fungsi yang sama. Akan tetapi, antara struktur sel hewan dan sel tumbuhan memiliki […]